Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ari Eko Wardoyo, S.T. Adalah suatu sistem berbasiskan komputer yang menyediakan informasi bagi berbagai pemakai dengan berbagai kebutuhan yang serupa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ari Eko Wardoyo, S.T. Adalah suatu sistem berbasiskan komputer yang menyediakan informasi bagi berbagai pemakai dengan berbagai kebutuhan yang serupa."— Transcript presentasi:

1 Ari Eko Wardoyo, S.T

2 Adalah suatu sistem berbasiskan komputer yang menyediakan informasi bagi berbagai pemakai dengan berbagai kebutuhan yang serupa

3 Lingkungan Luar Lingkungan Dalam SIM Pemecahan Masalah Organisasi Perangkat Lunak Penulis Laporan Model Matematika Database SIA Database SIA

4 Informasinya menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi dimasa sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.

5 1. Sistem Informasi yang dirancang untuk digunakan oleh para eksekutif 2. Sistem Informasi untuk berbagai area fungsional, di antaranya : a.Pemasaran b.Manufaktur c.Keuangan d.Sumber Daya Manusia (SDM)

6 Sistem Informasi Pemasaran Sistem Informasi Manufaktur Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi SDM Sistem Informasi Eksekutif

7

8  Eksekutif memberikan instruksi ke sistem melalui menu pilihan.  Pemilihan menu dilakukan dengan menggunakan mouse atau Touch Screen.  Penggunaan Keyboard dikurangi.  Informasinya dalam bentuk tabel, grafik, dan narasi.  Input data tabel, grafik maupun narasi dilakukan oleh staf asisten.

9 Komputer Server Workstation Eksekutif Koleksi Software DB Perusahaan DB Eksekutif Data & Informasi Eksternal Komputer Personal Penyedia Informasi Perusahaan Permintaan Informasi Informasi Berita & Penjelasan Mutakhir Ke WS Lain

10 Ada tiga rute untuk mendapatkan software SIE  Spesialis Informasi Perusahaan mengembangkan perangkat lunak pesanan  Eksekutif menggunakan perangkat lunak perorangan (misal : spreadsheet, sistem manajemen data base, dan paket grafik)  Perusahaan membeli Software khusus SIE.

11

12 Adalah subset/subsistem dari SIM (Sistem Informasi Manajemen) yang menyediakan informasi untuk memcahkan masalah pemasaran perusahaan.

13 Sub Sistem OUTPUT Sub Sistem INPUT Sumber Lingkungan Sumber Internal DataBase SIA Subsistem Produk Pemakai Subsistem Penelitian Pemasaran Subsistem Intelejen Pemasaran Subsistem Tempat Subsistem Promosi Subsistem Harga Subsistem Bauran Terintegrasi

14  Subsistem input mengumpulkan data dan informasi, yang dimasukkan ke dalam database.  Subsistem output terdiri dari program- program komputer yang mengubah data menjadi informasi bagi para pemakai.

15  SIA merupakan penyedia data dan informasi pemasaran. SIA menyediakan catatan kegiatan penjual­an yang terinci, yang dapat menjadi dasar bagi laporan periodik dan khusus, atau model matematika.  Subsistem penelitian pemasaran (marketing research subsystem) mengum­pulkan data mengenai segala aspek operasi pemasaran penjualan namun terutama aspek aspek yang berkaitan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Data dikum­pulkan terutama melalui survei.  Subsistem intelijen pemasaran (marketing intelligence subsystem) me­ngumpulkan data dan informasi mengenai pesaing perusahaan. Secara historis, sistem ini telah beroperasi secara informal. Misalnya, wakil pemasaran perusahaan berbelanja di toko pesaing dan mengikuti kunjungan ke kantor dan pabrik pesaing.

16  Subsistem Produk adalah semua perangkat lunak yang menginformasikan manajer mengenai produk.  Subsistem Tempat adalah semua perangkat lunak yang menjelaskan cara produk didistribusikan ke pelanggan.  Subsistem promosi adalah perangkat lunak yang memberitahukan manajer mengenai penjualan langsung dan periklanan.  Subsistem harga adalah perangkat lunak yang memberikan semua informasi mengenai harga.  Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah Semua produk dan jasa yang ditawarkan oleh fungsi pemasaran, yang mencakup produk, tempat produk itu dijual; promosi, seperti penjualan langsung atau periklanan; dan harga produk.

