Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cara Kerja Host dan ISP Internet Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cara Kerja Host dan ISP Internet Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web."— Transcript presentasi:

1 Cara Kerja Host dan ISP Internet Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web server tempat file diletakkan. Gambar cara kerja internet di bawah ini mungkin dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan koneksi internet antara browser, server ISP dan Host server.

2 Gambaran Sederhaha Internet

3 Penjelasan Gambar Internet Sederhana Komputer-komputer yang banyak i.tu akan dihubungkan dengan suatu alamat. Seperti yang diketahui sebelumnya, Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terkumpul menjadi satu. Jika anda mengakses salah satu web di browser, contohnya aingindra.com. Maka sebenarnya anda mengakses sebuah server yang memiliki IP address. Disini, Aingindra.com memiliki IP address yang sebenarnya anda akses. Dari komputer anda, request tersebut disaring di router, apakah request tersebut memiliki hal atau unsur yang melanggar. Setelah itu, request tersebut di terima ke DNS lalu diubah menjadi sebuah IP. Setelah itu di broadcast ke seluruh alamat yang terdaftar di DNS tersebut, jika ada maka akan mencari letak web server tersebut. Jika sudah menemukannya, maka content tersebut akan dikirimkan kepada yang request. Setelah host komputer memiliki alamat IP yang unik (ip public), membutuhkan sarana komunikasi dengan host komputer lainnya di Internet. TCP ( Transmission Control Protocol ) adalah protokol komunikasi yang digunakan di Internet yang bila dikombinasikan dengan IP disebut sebagai TCP / IP protocol stack. Protokol ini dibagi menjadi empat lapisan Sebagai contoh cara kerja internet, jika komputer digunakan untuk mengirim pesan ke komputer lain yang menyatakan “Hello indonesia” maka aliran komunikasi akan menjadi : Pada lapisan aplikasi TCP / IP, paket data dipasang kembali dalam urutan yang benar sampai kembali dalam bentuk aslinya, ” Hello indonesia”.

4 DIAGRAM

5 DETAIL

6 JARINGAN KOMPUTER DUNIA

7 Penjelasan jaringan komputer Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer- komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan kompusistemkomputerclientserverclient-serveraplikasi Berdasarkan media transmisi data –Jaringan berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.Jaringan berkabelWired Networkkabelsinyal listrik –Jaringan nirkabel(Wi-Fi) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.Jaringan nirkabelWi-Fi elektromagnetik

8 JARINGAN INFORMASI

9 Penjelasan jaringan informasi a) pelayanan informasi dan videotex. Pelayanan informasi (information services) memberikan layanan jaringan interaktif kepada pemakai yang mempunyai sebuah komputer terminal atau PC. Pelayanan tersebut mudah digunakan dan dapat akses melalui jenis umum microcomputer. Pelanggan dapat memilih berbagai ragam pelayanan berikut: 1) Pencarian kembali informasi atau “information retrieval” (berita, cuaca, pendidikan di rumah, data keuangan, olahraga, dan lain-lain). Jaringan informasi (information network) atau information network system ialah suatu sistem terpadu dari badan-badan yang bergerak dalam bidang pengolahan informasi, seperti perpustakaan, pusat dokumentasi, pusat informasi, bank data dan sejenisnya dengan tujuan menyediakan data dan informasi yang berkaitan tanpa memperhatikan bentuk maupun asal informasi/data untuk keperluan masyarakat pemakai. Tujuan Jaringan Informasi : Meningkatkan layanan kepada pemakai dengan cara mendayagunakan koleksi yang dimilikinya secara bersama-sama.

10 Skema Peralatan(Telepon)

11 cara fungsi peralatan telepon untuk mengunakan internet telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi. cara kerja telepon kabel antara lain Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.komunikasi suara 3. Jaringan Telepon Kabel Jaringan telepon kabel merupakan media penghubung antara komputer dengan jaringan Internet. 4. Kabel dan Konektor, untuk Jaringan Telepon Kabel maka kita membutuhkan Kabel penghubung yaitu kabel RJ-11. Sedangkan untuk handphone harus menggunakan kabel data bawaan dari handphone tersebut. 5. Telepon Celluler (Handphone/HP), dapat dihubungkan ke jaringan Internet dengan beberapa cara yaitu: dengan kabel data, bluetooth atau infrared. 6. Bluetooth, alat untuk mentransmisikan data dengan menggunakan gelombang radio pada frekwensi tertentu. 7. Infrared, alat untuk mentransmisikan data dengan gelombang sinar infra merah.

12 Skema Peralatan (Satelit)

13 Penjelasan skema peralatan satelit Jaringan Komunikasi dengan Satelit Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya. terdapat beberapa manfaat utama dari satelit konektivitas internet. meng-upload dan men-download data pada kecepatan broadband, koneksi 99% uptime, optimasi untuk beberapa pengguna, jendela dan kompatibilitas dengan sistem operasi jas hujan adalah beberapa dari fitur yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet satelit. saluran telepon selalu gratis karena konektivitas dibuat dengan menggunakan hidangan dan modem. Anda tidak memiliki tambahan untuk berinvestasi di saluran telepon dan tidak perlu dial-in dan kehilangan panggilan telepon penting. instalasi dan biaya bulanan yang kompetitif juga mulai dari $ 59 per bulan untuk $ 199 per bulan. manfaat satelit internet jauh lebih cepat lain modus koneksi internet. itulah sebabnya selular terkemuka seperti hughesnet sudah mempunyai pelanggan dasar dari sambungan di seluruh Indonesia.

14 BAGAIMANA INTERNET BEKERJA

15 Penjelasan cara bekerja internetan cara kerja Internet, atau World Wide Web, pertamakali dibuat untuk membantu menghubungkan laboratorium dan pusat penelitian dengan letak georafis yang jauh unuk melakukan penelitian pemerintah. Sejak tahun 1994, teknologi internet telah berkembang sampai saat ini, internet menghubungkan individu dan jaringan yang dijalankan oleh perusahaan swasta, perorangan, industri, pemerintah, dan organisasi lainnya di seluruh dunia. Tidak seperti media komunikasi lainnya, Internet telah men Teknologi ini terdiri dari bagaimana host komputer yang ditujukan pada jaringan, metode komunikasi jaringan dan protokol, dan infrastruktur jaringan yang membentuk tulang punggung internet jadi sumber informasi dan berbagi bagi siapa saja yang bisa terhubung ke Web. Internet saat ini dapat dianggap jaringan global perangkat komputasi terhubung ke Web. Dalam rangka untuk mengirim dan menerima informasi ke tujuan lain, masing- masing perangkat memerlukan alamat yang unik. Alamat-alamat ditugaskan menggunakan IP ( Internet Protocol ) standar dan dikenal sebagai alamat IP. Alamat Ip berbentuk format:. NNNN.NNNN.NNNN.NNNN. Dalam skema ini, ketika sebuah perangkat komputasi terhubung ke Internet melalui ISP (Internet Service Provider) atau host lainnya, maka akan diberi alamat IP (ip publik) dan untuk jaringan lokal menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Berdasarkan skema ini, komputer akan memiliki alamat IP yang unik untuk sesi online, dan kemungkina ada dua komputer akan memiliki alamat yang sama. Application Protocol layer – Dirancang untuk mendukung aplikasi tertentu seperti , FTP, atau World Wide Web.

16 Nama: Syaifur Rahman Jurusan: Teknik Sistem Perkapalan Nim:


Download ppt "Cara Kerja Host dan ISP Internet Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google