Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi Informasi dalam Perdagangan Jaringan Elektronik PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK Definisi : Transaksi Bisnis yang berhubungan dengan pelanggan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi Informasi dalam Perdagangan Jaringan Elektronik PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK Definisi : Transaksi Bisnis yang berhubungan dengan pelanggan."— Transcript presentasi:

1 Teknologi Informasi dalam Perdagangan Jaringan Elektronik PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK Definisi : Transaksi Bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam hal internet, seolah tidak ada alternatif komunikasi yang lain Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik 1.Pelayanan pelanggan yang lebih baik 2.Hubungan dgn pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik 3.Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik 1.Biaya tinggi 2.Masalah keamanan 3.Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

2 Jalan menuju Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik Intelijen bisnis Pertuka ran data elektron ik Sistem antar organisa si Strategi yang tersedia Rencana bisnis strategis Siklus hidup sistem Perdaga ngan ulang proses bisnis Metodo logi yang tersedia Sambung an langsung Jaringan bernilai tambah Internet Teknologi yang tersedia Keuntung an bersaing

3 Strategi Perdagangan Melalui jaringan Elektronik Strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik disebut Sistem antar-organisasi (IOS). Istilah lainnya EDI atau pertukaran data elektronik. Ekstranet memungkinkan pembagian informasi berbasis komputer yang sensitif dgn perusahaan lain dgn menggunakan teknologi yang umumnya diasosiasikan dgn internet. Sistem Antar Organisasi (IOS) Adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal yang bekerjasama untuk tujuan bersama. Manfaat IOS 1.Efisiensi internal: perbaikan-perbaikan dlm operasi perusahaan itu sendiri sehingga memungkinkan untuk mengumpulkan data, menganalisis dan membuat keputusan lebih cepat. 2.Efisiensi antar-organisasi: mencakup perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dgn perusahaan lain. (menawarkan barang dan jasa, melayani lebih byk pelanggan, memindahkan pekejaan ttt ke pemasok atau pelanggan serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.

4 Pertukaran Data Elektronik (EDI) Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara bbrp perusahaan. Hubungan EDI yang umum Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan pelanggannya mis. permintaan penawaran harga, pesanan pembelian, persetujuan pesanan pembelian dan faktur. Standar EDI Format standar memungkinkan para mitra dagang bertukar data tetapi memerlukan suatu proses translasi data sebelum mengirim dan setelah menerima. Tingkat Penerapan EDI 3 tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu: 1.Pemakai tingkat satu; hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas. 2.Pemakai tingkat dua; banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang mungkin melampaui lini industri.

5 3. Pemakai tingkat tiga; bukan cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI. Beberapa manfaat EDI, yaitu: 1.Mengurangi kesalahan 2.Meningkatkan efisiensi operasional 3.Meningkatkan kemampuan bersaing 4.Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang 5.Meningkatkan pelayanan pelanggan TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK Ada 3 pilihan teknologi utama: 1.Sambungan langsung 2.Jaringan bernilai tambah 3.Internet

6


Download ppt "Teknologi Informasi dalam Perdagangan Jaringan Elektronik PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK Definisi : Transaksi Bisnis yang berhubungan dengan pelanggan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google