Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

[ e-mail / Electronic Mail]. Sejarah Sejarah tentang Email tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "[ e-mail / Electronic Mail]. Sejarah Sejarah tentang Email tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969."— Transcript presentasi:

1 [ / Electronic Mail]

2 Sejarah Sejarah tentang tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

3 (electronic mail) aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan elektronik Para pengguna memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mail server Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan .

4 Alamat Alamat diperlukan dalam proses pengiriman Sistem pengalamatan pada menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan seperti Pengiriman dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana berpindah dari pengirim ke penerima. Penerimaan dilakukan oleh beberapa protokol, salah satunya POP (Post Office Protocol), yaitu protokol yang memungkinkan user untuk mengecek yang diterima di mailbox pada mail server dan men-download-nya sehingga semua akan pindah ke komputer lokal

5 Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan adalah : Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member) Sign In : Pemilik dapat masuk ke nya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member) Compose : Menulis surat baru Inbox : Surat yang masuk ke pemilik To : Surat akan dikirim ke alamat yang dituju CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC

6 Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim Sent : Surat yang terkirim Spam: Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu Reply: Membalas surat yang diterima Trash: Melihat yang telah dihapus Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain Attachment : Fasilitas pada sebuah program baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada yang akan di kirim.

7 Penyedia layanan Yahoo  Yahoo Mail Google  Gmail Microsoft  Windows Live, Hotmail Contoh alamat

8 PROSES PENGIRIMAN DAN PENERIMAAN KOMPUTER KLIEN 1 INTERNET MAIL SERVER1 KOMPUTER KLIEN 2 INTERNET MAIL SERVER2 SMTP PORT 25 POP3 PORT 110 SMTP PORT 25 POP3 PORT 110 SMTP PORT 25 POP3 PORT 110

9 Bentuk Komunikasi Point to Point : mengirimkan langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim bahwa cara ini dinamakan japri (jalur pribadi). Carbon Copy / CC : sebuah , selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain Blind Carbon Copy / BCC : bentuk variasi dari CC, yaitu sebuah , selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain, tetapi penerima utama tidak mengetahui adanya tembusan.

10 Bentuk Komunikasi (lanj) Distribution List : cara komunikasi dengan menggunakan secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima nya. Discussion List / Mailing List / Milis: cara komunikasi dengan menggunakan secara dua arah, yang memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi anggota untuk mengirimkan informasi tertentu maupun memberikan respon terhadap sebuah .

11 Mailing List / Milis Bentuk komunikasi yang memungkinkan pengguna membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat . Setiap yang ditujukan ke alamat kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat seluruh anggotanya. Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).www.yahoogroups.com

12 Layanan berbasis web / Web Mail : seluruh kegiatan harus dilakukan melalui suatu situs web. menggunakannya haruslah dalam keadaan online. berbasis client / POP Mail : aktifitas dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak client, (misalnya Eudora atau Outlook Express). Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi filter dan pembacaan secara offline (tidak tersambung ke internet), dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) dari mailbox.

13 Client Perangkat lunak yang digunakan untuk men-download yang terdapat pada mailbox ke komputer lokal Beberapa aplikasi client : Eudora, Netscape Mesangger, Ms. Outlook Client yang paling banyak digunakan : Ms Outlook, yaitu sebuah aplikasi pengelolaan klien dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft. Selain untuk pengelolaan , Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Perangkat lunak ini merupakan suatu aplikasi pencatatan pesan dan pengelolaan informasi personal, atau PIM (Personal Information Manager).

14 Latihan Penggunaan Membuat di Gmail, dengan user_id : nama_panggilanXXX (nama penggilan diikuti dengan 3 digit akhir NIM) Kirim dengan bentuk komunikasi: Point to Point CC BCC

15 Latihan Penggunaan Client Setting POP3 Gmail Setting Outlook Download

16 Setting Outlook (1)

17 Setting Outlook (2)

18 Setting Outlook (3)

19 Setting Outlook (4)

20 Setting Outlook (5)


Download ppt "[ e-mail / Electronic Mail]. Sejarah Sejarah tentang Email tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google