Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gasal 2013/2014. Pada masa lalu memanfaatkan IT adalah masalah keunggulan strategis Pada saat ini hal tersebut adalah masalah bertahan hidup.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gasal 2013/2014. Pada masa lalu memanfaatkan IT adalah masalah keunggulan strategis Pada saat ini hal tersebut adalah masalah bertahan hidup."— Transcript presentasi:

1 Gasal 2013/2014

2 Pada masa lalu memanfaatkan IT adalah masalah keunggulan strategis Pada saat ini hal tersebut adalah masalah bertahan hidup

3 Proses membeli, menjual, transfer atau pertukaran barang jasa dan atau informasi melalui internet (Turban,2004) “Suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)”. (Hartman, 2000)

4  Terjadinya transaksi antara dua belah pihak;  Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi; dan  Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

5 Business (Organization) Consumer (Individual) Business (Organization) B2BB2C Consumer (Individual) C2BC2C

6 ◦ Business-to-Business (B2B): perusahaan melakukan transaksi online dengan perusahaan lain. ◦ Business-to-Consumer (B2C) : transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual ◦ Consumer-to-Business(B2B): transaksi online terjadi antara konsumen individu dengan perusahaan. ◦ Customer-to-Customer(C2C):transaksi online antar konsumen(konsumen dengan konsumen)

7 Sumber : Turban 200

8 1. Pengembangan Produk Produk dan Jasa harus memiliki keunggulan dan daya saing Dikembangkan terus menerus (inovasi dan kualitas) 2. Promosi Produk dan Jasa memerlukan promosi yang efektif secara terus menerus 3. Transaksi secara online Membangun infrastruktur dan mengoperasikan fasilitas terkait yang menjaga kenyamanan pelanggan (mudah, murah, cepat, berkualitas, responsif dll.) 4. Product delivery Produk digital dan jasa umumnya lebih mudah dikelola eCommerce sedangkan produk yang secara fisik memerlukan pengiriman memerlukan proses bisnis yang efisien untuk dapat memenuhi standard dan tuntutan eCommerce. 5. After-sales support eCommerce memungkinkan pemanfaatan internet ( , situs web) untuk memberikan layanan purna jual Memerlukan keterpaduan seluruh sistem dan prosedur pada pelaku bisnis 5 Komponen Utama Implementasi eCommerce

9 1. Online direct marketing 2. Electronic tendering system 3. Name your own price 4. Find the best price 5. Affiliate marketing 6. Viral marketing 7. Group purchasing 8. Online auction 9. Product and service customization

10 10. Product and service customization 11. Electronic marketplaces and exchange 12. Value-chain integrators 13. Value-chain service providers 14. Information brokers 15. Bartering 16. Deep discounting 17. Membership 18. Supply chain improvers

11 Manfaat bagi perusahaan :  Jangkauan global  Penambahan jam buka: 24/7/365  Pengurangan biaya operasi  Kustomisasi dan personalisasi  Inovasi model bisnis  Kecepatan time-to-market  Rantai pasokan dinamis  Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah  Efisiensi pengadaan  Meningkatkan hubungan dengan konsumen  Informasi yang up-to-date  Tidak harus membayar pajak/biaya usaha fisik  Dsb.

12 Manfaat bagi konsumen  “ Dimana saja – kapan saja” dan 24 jam  Lebih banyak pilihan produk dan jasa  Harga lebih murah  Pengiriman/pe- nyampaian segera(produk2 digitized)  Ketersediaan informasi  Wahana komunitas elektronik (interaksi antar pelanggan)  Personalisasi, sesuai selera  Tidak dikenai pajak penjualan

13 Manfaat bagi masyarakat ◦ Memungkinkan telecommuting(bekerja didalam rumah dan tidak harus keluar rumah untuk berbelanja. ◦ Memungkinkan sejumlah barang dagangan dengan harga lebih rendah, sehingga orang kurang mampu bisa membeli lebih banyak sehingga akan meningkatkan taraf hidup mereka ◦ Kemudahan mendapatkan layanan umum :perawatan,kesehatan, pendidikan

