Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VI."— Transcript presentasi:

1 Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VI

2 1.KONEKSI INTERNET DENGAN DIAL UP MODEM Koneksi internet dial up adalah koneksi dengan menggunakan telepon biasa (rumah). Saat ini modem dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data hingga 56 Kbps (kilobit per detik), namun pada kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps. Kelebihan dan kekurangan Paling mudah dilakukan. Harga modem internal murah Hampir semua laptop sekarang sudah terpasang modem untuk dial up Lebih sesuai untuk koneksi internet yang bersifat sesaat, misalnya untuk menge-cek . Ketika anda menggunakan telepon rumah untuk koneksi dial up, telepon rumah dalam status sibuk. Begitupula sebaliknya, Ketika telepon rumah sedang menerima panggilan masuk, otomatis koneksi internet terputus.

3 KONEKSI INTERNET DENGAN DIAL UP MODEM Supaya komputer terhubung ke internet, kita membutuhkan ISP (Internet Service Provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet. Kebanyakan perusahaan telepon, juga sebagai perusahaan penyelenggara koneksi internet. Berikut ini adalah alamat website ISP penyedia layanan dial up yang bisa anda pilih

4 2.KONEKSI INTERNET DENGAN TV KABEL Koneksi internet dengan TV kabel memilki beberapa kelebihan dibanding menggunakan saluran telepon. Salah satunya adalah kita dapat terhubung ke internet selama 24 jam tanpa harus terganggu jam sibuk telepon. Di pasaran, kita bisa menemui dua jenis layanan, yaitu berlangganan internet tanpa harus berlangganan TV kabel dan berlangganan keduanya sekaligus. Koneksi internet dengan TV kabel mempunyai variasi kecepatan akses antara 64 Kbps, 384 Kbps, 512 Kbps, 1024 Kbps, dan 1536 Kbps. Kelebihan Layanan unlimited (tanpa batas) Tidak ada biaya tambahan, hanya membayar iuran bulanan saja Kecepatan akses tidak terpengaruh oleh jam sibuk

5 KONEKSI INTERNET DENGAN TV KABEL Kekurangan Jaringan masih terbatas Modem masih cukup mahal ISP tertentu mengharuskan berlangganan TV kabel, jika kita hanya memerlukan koneksi internet saja, biaya koneksinya menjadi lebih mahal. Jangkauan area jenis koneksi ini masih sangat terbatas. Oleh karena itu anda harus mengetahui apakah lokasi tempat tinggal anda sudah/belum terjangkau layanan ISP ini. Anda harus menanyakan langsung ke bagian customer service atau di alamat situs penyedia layanan TV kabel. Koneksi internet menggunakan TV kabel ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan online 24 jam, seperti pelaku bisnis di rumah, internet marketing, jual beli saham online, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah alamat website ISP penyedia layanan dial up yang bisa anda pilih

6 3.KONEKSI INTERNET DENGAN ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) Koneksi internet dengan ADSL adalah koneksi internet yang menghubungkan komputer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah), seperti pada koneksi dial up tapi pada frekwensi yang berbeda. Sehingga keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu. Teknologi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi. Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi seperti halnya video. Perbedaan modem ADSL dan modem konvensional adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download) data. Walaupun sama-sama menggunakan saluran telepon umum sebagai jalur komunikasinya, kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1.5 Mbps - 9 Mbps. Perbedaan kecepatan yang mencolok diantara keduanya akibat perbedaan penggunaan frekwensi untuk mengirim sinyal/data. Modem konvensional menggunakan frekwensi di bawah 4 KHz, sedangkan modem ADSL menggunakan frekwensi diatas 4 KHz. Umumnya modem ADSL menggunakan frekwensi antara 34 KHz sampai 1104 KHz.

7 KONEKSI INTERNET DENGAN ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) Kelebihan Tidak perlu dial up Walaupun masih menggunakan line telepon dan terhubung ke internet selama 24 jam, anda masih tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Splitter yang disediakan oleh ISP yang anda pilih. Sistem pembayaran bulanan, dan beberapa ISP sudah menyediakan layanan pembayaran melalui ATM, sehingga anda tidak perlu antri di bank. Kekurangan Pada jam sibuk, koneksinya sering lambat dan kadang sampai terputus. Jadi ketika anda memutuskan untuk men-download menggunakan jenis koneksi ini, sebaiknya anda menggunakan Download Accelerator (Software yang dapat melanjutkan proses download ketika koneksi internet anda terputus).

8 4.KONEKSI INTERNET DENGAN WIRELESS (HOTSPOT) Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi- lokasi publik seperti taman, restoran, perpustakaan, kantor, bandara, dan lain-lain. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. Pada umumnya hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE b atau IEEE g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE b) dan 54 Mbps (IEEE g) dalam jarak hingga 100 meter.

9 KONEKSI INTERNET DENGAN WIRELESS (HOTSPOT) Kelebihan Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet. Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman bagi anda. Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, dapat digunakan untuk men-download sesuai dengan keinginan anda. Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap koneksi ini. Kekurangan Jika anda ingin memasang koneksi internet ini di rumah, anda harus membeli hub wireless terlebih dahulu. Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus. Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup, misalnya dalam kamar.

10 Terima Kasih


Download ppt "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu VI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google