Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Titik Akses Nirkabel. Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Titik Akses Nirkabel. Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan."— Transcript presentasi:

1 Titik Akses Nirkabel

2 Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) sehingga dapat meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel (seperti komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE jaringan komputerbahasa InggrisperantinirkabeljaringanWi-FiBluetoothrouterkabeldatakomputerpencetakStandarIEEEIEEE

3 Apa Itu Wireless Access Point ? Wireless Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya. wifi Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).

4 Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data. Fungsi Wireless Access Point ini kira-kira sama dengan switch / hub dalam jaringan kabel yang memungkinkan banyak client terhubung ke jaringan Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station. Sehingga client yang terhubung dengan perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu sama lainnya dengan subnet mask yang sama.

5 Fungsi Access Point Berbagi koneksi dari server lokal (kantor) maupun internet dengan perangkat client lainnya (notebook, PC, gadget, handphone dll) maupun perangkat access point lainnya (seperti extender/repeater) dalam satu subnet mask yang sama. Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, Access point dapat memancarkan atau mengirim koneksi data / internet melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

6 Salah satu contoh penggunaan Wireless Access Point pada mode jaringan wireless infrastructure ini terlihat seperti pada gambar dibawah:

7 Pada contoh jaringan diatas, wireless access point digunakan untuk menghubungkan wireless client(notebook dan pc dengan wireless card), ke dalam sebuah jaringan LAN. Wireless Acces Point seperti diatas biasanya difungsikan sebagai DHCP Relay yang tugasnya memberikan IP Address dari Server ke wireless client sehingga bisa saling terkoneksi ke jaringan.wireless access point

8 Sebuah Access Point juga bisa dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang lain seperti misalnya kemampuan routing, firewall dan lain-lain. Misalnya saja produk disamping ini TP- LINK TD-W8901G yang mempunyai kemampuan 3-in-1 yaitu ADSL2 Modem , 4 Port Ethernet Router and Wireless G Access Point.

9 Penerapan Wireless Acces Point Hotspot merupakan salah satu penerapan WIreless Access Point yang paling umum, dimana klien nirkabel dapat terhubung ke internet tanpa memperhatikan jaringan tertentu yang telah mereka sambungkan saat itu.Access Pointinternet Di kota kota besar atau di daerah tertentu hotspot umumnya disediakan dalam rumah makan, perpustakaan, stasiun, atau daerah publik lainnya yang memungkinkan banyak orang untuk dapat terus tersambung ke jaringan internet.

10 Perbedaan WAP dengan WR Apa yang dimaksud Wireless Router ? Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. Apa Fungsi Wireless Router ? Fungsinya relatif sama, karena mode wireless router juga dapat diatur sebagai access point. Router juga memiliki fungsi sebagai gateway (gerbang) penghubung dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

11 Perbedaan Mendasar Antara Wireless Access Point dan Wireless Router ? 1.Secara Fisik (Perangkat Keras) Pada Wireless Router terdapat Port WAN untuk Router Broadband dan Port ADSL untuk Router ADSL Modem, anda dapat menemukannya pada panel bagian belakang. Sedangkan perangkat Access Point tidak memilikinya.

12 2. Secara konfigurasi, Jika anda menghubungkan router nirkabel ke modem maka anda tidak perlu merubah ip address router tersebut. Namun jika anda menghubungkan perangkat access point ke modem, maka anda perlu menyamakan segmen ip addressnya sesuai dengan pengaturan di modem.

13 Contoh : Anda menghubungkan port WAN router broadband edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address , seperti anda ketahui default ip address router edimax yaitu Untuk menerapkan mode access point pada router anda tidak perlu lagi merubah ip addressnya, dan secara default DHCP pada router telah aktif dan akan memberikan range ip address ke client Namun yang perlu anda ingat atur lebih lanjut yaitu konfigurasi WAN, nama SSID dan enskripsinya (password wi-fi). (lihat gambar Aplikasi Wireless Router)

14 Anda menghubungkan port LAN access point edimax ke port LAN modem ADSL merek lain dengan kabel jaringan (ethernet) yang memiliki IP address , secara otomatis jika anda mengaktifkan pooling DHCP server pada modem maka walaupun default ip address edimax secara otomatis akan mengikuti segmen ip address yang diberikan modem tersebut (lihat gambar Contoh Aplikasi Access Point)


Download ppt "Titik Akses Nirkabel. Dalam jaringan komputer, titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google