Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODEM (Modulator Demodulator) XI MM. Pengertian Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODEM (Modulator Demodulator) XI MM. Pengertian Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi."— Transcript presentasi:

1 MODEM (Modulator Demodulator) XI MM

2 Pengertian Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

3 Modem merupakan penggabungan kompo nen keduanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap per angkat komunikasi jarak jauh dua- arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, microwave radio, dan lain sebagainya. Umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering diguna kan untuk komunikasi pada komputer.

4 Fungsi Modem Untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan merubah kembali sinyal analog menjadi sinyal digital. Dan juga sebagai sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

5 Sifat Modem 1.Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi. 2.Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi. 3.Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa

6 Jenis-jenis Modem berdasarkan Pemasangannya Berdasarkan pemasangan pada perangkat kom puter modem terdiri dari dua jenis, yaitu Modem Internal dan Modem Eksternal. Modem internal dipasangkan pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya), sedangkan modem eksternal dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU.

7 Modem Internal Modem Internal adalah modem yang terpasang langsung di dalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekpansi pada mainboard.

8 Kelebihan Lebih hemat tempat. Dari segi harga lebih ekonomis. Tidak membutuhkan adaptor, karena telah terpasang di dalam CPU. Sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel yang bi sa memberi kesan kurang rapi. Kelemahan Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modemeksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau stat us modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus di catu dari power supply pada CPU. Dapat menambah suhu dalam kotak CPU. Karena adanya pen garuh Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal.

9 Modem Eksternal Modem Eksternal adalah modem yang terpasang di luar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terp isah berupa modem.

10 Kelebihan Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipin dah-pindah untukdigunakan di komputer lain. Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal dilengkapi dengan lampu indikator ya ng memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kelemahan Harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

11 Jenis Modem yang Tersedia Dipasaran Modem Dial-Up Modem Analog Modem ADSL Modem Kabel Modem GSM Modem CDMA

12 Modem Dial-Up Modem Dial-Up atau yang biasa disebut dengan hubungan langsung ialah modem yang digunakan sebagai media koneksi internet melalui media kabel telepon. Pada umumnya modem jenis ini bersifat internal a tau dipasang langsung pada motherboard. Modem yang masih menggunakan saluran telepon dengan menggunakan frekuensi suara, sehingga jalur telepon tidak dapat digunakan saat terhubung ke internet.

13 Modem Analog Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

14 Modem ADSL Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL.

15 Modem Kabel Modem Kabel (bahasa Inggris: cable modem), adalah perangkat keras yangmenya mbungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kece patan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel,komp uter harus dilengkapi dengan kartu eternet.

16 Modem GSM Modem GSM dapat menjadi perangkat modem Eksternal, seperti Modem Wavecom FASTRACK. Masukkan kartu SIM GSM dalam modem ini, dan menghubungkan modem ke port serial yang tersedia pada komputer anda. Modem GSM bisa menjadi PC Card dipasang di komputer notebook, seperti Kartu Telepon Nokia.

17 Modem CDMA Modem CDMA adalah modem nirkabel yang bekerja pada jaringan CDMA. Modem CDMA nirkabel berperilaku seperti H ayes compitable dial-up modem dan menerima data melalui gelombang radio.

18 ---


Download ppt "MODEM (Modulator Demodulator) XI MM. Pengertian Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google