Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) Perdagangan elektonik yang disebut jugae - c o m m e r c e, adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) Perdagangan elektonik yang disebut jugae - c o m m e r c e, adalah."— Transcript presentasi:

1 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) Perdagangan elektonik yang disebut jugae - c o m m e r c e, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Perdagangan populer darie - c o m m e r c e adalah penggunaan internet dan komputer dengan r o w s e r Web untuk membeli dan menjual produk.

2 1. PERDAGANGAN ELEKTRONIK Dalam arti sempit, perdagangan elektronik (e- commerce) hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang melintasi batas perusahaan saja dengan menghubungkan komputer mereka masing-masing dengan internet. E-commerce bisnis ke konsumen (bussiness to customer - B2C) yang mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-commerce bisnis ke bisnis (business to business – B2B) yang mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh.

3 2. INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE) Inteligensi bisnis (business intelligence – BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan. Basis Data Eksternal Perusahaan dapat melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar. Langkah pertama menuju pencapaiane - c o m m e r c e adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan akan dilaksanakan. Sebagian besar kecerdasan ini dapat dikumpulkan oleh cara-cara nonkomputer, akan tetapi basis data komputer dapat menjadikan pemindaian volume-volume informasi dalam jumlah besar mungkin untuk dilakukan dengan cepat, mudah, dan menyeluruh.

4 3. STRATEGIE -C O M M E R C E DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL Sistem interorganisasional (interorganizational system - IOS) merupakan suatu strategi yang mengkaitkan unsur-unsur yang ada dengan transmisi data elektronik. Istilah lain yang sering dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektronik). EDI dianggap sebagai subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional. Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem interorganisasional.

5 4. SISTEM INTERORGANISASIONAL E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk mendukung transaksi- transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing. Manfaat IOS Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting, yaitu:

6 a. Efisiensi Komparatif, yang terdiri atas dua : Efisiensi internal, yang terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri. Efisiensi interorganisasional, yang meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. b. Kekuatan Penawaran (bargaining power), merupakan kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri. Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar, yaitu : Menawarkan fitur-fitur produk yang unik Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian Meningkatkan biaya perpindahan EDI (Electronic Data Interchange) EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS. EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin.

7 Ekstranet Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS yang memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. 5. STRATEGI B2C UNTUKE -C O M M E R C E Nilai uange - c o m m e r c e B2B menjadikan nilai uange - c o m m e r c e B2C terlihat bagitu kecil. Alasan mengapa strategi bisnis untuke - c o m m e r c e B2C menjadi penting adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian dengan menggunakan Web.

8 Produk-Produk Digital Beberapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Lagu, album, film, dan produk- produk serupa dapat dibeli dari situs-situs Web. Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui internet. Produk-Produk Fisik Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggan. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh Web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan Penjualan Maya Versus Campuran Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.

9 6. LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA Tantangan bagie - c o m m e r c e adalah bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi di balik perdagangannya melalui telepon seluler maupun koneksi nirkabel. a. Perdagangan Bergerak Perdagangan bergerak (mobile commerce ataum - c o m m e r c e) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal assistant – PDA) untuk melakukane - c o m m e r c e pribadi. b. Nirkabel Berkelas di Semua Tempat Semakin banyaknya tempat yang menawarkan hot spot Internet nirkabel untuk penggunaan Web umum maupun pribadi membuat para pebisnis semakin mudah dalam penggunaan Internet.

10 7. MENGGUNAKAN INTERNET E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi. Internet bermula pada tahun 1969 ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha yang diawalidi tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World Wide Web. World Wide Web, yang disebut sebagai Web ataupun WWW merupakan informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumenh y p e r m e d ia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik. IstilahI n t e r n e t dan World Wide Web seringkali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama, namun internet sebenarnya merupakan jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan komputer.

11 8. CYBERSPACE DAN SUPERHIGHWAY INFORMASI Istilahc y b e r s p a c e diperkenalkan pada tahun oleh William Gibson dalam Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Saat ini,c y b e r s p a c e berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilahs u p e r h ig h w a y informasi digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita. Analogis u p e r h ig h w a y itu sendiri sangat berguna. Pengguna yang memerlukans u p e r h ig h w a y informasi memerlukan sebuah komputer yang akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sebuah keuntungan.

12 9. APLIKASI BISNIS INTERNET Secara sederhana, Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Internet dapat digunakan oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan upaya khusus. Pertumbuhan jumlah situs Internet yang fenomenal telah menjadikan Internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat diabaikan. Semua area perusahaan dapat menggunakan Internet, namun satu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan. Rumah sakit dapat mempergunakan Internet untuk melaksanakan pembelian secarao n l i n e, dengan menggunakan suatu bursa perdagangan klinik.

13 10. SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET Dalam membuat keputusan strategis bagi perusahaan, para eksekutif hendaknya mempertimbangkan beberapa hal berikut dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini kepada pihak CEO atau IS, yaitu : 1. Pastikan situs Web Anda kuat. 2. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif. 3. Menekan isi. 4. Sering diperbaharui. 5. Melihat di luar pelanggan. 6. Tunjukkan isi pada kebutuhan spesifik pengguna. 7. Menjadikan Internet intuitif. 8. Berada di lokasi Web yang tepat. 9. Ciptakan rasa kebersamaan. 10. Carilah bantuan jika Anda memerlukannya.

14 11. DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG E-commerce mengalami perkembangan yang cukup baik di Amerika dan di seluruh dunia. Selama lima tahun terakhir, tingkat pertumbuhane - c o m m e r c e di Amerika Serikat telah mencapai 15 persen. Jumlahe - c o m m e r c e yang luar biasa terjadi antarbisnis.E - c o m m e r c e B2B nampaknya tidak berpengaruh terhadap pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif.


Download ppt "MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) Perdagangan elektonik yang disebut jugae - c o m m e r c e, adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google