Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi Berbasis Web. Materi Internet World Wide Web Intranet dan Extranet E-Business E-Commerce E-Government E-Learning.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi Berbasis Web. Materi Internet World Wide Web Intranet dan Extranet E-Business E-Commerce E-Government E-Learning."— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi Berbasis Web

2 Materi Internet World Wide Web Intranet dan Extranet E-Business E-Commerce E-Government E-Learning

3 Internet Internet adalah suatu sistem global dari jaringan komputer terinterkoneksi yang dapat digunakan untuk bertukar data dengan menggunakan packet switching berstandar TCP/IP. Internet adalah suatu jaringannya jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan lokal pribadi dan umum, akademik, bisnis, dan pemerintah menuju kepada lingkup global yang dihubungkan dengan kabel tembaga, kabel serat optik, koneksi nirkabel, dan teknologi lainnya.

4 Internet membawa berbagai sumber daya informasi dan layanan, seperti , chatting on- line, transfer file dan sharing file, game online, dan interlink dokumen hypertext dan sumber daya lainnya dari world wide web (www).

5 World Wide Web World wide web adalah sejumlah besar dokumen, gambar, dan sumber daya yang lain yang terinterlink oleh hyperlink dan URL. Hyperlink dan URL memungkinkan web server dan mesin-mesin lain yang menyimpan asli dan salinan ter-cache, dari sumber daya-sumber daya tersebut untuk mengirimkannya sebagaimana yang diminta menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

6 Intranet Intranet adalah jaringan komputer privat yang menggunakan protokol internet dan konektifitas jaringan untuk membagi pakai sebagian informasi organisasi atau operasional sistem dengan pekerja-pekerjanya secara aman. Terkadang istilah intranet hanya mengacu pada website organisasi internal, tetapi sering juga intranet merupakan bagian yang lebih luas dari infrastruktur komputer organisasi dan website privat adalah komponen yang penting dan titik pusat dari komunikasi dan kolaborasi internal.

7 Sebuah intranet dibangun dari konsep dan teknologi yang sama dengan internet, seperti klien dan server yang berjalan pada TCP/IP. Beberapa dari protokol internet tersebut dapat dijumpai dalam intranet, seperti HTTP, SMTP, dan FTP. Intranet sering juga menggunakan teknologi internet untuk menyediakan interface modern pada sistem informasi hosting data perusahaan.

8 Manfaat intranet Produktifitas kerja. Intranet dapat membantu menempatkan dan menampilkan informasi lebih cepat. Waktu. Intranet dapat membuat informasi lebih banyak tersedia bagi orang-orang yang membutuhkannya. Komunikasi. Intranet dapat menjadi media komunikasi yang baik, baik informasi secara horisontal maupun secara vertikal.

9 Penerbitan web memungkinkan pengetahuan yang rumit dapat dipelihara dan diakses dengan mudah. Operasi bisnis dan manajemen. Intranet juga digunakan sebagai platform untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi untuk mendukung bisnis Hemat biaya. Para pengguna dapat menampilkan data dan informasi melalui web browser.

10 Meningkatkan budaya umum perusahaan. Meningkatkan kerjasama. Kemampuan lintas platform.

11 Extranet Extranet adalah suatu jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet, keterhubungan jaringan, dan memungkinkan sistem telekomunikasi umum untuk berbagi informasi organisasi atau operasi dengan vendor, pemasok, mitra kerja, pelanggan, atau bisnis lain secara aman. Extranet juga dapat diartikan sebagai intranet yang dipetakan pada internet umum, atau sistem transmisi lain yang tidak dapat diakses oleh sembarang orang, tetapi dikelola oleh lebih dari satu administrator perusahaan.

12 E-Business E-Business / E-Bisnis adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mendukung aktifitas bisnis. Oleh karena itu E- bisnis memfokuskan penggunaan ICT untuk memungkinkan aktifitas-aktifitas eksternal dan hubungan-hubungan bisnis dengan individu, kelompok atau bisnis lain.

