Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI PEMASARAN MARKETING INFORMATION SYSTEM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI PEMASARAN MARKETING INFORMATION SYSTEM."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI PEMASARAN MARKETING INFORMATION SYSTEM

2 Sistem Informasi Fungsional & Sistem Fisik Perusahaan Sistem fisik perusahaan adalah sistem yang melaksanakan kegiatan fungsional perusahaan secara fisik, sedangkan sistem konseptual (sistem fungsional) merupakan pencerminan sistem fisik yang diwakilinya. Sistem informasi pemasara n Fungsi Sumber Daya Informasi Fungsi Sumber Daya Manusia Fungsi Keuangan Fungsi Manufaktu r Fungsi Pemasara n Sistem informasi Sumber Daya Informasi Sistem informasi Sumber Daya Manusia Sistem informasi Keuangan Sistem informasi Manufaktu r Sistem Informasi Fungsional Sistem Fisik Perusahaan

3 Pengertian Pemasaran Pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan.

4 Marketing Mix Strategi pemasaran terdiri dari campuran unsur-unsur yang dinamakan bauran pemasaran (Marketing Mix)  Produk : apa yang dibeli oleh pelanggan untuk memuaskan keinginannya atau kebutuhannya.  Promosi : berhubungan dengan semua yang mendorong penjualan produk, termasuk periklanan dan penjualan langsung.

5 Marketing Mix (lanjut)  Place : berhubungan dengan cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui satuan distribusi.  Harga : terdiri dari semua elemen yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan untuk produk itu.

6 Evolusi SI-Pemasaran  Pada tahun 1966 Profesor Phillip Kotler dari Northwestern University menggunakan istilah pusat saraf pemasaran (marketing nerve center) untuk menggambarkan satu unit baru di dalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah informasi pemasaran.  Kotler mengidentifikasikan tiga jenis informasi pemasaran :Intelijen pemasaran, informasi pemasaran intern dan komunikasi pemasaran.

7 Informasi Pemasaran Internal Komunikasi Pemasaran Intelijen Pemasaran Intelijen pemasaran (marketing intelligence) informasi yang mengalir ke perusahaan dari lingkungan. Informasi Pemasaran Intern (internal marketing information) informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaan. Komunikasi Pemasaran (marketing komunication) informasi yang mengalir keluar dari perusahaan kelingkungan. Perusa haan Lingku ngan

8 SISTEM INFORMASI PEMASARAN  Sistem Informasi Pemasaran (marketing information system) adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerjasama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.  Dua elemen dalam definisi tersebut merupakan pokok penting.  Pertama, semua sistem informasi fungsional harus bekerja sama, dan  Kedua, dukungan pemecahan masalah tidak terbatas pada manajer pemasaran.

9 Model SI Pemasaran Database Subsistem Produk Subsistem Place Subsistem Bauran terintegrasi Subsistem Price Subsistem Promotion Subsistem Informasi Akuntansi Subsistem Penelitian Intern Subsistem Intelijen Pemasaran Subsistem Output Sumber Lingkungan Subsistem Input Sumber Internal Pemakai Data Informasi

10 Sub-Sistem INPUT  Sistem informasi akuntansi mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.  Subsistem penelitian pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen, dan meningkatkan efisiensi pemasaran.  Subsistem intelijen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran.

11 Database Data yang digunakan oleh subsistem output berasal dari database. Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.

12 Sub-sistem OUTPUT  Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan.  Subsistem tempat menyediakan informasi tentang jaringan disribusi perusahaan.  Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung.  Subsistem harga membantu manajer membuat keputusan harga.  Subsistem bauran terintegrasi yang memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi yang mempertimbangkan dampak gabungan dari unsur-unsur tersebut.


Download ppt "SISTEM INFORMASI PEMASARAN MARKETING INFORMATION SYSTEM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google