17  Manajer dapat menggunakan subsistem- subsistem ini secara terpisah atau gabungan. Integrated-mix subsystem memungkinkan manajer mengembangkan strategi pemasaran yang menggunakan campuran unsur-unsur secara gabungan.  Tiap kotak subsistem output pada model dapat mewakili berbagai program komputer. Ada program yang mencetak atau menampilkan laporan periodik, program yang memudahkan database query, dan program yang berfungsi sebagai model matematika.

18 Contoh klasik mengenai cara informasi pemecahan masalah dapat dihasilkan dari data yang disediakan oleh SIA adalah analisis penjualan. Analisis penjualan adalah penelitian kegiatan penjualan perusahaan dalam hal :  produk mana yang terjual,  pelanggan mana yang membeli produk itu,  wiraniaga mana yang menjual produk itu.

19

20 Adalah subset/sub sistem dari sistem informasi manajemen (SIM) yang menyediakan informasi untuk digunakan dalam pemecahan masalah manufaktur.

21 Sub Sistem OUTPUT Sub Sistem INPUT Sumber Lingkungan Sumber Internal DataBase Subsistem Rekayasa Industri Subsistem Produksi Pemakai SIA Subsistem Intelejen Manufaktur Subsistem Persediaan Subsistem Kualitas Subsistem Biaya

22  sistem informasi akuntansi menyediakan data input bagi aplikasi manufaktur untuk mencatat tiap kegiatan pekerja manu­faktur dan sumber daya mesin ketika bahan baku diubah menjadi produk akhir.  Subsistem rekayasa industri (industrial engineering subsystem) adalah penyedia data tambahan yang menjelaskan operasi manufaktur internal.  Subsistem intelijen manufaktur menyediakan data dan informasi mengenai dua elemen dalam lingkungan perusahaan, pemasok dan serikat buruh. Dalam kedua hal tsersebut, data dan informasi dapat dikumpulkan melalui penelitian khusus yang dilengkapi dengan pertemuan pribadi.

23  Subsistem produksi mengukur proses produksi dalam hal waktu menelusuri arus kerja dari satu langkah ke langkah berikutnya.  Subsistem persediaan meng­ukur volume kegiatan produksi saat persediaan diubah dari bahan mentah menjadi barang dalam proses dan akhirnya barang jadi.  Subsistem kualitas mengukur kualitas bahan saat mereka diubah. Bahan mentah diperiksa kualitasnya saat diterima dari pemasok, pemeriksaan mute dilakukan pada berbagai titik dalam proses pro­duksi, dan pemeriksaan terakhir dilakukan pada barang jadi sebelum meninggalkan pabrik.  Subsistem biaya mengukur biaya yang terjadi dalam proses produksi.

24  Sebagai suatu contoh cara subsistem produksi menelusuri arus suatu pekerjaan, anggaplah bahwa suatu perusahaan membuat lampu sepeda jenis yang diikatkan pada kaki Anda sehingga sinarnya naik turun saat Anda mengayuh pedal.  Lensa jernih yang terpasang di depan memberikan cahaya ke depan, dan lensa merah di belakang memperingatkan kendaraan bermotor di belakang.

25

26

27

28  Adalah sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai di seluruh perusahaan.  Pemakai SIK terutama adalah para manajer, yang menggunakan informasi itu untuk mengelola sumber daya mereka.

29 Sub Sistem OUTPUT Sub Sistem INPUT Sumber Lingkungan Sumber Internal DataBase Subsistem Audit Internal Subsistem Peramalan Pemakai SIA Subsistem Intelejen Keuangan Subsistem Manajemen Dana Subsistem Pengen dalian

30  Subsistem audit internal membantu sistem informasi akuntansi dalam menyedia­kan data dan informasi internal dengan penelitian khusus yang dilakukan oleh auditor internal.  Subsistem intelijen keuangan (financial intelligence subsystem) mengumpulkan informasi dari elemen-elemen lingkungan yang mempengaruhi arus uang masyarakat keuangan, pemegang saham dan pemilik, serta pemerintah.

31  Subsistem peramalan (forecasting subsystem) melakukan peramalan jangka panjang lima sampai sepuluh tahun ke depan untuk menyediakan dasar bagi perencanaan strategis.  Subsistem manajemen dana (funds management subsystem) ber­kaitan dengan arus uang melalui perusahaan. Manajemen ingin mengetahui sebelumnya kelebihan dan kekurangan kas sehingga mereka dapat merencanakan cara menanganinya.  Subsistem pengendalian menyiapkan anggaran operasi tahunan dan kemudian menyediakan informasi umpan balik kepada para manajer sehingga mereka dapat memantau biaya aktual dibandingkan dengan anggaran.

