Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-B USINESS. D EFINISI DAN K ONSEP E-B USINESS DAN EC OMMERCE Definisi E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-B USINESS. D EFINISI DAN K ONSEP E-B USINESS DAN EC OMMERCE Definisi E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis."— Transcript presentasi:

1 E-B USINESS

2 D EFINISI DAN K ONSEP E-B USINESS DAN EC OMMERCE Definisi E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. Sedangkan E-Commerce berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis

3 E LECTRONIC COMMERCE ( E - COMMERCE ) ADALAH PROSES PEMBELIAN DAN PENJUALAN PRODUK, JASA DAN INFORMASI YANG DILAKUKAN SECARA ELEKTRONIK DENGAN MEMANFAATKAN JARINGAN COMPUTER SEBAGAI PENYEBARAN, PEMASARAN JASA, MELALUI SYSTEM ELEKTRONIK SEPERTI INTERNET ATAU JARINGAN COMPUTER LAINNYA. E- COMMERCE DAPAT MELIBATKAN TRANSFER DANA ELEKTRONIK, SYSTEM MANAJEMEN INVENTORY OTOMATIS DAN SYSTEM PENGUMPULAN DATA OTOMATIS. E-commerce dan E-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu : memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan E- business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

4 M ODEL E - COMMERCE E – Commerce memiliki 4 model yaitu : 1.Business-to-Business(B2B) merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain. Berkembang dengan cepat dari segi volume dan nilai perdagangan, jauh melebihi model - model yang lain. 2. Business-to-Cunsumer(B2C) merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik. Contoh : Amazon.com Inc. (www.amazon.com) yang menjual buku, yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.

5 3. Consumer-to-Consumer(C2C) merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Contoh : eBay Inc (www.ebay.com), suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet. 4. Consumer-to-Business(C2B) merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh : Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel

6 T RANSFORMASI E-C OMMERCE MENUJU E-B USINESS E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. E -commerce dan E-business memiliki perbedaan yaitu : bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada perolehan uang, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya

7 T RANSFORMASI E-C OMMERCE M ENUJU E-B USINESS Fase 1 ( ) E-commerce hanya sebagai penanda keberadaan suatu perusahaan, memastikan bahwa semua memiliki Website, memenuhi permintaan bahwa semua perusahaan harus setidaknya memiliki sesuatu di internet. Fase 2 ( ) E-commerce mencakup transaksi-jual dan beli melalui media digital. Berfokus pada arus pesanan dan pendapatan.

8 T RANSFORMASI E-C OMMERCE M ENUJU E-B USINESS Fase 3 (2000-?) E-commerce berfokus pada bagaimana internet da[at memberikan dampak pada profitabilitas. Profitabilitas bukan hanya sekedar peningkatan pendapatan, tetapi meningkatkan keuntungan dan manfaat. Fase ini disebut juga dengan E-Business, yang mencakup semua aplikasi dan proses yang memungkinkan perusahaan untuk melayani sebuah transaksi bisnis.

9 F ASE E-B USINESS Yang membedakan E-Business dengan E- Commerce : 1. Mencakup aplikasi front maupun back office yang membentuk mesin utama bagi bisnis modern 2. Tidak hanya sekedar transaksi E-commerce ataupun jual-beli melalui web, tetapi dengan bantuan teknologi dapat memaksimalkan Customer Value dan profit.

10 10 K AIDAH E-B USINESS Rule 1: Teknologi bukan hanya sekedar perkiraan ke depan dalam membentuk bisnis, tetapi sudah menjadi penyebab dan penggerak bisnis. Rule 2: Kemampuan untuk mempercepat struktur informasi dan untuk mengatur serta mengendalikan arus informasi akan memberikan pelayanan yang lebih powerful dan cost-effective. Rule 3: Ketidakmampuan menghilangkan dominasi, rancangan bisnis kuno sering mengarah kepada kegagalan dalam bisnis.

11 10 K AIDAH E-B USINESS Rule 4: Dengan menggunakan E-Commerce, perusahaan dapat mendengarkan keinginan pelanggan dan menjadi “ The Cheapest ”, “ The most familiar ”, atau “ The best ” Rule 5: Jangan menggunakan teknologi hanya untuk menciptakan produk. Gunakan teknologi untuk inovasi, menghibur, dan menambah pengalaman mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk: mulai dari pemilihan dan pemesanan, sampai penerimaan dan pelayanan. Rule 6: Rancangan bisnis masa depan ditingkatkan menggunakan re-konfigurasi model-model e-business untuk memenuhi kebutuhan customer. Rule 7: Tujuan dari rancangan bisnis baru adalah agar perusahaan dapat menciptakan kerjasama dengan pihak luar yang tidak hanya bebas biaya tetapi juga memuaskan pelanggan.

12 10 K AIDAH E-B USINESS Rule 8: Untuk proyek E-business yang mendesak, akan menjadi mudah untuk memperkecil kebutuhan infrastruktur aplikasi dan berfokus pada awal dan akhir aplikasi. Rule 9: Kemampuan merencanakan arah infrastruktur e-business dengan cepat dan mengimplementasikannya secepat mungkin adalah kunci utama. Rule 10: Tugas berat bagi manajemen adalah menentukan strategi bisnis, proses bisnis dan aplikasi bisnis secara cepat, benar dan sekaligus. Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan


Download ppt "E-B USINESS. D EFINISI DAN K ONSEP E-B USINESS DAN EC OMMERCE Definisi E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google