14  Keamanan  Kepercayaan dan resiko konsumen  Keterbatasan SDM  Budaya  Otentikasi user dan belum tersedianya public key infrastructure  Masalah organisasi  Penipuan  Akses Internet yang lambat  Permasalahan hukum/legalitas

15  Mobile commerce (m-commerce): transaksi dan aktivitas EC dilakukan dengan teknologi wireless (misal telepon selular)  Location-based commerce (l-com-merce): transaksi m-commerce yang ditargetkan pada individu di lokasi dan waktu tertentu

16  Business Model: metoda melakukan usaha yang dapat menghasilkan revenue bagi perusahaan untuk menjamin kelangsungan hidupnya  Tiga komponen utama: ◦ Target konsumen dan potensinya ◦ Modal persaingan: formula produk dan layanan ◦ Profit yang dapat diperoleh

17  Business-to-Employees (B2E): model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, atau produk kepada individu karyawannya  e-Government: model EC dimana organisasi pemerintah membeli atau menyediakan produk, jasa, atau informasi bagi perusahaan atau individu warganegara  e-Learning: penyampaian informasi secara online untuk tujuan pelatihan dan pendidikan

18  Collaborative commerce (c-com-merce): model EC dimana beberapa individu atau kelompok berkomunikasi dan berkolaborasi secara online  Exchange (e-Exchange): bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual  Exchange-to-Exchange (E2E ): model EC dimana beberapa e-exchange berhubungan satu sama lain untuk pertukaran informasi

19  Infrastrukturnya ◦ Internet: jaringan global ◦ Intranet: jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti protokol Internet, browser Web, VPN, dsb. ◦ Extranet: jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet

20  Aplikasi EC juga ditunjang oleh lima bidang pendukung: (yang ada didalam frame work ecommerce) ◦ SDM ◦ Peraturan/perundangan publik ◦ Pemasaran dan periklanan ◦ Layanan-layanan pendukung ◦ Kemitraan usaha

21  Business plan: dokumen yang merinci tujuan- tujuan bisnis dan garis besar rencana pencapaiannya  Business case: dokumen bagi manajer atau pemilik usaha untuk memperoleh pendanaan untuk proyek atau aplikasi spesifik; dengan penekanan utama pada justifikasi investasi yang dimaksud

22  Revenue model: deskripsi bagaimana perusahaan atau proyek EC dapat menghasilkan revenue, misal: ◦ Penjualan ◦ Komisi transaksi ◦ Iuran anggota atau biaya pendaftaran ◦ Iklan ◦ Royalty atau biaya afiliasi ◦ Sumber revenue lain

23

24

25  Ada dua hal utama yang biasa dilakukan oleh konsumen (Customers) di dunia maya (arena transaksi yang terbentuk karena adanya jaringan internet)  Pertama adalah melihat produk-produk atau jasa-jasa yang diiklankan oleh perusahaan terkait melalui website-nya (Online Ads).  Kedua adalah mencari data atau informasi tertentu yang dibutuhkan sehubungan dengan proses transaksi bisnis atau dagang (jual beli) yang akan dilakukan.  Jika tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, konsumen dapat melakukan transaksi perdagangan dengan dua cara

26  Cara pertama adalah secara konvensional (Standard Orders) seperti yang selama ini dilakukan, baik melalui telepon, faks, atau langsung datang ke tempat penjualan produk atau jasa terkait. Cara kedua adalah melakukan pemesanan secara elektronik (Online Orders), yaitu dengan menggunakan perangkat komputer yang dapat ditemukan dimana saja (rumah, sekolah, tempat kerja, warnet, dsb.).


Download ppt "Gasal 2013/2014. Pada masa lalu memanfaatkan IT adalah masalah keunggulan strategis Pada saat ini hal tersebut adalah masalah bertahan hidup."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google