Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 8 Aplikasi Internet. Konsep Internet adalah protokol komunikasi yang memungkinkan komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 8 Aplikasi Internet. Konsep Internet adalah protokol komunikasi yang memungkinkan komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi."— Transcript presentasi:

1 Bab 8 Aplikasi Internet

2 Konsep Internet adalah protokol komunikasi yang memungkinkan komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi.

3 Koneksi Internet  Dengan Modem: Menggunakan line telepon untuk membuka koneksi dengan ISP.  Dengan LAN Komputer terkoneksi dengan LAN dan diberi alamat IP, Gateway dan DNS.

4 Aplikasi Internet Aplikasi Internet adalah protokol komunikasi yang terletak pada layer paling atas yang langsung dapat dimanfaatkan oleh user misal HTTP, FTP dan email.

5 HyperText Transfer Protocol (1)  Disebut juga World Wide Web (WWW).  Protokol komunikasi antara client (browser) dan server (web server).  Browser menghubungi web server, web server mengirimkan file HTML dan browser menampilkan file itu.  HTTP merupakan layanan yang paling berkembang.  Klien tidak hanya menerima data tapi juga bisa mengirimkan data.

6 HyperText Transfer Protocol (2)  Aplikasi web based cukup diinstal di server di klien hanya dibutuhkan browser yang biasanya sudah terinstal.  Administrasi aplikasi berbasis web hanya dilakukan di web server.  Seluruh dunia bisa menghubungi web server.  Aplikasi internet kebanyakan sudah dibuat berbasis web.

7 Email (1)  Protokol untuk mengirimkan pesan ke orang lain yang juga memiliki email.  Email dikirimkan ke dari satu mail server ke mail server yang lain. Misal mail.yahoo.com adalah sebuah mail server.  Email disimpan di mail server bukan di komputer user.  User membaca email dengan mail client (Microsoft Outlook).

8 Email (2)  Mail Client request ke Mail Server dan mail server mengirimkan email-email yg ditujukan kepada user tersebut. Protokol ini disebut sebagai Post Office Protocol (POP).  Utk mengirim email, user menulis email di mail client. Mail client akan meminta mail server mengirimkan email. Protokol ini disebut sebagai Post Office Protocol.

9 Email (3)  Aplikasi email dikembangkan berbasis web supaya tidak perlu menginstal Mail Client.  Misal http://mail.yahoo.com. Yang berfungsi sebagai mail client adalah http://mail.yahoo.com. Kita tidak perlu tahu dimana mail server.http://mail.yahoo.com  Email tidak hanya untuk mngirim pesan tapi juga bisa untuk mengirim file.

10 Voice Over Internet Protocol (1)  VoIP merupakan layanan di Internet untuk melakukan komunikasi suara.  Melakukan komunikasi suara antar komputer merupakan hal yang mudah.  VoIP merupakan protokol untuk menggabungkan jaringan telepon dengan jaringan internet.

11 Voice Over Internet Protocol (2)  Dengan VoIP diharapkan user bisa menelepon rumah dari sebuah PC dan menelepon PC dari telepon rumah.  Biaya telepon lebih mahal dibandingkan biaya internet.  Jika bisa melewatkan suara lewat jaringan internet maka biaya yag dikeluarkan adalah biaya internet.


Download ppt "Bab 8 Aplikasi Internet. Konsep Internet adalah protokol komunikasi yang memungkinkan komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google