Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN WEB 1. DefinisiWeb  World Wide Web ("WWW", atau singkatnya"Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN WEB 1. DefinisiWeb  World Wide Web ("WWW", atau singkatnya"Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN WEB 1

2 DefinisiWeb  World Wide Web ("WWW", atau singkatnya"Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.  Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama browser web yang mengambil informasi(disebut "dokumen" atau “halaman web") dari server web dan menampilkannya, biasanya disebuah monitor. Ini disebut "surfing“ atau "berselancar“ dalam bahasa Indonesia.

3  HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW)  HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80).

4  URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.karakterstandaralamatsumber dokumengambarInternet ex :

5 Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang- kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.serverkomputerweb server serverjaringan komputerinternetalamat IPsitus webURL

6 Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server- server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.HTTPFTPDNS

7  Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

8  Pengertian singkat tentang HTML  HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti texs, grafik, animasi link maupun audio-video.  Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Exsplorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.

9 Judul isi

10  Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " " dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " "dan diakhiri dengan tag penutup " ". Html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.  Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background):, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).  Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " " dan tag penutup " " dan yang berada diantaranya merupakan isi dari elemen html. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh:,,,, semuanya adalah sama.

11 Disini titel websiteku Disini adalah konten yang tampil di browser

12 Selamat Datang di Websiteku Ini adalah halaman HTML pertamaku. Aku sedang membuat paragraf dan ini contohnya. Ini contoh paragraf yang lainnya. Ini juga paragraf mm...tapi de- ngan baris baru. Ini baris baru yang lain.


Download ppt "PEMROGRAMAN WEB 1. DefinisiWeb  World Wide Web ("WWW", atau singkatnya"Web") adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google