32

33 Sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya manusia pada perusahaan SI SDM mencakup di dalamnya :  Perekrutan.  Pewawancaraan.  Pengujian.  Penerimaan. Setelah personil diterima, SI SDM menyimpan catatancatatan pegawai dan keluarganya.  Pemberhentian. Jika personil berhenti kerja, SI SDM mencatat pandangan personil mengenai kebijakan sumber daya manusia perusahaan, dan mengatur program pensiun dari pegawai yang pensiun.

34 Sub Sistem INPUT Sumber Lingkungan Sumber Internal Subsistem Penelitian SDM SIA Subsistem Intelejen SDM Sub Sistem OUTPUT DataBase Subsistem Perencanaan Tenaga kerja Pemakai Subsistem Perekrutan Subsistem Manajemen Tenaga kerja Subsistem Benefit Subsistem Pelaporan Lingkungan Subsistem Kompensasi

35  Sistem informasi akuntansi terutama menyediakan data yang berhubungan dengan personil perusahaan. Tanggung jawab untuk semua atau sebagian aplikasi gaji perusahaan biasanya termasuk di dalam HRIS. Data keuangan ini dikombinasikan dengan data non keuangan untuk menyajikan suatu gambaran lengkap dari sumber daya personil perusahaan.  Subsistem Penelitian Sumber Daya Manusia merupakan penyedia data mengenai pekerjaan-pekerjaan perusahaan. Penelitian ini mengungkapkan tugas-tugas pekerjaan yang harus dilaksanakan, pengetahuan dan keahlian yang diperlukan, dan tingkat kompensasi yang sesuai.  Subsistem intelijen sumber daya manusia merupakan penyedia data mengenai perkembangan terakhir dari berbagai pengaruh ling­ kungan yang mempengaruhi arus personil.

36  Subsistem perencanaan tenaga kerja mencakup semua aplikasi yang membantu perusahaan mengantisipasi kebutuhan SDM di masa depan, seperti bagan organi­sasi, perkiraan gaji, analisis/evaluasi pekerjaan, dan pembuatan model kerja.  Subsistem perekrutan digunakan untuk menelusuri lamaran- lamaran kerja sebelum dipanggil, juga untuk melakukan pencarian internal untuk mengidentifikasi pegawai yang patut dipertimbangkan untuk kesempatan kerja yang berkem­bang dalam perusahaan.

37  Subsistem kompensasi digunakan untuk mengkompensasi para pegawai untuk pekerjaan mereka. Di banyak perusahaan, sistem gaji merupakan bagian dari HRIS. Aplikasi yang kemungkinan besar terdapat dalam HRIS mencakup berbagai sistem yang menentukan kenaikan penghasilan, bonus dan kompensasi eksekutif.  Subsistem benefit mencakup berbagai aplikasi yang mendukung baik pegawai yang masih bekerja maupun telah pensiun.  Sub Sistem Pelaporan Lingkungan bertanggung jawab melaporkan kebijakan dan praktek personalia SDM kepada pemerintah. Sub sistem ini menyimpan catatan kesehatan, keluhan pegawai, dan informasi bahan beracun yang dipakai sebagai bahan produksi.

38 Pencocokan profil pekerjaan (job profile matching)  Aplikasi tersebut membantu mana­jemen merencanakan jalur karir yang tersedia bagi para pegawai dalam perusahaan.  Tiap pekerjaan dalam perusahaan diteliti untuk menentukan tugas-tugas yang harus dilaksanakan dan jumlah waktu yang dihabiskan untuk tiap tugas.  Pekerjaan sering terdiri dari ratusan tugas.  Daftar dari tugas-tugas dan waktunya menggam­barkan profil pekerjaan.  Semua profil pekerjaan kemudian dicocokkan oleh komputer untuk menen­tukan tingkat kesamaan.  Kesamaan diukur dalam hal overlap yaitu persentase waktu yang dihabiskan pada tugas-tugas yang lama.

39


Download ppt "Ari Eko Wardoyo, S.T. Adalah suatu sistem berbasiskan komputer yang menyediakan informasi bagi berbagai pemakai dengan berbagai kebutuhan yang serupa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google