Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 2. Latar Belakang  Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk menyajikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 2. Latar Belakang  Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk menyajikan."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 2

2 Latar Belakang  Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk menyajikan data yang lengkap sangatlah diperlukan oleh suatu instansi, organisasi, dan perusahaan. Pengaksesan internetpun dapat dilakukan dengan banyak cara seperti menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) dengan menggunakan kabel atau wireless. Saat ini banyak sekali carayang mulai berkembang dalam proses pengiriman data seperti menggunakan kabel UTP, Bluetooth, wireless, dan lainnya.

3  Saat ini kebutuhan akan wifi sangat perlu, karena dengan wifi semua orang dapat mengakses internet dimanapun terdapat wifi. Selain dengan wifi seseorang dapat mengakses internet dengan menggunakan modem eksternal yang sekarang ini telah banyak di pasaran. Dengan adanya modem kecepatan dalam mengakses internet pun lebih cepat. Pada suatu tempat tidak terdapat wifi atau wireless beberapa orangpun tetap dapat melakukan koneksi internet dengan menggunakan suatu koneksi wireless yang disebut dengan mode Ad Hoc. Dengan mode Ad Hoc ini beberapa orang tetap dapat mengakses internet ataupun berbagai data walau hanya menggunakan satu buah modem.

4 Perumusan Masalah  Permasalahan yang dihadapi ketika tidak terdapatnya Wifi di suatu tempat dan orang lain ingin mengakses internet. Bagaimana cara membagi koneksi internet tanpa menggunakan Wifi melainkan dengan modem yang ada?

5 Batasan Masalah  Batasan masalah yang akan di bahas adalah instalasi modem, konfigurasi dan sharing Internet.

6 Tujuan  Agar kita dapat mengetahui cara instalasi modem juga konfigurasinya dan cara sharing internet ke laptop dengan menggunakan satu modem  cara memblokir blog konten porno

7 Pembahasan Komponen yang digunakan  Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua- arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

8  Wireless wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.

9  Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar computer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang paling popular saat yang di gunakan untuk membuat jaringan computer. Dibandingkan dengan kabel lain kabel UTP merupakan kabel yang sering di pakai untuk membuat jaringan computer. Kabel ini berisi empat pasang (pair) kabel yang tiap pair-nya dipilin (twisted) atau disusun spiral atau saling berlilitan. Keempat pasang kabel (delapan kabel) yang menjadi isi kabel berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator.

10 INSTALASI  Instalasi Modem Smart AC2726 UI

11

12

13

14 Konfigurasi Wireless 1.Setting Wireless Tanpa Kabel -Pasang kabel UTP (Straight) pada wireless dan sambungkan ke PC -Pasang Adapter Wireless nya -Start – Control Panel – view network status and task – Local Area Network – Properties – TCP/Ipv4 – Pasang IP address 1.2 – subnet mask default -Test koneksi buka cmd => ping Buka browser – buka IP default wireless -Setup – ganti DHCP server – disable – save setting

15  -Sharing Internet  Nyalakan Wireless lalu pilih nama wireless lalu conect  Setelah itu buka web browser lalu ketik  Pasang Modem CDMA lalu pilih Connect  Setelah connect buka start => Control Panel => View Network and task => pilih ZTE wireless terminal => lalu pilih properties => sharing => lalu beri tanda (centang) pada internet connect sharing => lalu OK  Lalu pada laptop yang lainnya berikan IP yang networknya sama.  Contoh : Laptop yang menjadi NAT ( ) laptop yang ke 2 ( ) laptop 3 ( )

16 Jadwal Kegiatan No.KegiatanMinggu 1Minggu 2Minggu 3 1Perencanaan 2Persiapan 3Laporan 4Pelaksanaan 5Presentasi

17 PENUTUP  A. Kesimpulan Dengan menggunakan satu modem saja kita dapat berbagi koneksi internet dengan orang lain. Dan kita juga dapat mengetahui bagaimana cara sharing internet dengan menggunakan modem disaat tidak ada jaringan WiFi. B.Saran  Saran Jangan Terlalu banyak yang menggunakan jaringannya cukup 3 atau 4 laptop karena bisa mengakibatkan koneksi internet yang menjadi lambat.


Download ppt "Kelompok 2. Latar Belakang  Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk menyajikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google