Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INTERNET Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INTERNET Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 INTERNET Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta

2 Pengertian Internet Internet adalah sejumlah komputer di dunia (saat ini berjumlah jutaan) yang terhubung dalam suatu jaringan yang menerapkan konsep client server (client = komputer yang dilayani; server = komputer yang melayani permintaan client).

3 Pengertian URL URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu "pathname" untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa contoh berikut :

4      

5 http HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internet Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dengan versi HTTP/0.9. Versi terbaru HTTP adalah HTTP/1.1.

6 Bagian pertama ini menunjukkan protokol yang digunakan untuk mengakses dokumen yang diinginkan. Protokol ini berfungsi untuk mengatur komunikasi antara komputer client (yang kita pakai saat ini) dengan komputer server (web server). Dalam contoh ini digunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol).

7 www www adalah tempat untuk memberikan informasi berbasiskan elektronik berupa : multimedia, teks, grafis serta segala data dan informasi yang dapat dimasukkan dalam format – format tersebut,umunya bahasa yang digunakan untuk memberikan informasi berbasiskan HTML. Saat ini world wide web merupakan bagian yang paling terkenal dari internet sebab kemudahan dan fleksibilitas dalam penyampaian informasi.

8 Bentuk umum alamat internet atau sering disebut situs internet, contoh :

9 kode jenis layanan di internet www: kode jaringan globlal internet nama situs: nama pemilik situs com: kode akhiran yang menerangkan situs atau nama domain

10 Contoh Nama Domain .com = situs komersial .mil = situs militer .gov = pemerintahan .org = umumnya organisasi .sch = sekolah .Ac = akademik

11 Keuntungan Jaringan Internet  Transaksi dapat dilakukan dari tempat berbeda dari tempat pengolahan data  Resource Sharing  Pengendalian terpusat dari resource yang tersebar  Memungkinkan kolaborasi antar pengguna  Memungkinkan backup/replikasi data

12 Terdapat layanan utama dalam internet yaitu  Browsing  Searching   Chating.

13 1. Browsing Browsing adalah istilah dalam dunia internet untuk menjelajahi dunia maya internet dengan cara membuka situs-situs website dari seluruh halaman dunia yang terhubung di internet. Browsing dilakukan dengan sebuah sorfware yang dapat digunakan untuk membaca format web (HTML dan HTM) yang umumnya di sebut browser (contoh IE, FireFox, Opera dll).

14 Apakah yang dimaksud dengan Browser ? browser adalah sebuah software yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa hypertext untuk ditampilkan pada layar komputer client

15 Macam-macam browser  • Microsoft Internet Explorer  • Firefox  • Mozilla  • Opera  • Netscape Navigator  • Lynx (text base)  • Safari  • Konqueror  • Firebird  • Camino  • Dan lain sebagainya

16 2. Searching Pada dasarnya ada dua teknik mengakses informasi di internet, yaitu browsing (menjelajah) dan searching (mencari). Browsing di dunia internet diistilahkan sebagai suatu cara menjelajahi dunia maya internet dengan cara membuka situs-situs website dari seluruh belahan dunia yang terhubung dengan internet. Sedangkan jika kita mengunjungi situs-situs di internet dengan menggunakan bantuan mesin pencari (search Engine) seperti layaknya mencari buku di perpustakaan berdasarkan daftar katalognya, itulah yang disebut Searching.

17 Mesin Pencari (Search Engine)     

18 3. adalah sistem komunikasi antar komputer yang memungkinkan pertukaran informasi berbasis text untuk dipertukarkan secara elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi, kemudian memungkinkan pertukaran file digital melalui lampiran (attachment) .

19 Sifat “cepat, murah, dan mudah digunakan” membuat menjadi bentuk komunikasi bisnis paling populer, terutama pada pesan-pesan yang dikirim di dalam perusahaan (internal message). Kebanyakan orng lebih memilih dibanding surat atau memo karena sifat informalnya. Bahasa yang bernada bebas, bersahabat dan “dekat” tidak hanya diterima, tetapi disukai dalam korespondensi melalui

20 4. Chating Chating adalah percakapan dalam bentuk tulisan yang diselenggarakan melalui jaringan internet. Pelaksanaanya tidak berbeda dengan percakapan telepon yang dapat dilaksanakan dengan siapapun/dimanapun dalam jangkauan jaringan telepon baik melalui saluran maupun dengan transmisi. Perbedaanya terletak pada bentuknya yang berupa komunikasi tulisan.

21 Terdapat beberapa web site yang juga menyediakan fasilitas chating dan ada pula web yang khusus untuk chating. User hanya perlu memonitor nama-nama user yang sedang on line dalam chating, selanjutnya menawarkan diri untuk bergabung dalam chating user dapat pula tersebih dahulu mengadakan perjanjian untuk chating dengan user lain.


Download ppt "INTERNET Teknologi Informasi Komputer SMPN 10 Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google