13 Macam-macam E-Business business-to-business (B2B) business-to-consumer (B2C) business-to-employee (B2E) business-to-government (B2G) government-to-business (G2B) government-to-government (G2G) government-to-citizen (G2C) consumer-to-consumer (C2C) consumer-to-business (C2B)

14 Business-to-Business (B2B) Transaksi yang dilakukan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain dalam rantai pasokannya. Contoh : Sebuah pabrik mobil membuat beberapa transaksi B2B, seperti membeli ban, kaca, dan komponen-komponen mobil yang lain.

15 Business-to-Consumer (B2C) Aktifitas layanan bisnis kepada konsumen terhadap produk atau layanan. Contoh : Transaksi pembelian sepasang sepatu dari pengecer.

16 Business-to-Employee (B2E) E-Commerce yang digunakan pada jaringan bisnis internal yang memungkinkan sebuah perusahaan menyediakan produk atau layanan pada pekerja-pekerjanya. Contoh : –Manajemen kebijakan asuransi online –Permintaan pasokan online –Penawaran khusus pekerja –Manajemen SDM online.

17 Business-to-Government (B2G) Suatu derivatif dari pemasaran B2B dan sering ditunjuk sebagai definisi pasar dari “pemasaran sektor publik” yang meliputi produk dan layanan pemasaran kepada para agen pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran yang terintegrasi seperti hubungan masyarakat strategis, branding, marcom, periklanan, dan komunikasi berbasis web.

18 Government-to-Business (G2B) Interaksi non-komersial antara pemerintah pusat maupun lokal dengan sektor bisnis komersial Contoh : –http://www.dti.gov.uk/http://www.dti.gov.uk/ adalah sebuah website pemerintah dimana kalangan bisnis dapat memperoleh informasi dan saran e-bisnis terbaik.

19

20 Government-to-Government (G2G) Interaksi online non-komersial antara organisasi, departemen, dan otoritas pemerintah dengan organisasi, departemen, dan otoritas pemerintah yang lain. 2 tipe sistem G2G : –Internal facing menggabungkan departemen, agen, organisasi, dan otoritas satu pemerintah. Contoh : –External facing menggabungkan departemen, agen, organisasi, dan otoritas lebih dari satu pemerintah. Contoh : schengen information system

21 Contoh G2G internal facing

22 Government-to-Citizen (G2C) Interaksi online non-komersial antara pemerintah lokal maupun pusat dengan perorangan.

23 Contoh G2C

24 Consumer-to-Consumer E-Commerce yang meliputi transaksi yang terfasilitasi secara elektronik antar konsumen melalui pihak ketiga. Contoh : pelelangan online.

25 Contoh C2C

26 Consumer-to-Business (C2B) E-Commerce di mana konsumen (perorangan) menawarkan produk dan layanan kepada perusahaan dan perusahaan membayarnya. Contoh : kelompok industri rumah tangga yang menawarkan produk dan layanan kepada perusahaan yang membutuhkannya.

27 Aplikasi E-Business Sistem bisnis internal –Customer Relationship Management (CRM) –Enterprise Resource Planning (ERP) –Sistem Manajemen Dokumen –Manajemen Sumberdaya Manusia Komunikasi dan kolaborasi perusahaan –VoIP –Content Management System – –Voice Mail –Web Conferencing Perdagangan elektronik (E-Commerce)

28 E-Commerce Jual beli produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat dikembangkan dengan menggunakan CMS (Content Management System) khusus untuk E-Commerce, misalnya : osCommerce, dan CS-Cart

29 osCommerce

30 CS-Cart

31 E-Government Penggunaan teknologi internet sebagai platform untuk pertukaran informasi, menyediakan layanan, dan bertransaksi dengan rakyat, bisnis, dan pihak- pihak lain dari pemerintah. E-Government dapat diaplikasikan pada badan legislatif, yudikatif, atau administrasi untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan layanan umum, atau proses pemerintahan demokratis.

32 E-Learning Suatu jenis pendidikan di mana media instruksi adalah teknologi komputer. E-learning dapat dilakukan dengan media LMS (Learning Management Service) Contoh LMS : Moodle, Dokeos, ATutor, dll.

33 Moodle

34 Dokeos

35 ATutor


Download ppt "Sistem Informasi Berbasis Web. Materi Internet World Wide Web Intranet dan Extranet E-Business E-Commerce E-Government E-Learning."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google