Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama kelompok 2 Wily averinsa 29 Discha meida o. 06 Sandra aprilia 26 Biyan masrevi r 05 Furqon arbana 11.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama kelompok 2 Wily averinsa 29 Discha meida o. 06 Sandra aprilia 26 Biyan masrevi r 05 Furqon arbana 11."— Transcript presentasi:

1 Nama kelompok 2 Wily averinsa 29 Discha meida o. 06 Sandra aprilia 26 Biyan masrevi r 05 Furqon arbana 11

2 modem • Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. • Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan analog menjadi digital. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.

3 Secara letak fisik, modem dibagi menjadi dua yaitu : • 1.Modem Internal • Sesuai gambaran dari namanya, letak modem ini berada didalam dan terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal serupa dengan sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem ini memiliki keuntungan dan kerugian, keuntungannya antara lain adalah lebih hemat tempat atau efisiensi tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Terletak didalam CPU, maka modem ini tidak memerlukan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel yang bisa memberi kesan kurang rapi. Selain itu, ada juga kelemahan dari modem jenis ini, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya sedikit sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menamba suhu dalam kotak CPU.

4 2.Modem Eksternal • Beda halnya dengan modem internal, perangkat modem eksternal terletak berada diluar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau juga USB. Umumnya, Modem ini menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Kelebihan penggunaan modem ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah tempatkan untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

5 Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain: • A.MODEM DIAL UP • Modem ini berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon.

6 Jenis modem dial up ada dua macam yaitu: • 1) Modem Internal • Modem Internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. • Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah : a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. • Kelemahan modem internal, sebagai berikut: a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

7 • 2) Modem Eksternal • Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik. • Keuntungan modem eksternal: • a)Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain • b)Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem. • Kelemahan dari modem eksternal: • a) Harga lebih mahal dari pada modem internal • b) b) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

8 B.MODEM ADSL • ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.Asymmetric Digital Subscriber Line • Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu. • Modem ADSL juga merupakan gabungan dari router di dalamnya,atau lebih sering di kenal sebagai modem Speedy Telkom.Sebenarnya lebih tepat di sebut router ADSL,tetapi kebanyakan orang menyebutnya modem ADSL.

9 Kelebihan dari modem ADSL adalah sebagai berikut: • a) Adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah yang di fungsikan secara proporsional • b) Memiliki frekuensi tinggi untuk browsing di internet sedangkan frekuensi rendah untuk sebagai saluran telepon biasa. • c) Penggunaan internet dengan modem ini biayaya lebih murah di bandingkan dengan modem dial up.

10 Kelemahan modem ADSL adalah sebagai berikut: • a) Dipengaruhi oleh jarak pada kecepatan pengiriman data. • b) Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL seperti Linux dan windows98.

11 C.MODEM KABEL • Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). • Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

12 Jenis-Jenis Modem dan Harganya Huawei E172 HSUPA USB

13 • Huawei E172 USB HSUPA 7.2 Mbps Wireless Modem. Berbentuk USB Stick, sangat kecil, hanya seperti sebuah Flash Disk kecil, warna putih mengkilap. HSUPA (High Speed Upload Packet Access).Download Speed = 7.2 Mbps, Upload speed = 2 Mbps. USB Mbps interface (Compatible to almost all type of computer). Fully support All worldwide GSM operators (Dijamin bekerja baik dengan semua operator GSM). OS Compatible list : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS. • Rp • Garansi 6 bulan

14 USB Novatel Wireless Ovation MC950D HSUPA USB Stick

15 • Novatel Wireless Ovation MC950D USB HSUPA Wireless Modem. HSUPA (High Speed Upload Packet Access). Download Speed = 7.2 Mbps, Upload speed = 2.1 Mbps. USB Mbps interface (Compatible to almost all type of computer). Fully support All worldwide GSM operators with 2100MHz UMTS(Dijamin bekerja baik dengan semua operator GSM dengan UMTS 2100 MHz – Semua operator GSM di Indonesia dijamin bisa – Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three). Juga bisa dipakai di USA 3G-1900MHz. OS Compatible list : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS.

16 E160 HSDPA USB Stick 3.6 Mbps Wireless Modem

17 • HSDPA UMTS ( 850, 1900, 2100MHz ). GSM GPRS EDGE ( 850, 900, 1800,1900MHz ). Berbentuk USB Stick, sangat kecil, hanya seperti sebuah Flash Disk kecil, warna putih. HSDPA (High Speed Download Packet Access). Support 3.6Mbps HSDPA services. Support 384Kbps Upload speed. Micro SD Card Slot built-in. Support SMS services. Support data statistics. Receive diversity ( 850, 1900, 2100MHz ). Plug & Play. Unlock version (Guarantee Compatible with all GSM operator operator in Indonesia and arround the world).Support Windows 2000, Windows XP, Windows Vista and Mac Operating.

18 Huawei E272 HSUPA USB

19 • Huawei E272 USB HUDPA 7.2 Mbps Wireless Modem. Berbentuk USB Dongle pipih. E272 adalah model modis yang dikeluarkan khusus pelanggan VODAFONE di Eropa dan merupakan produk yang sama dari E270 (Juga produk Huawei). Bedanya di fisik modem, E272 terdapat garis lampu dan bentuknya yang lebih bagus, pipih dengan lengkungan yang indah dan cahaya yang sangat futuristik. HSUPA (High Speed Upload Packet Access). Download Speed = 7.2 Mbps, Upload speed = 2 Mbps. USB Mbps interface (Compatible to almost all type of computer). Fully support All worldwide GSM operators (Dijamin bekerja baik dengan semua operator GSM). OS Compatible list : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS. • Rp

20 • Sierra Wireless Aircard 881U HSUPA – sudah ada GPS nya!

21 Sierra Wireless Aircard 881U USB HSUPA Wireless Modem • Sierra Wireless Aircard 881U USB HSUPA Wireless Modem. HSUPA (High Speed Upload Packet Access). Download Speed = 7.2 Mbps, Upload speed = 2 Mbps. USB Mbps interface (Compatible to almost all type of computer). Built in GPS Module (Sudah di buka dan bisa dipakai fitur GPS nya). Built in Lithium-Polymer battery. Fully support All worldwide GSM operators (Dijamin bekerja baik dengan semua operator GSM). OS Compatible list : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS. • Rp • Garansi 6 bulan


Download ppt "Nama kelompok 2 Wily averinsa 29 Discha meida o. 06 Sandra aprilia 26 Biyan masrevi r 05 Furqon arbana 11."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google