Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN. Sistem informasi merupakan kebutuhan organisasi modern. Bagian yang membutuhkan sistem organisasi bahkan termasuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN. Sistem informasi merupakan kebutuhan organisasi modern. Bagian yang membutuhkan sistem organisasi bahkan termasuk."— Transcript presentasi:

1 KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN

2 Sistem informasi merupakan kebutuhan organisasi modern. Bagian yang membutuhkan sistem organisasi bahkan termasuk sub bidang dari suatu organisasi. Bidang pemasaran termasuk bidang organisasi yang membutuhkan sistem informasi.

3 Alasan bidang pemasaran membutuhkan sistem informasi (1): Tingkat persaingan yang tinggi

4 Produk yang bervariasi Alasan bidang pemasaran membutuhkan sistem informasi (2):

5 Penemuan Teknologi Informasi Alasan bidang pemasaran membutuhkan sistem informasi (3):

6 Definisi Sistem informasi pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan

7 Prinsip pemasaran (Marketing Mix) 1. Product 2. Promotion 3. Place 4. Price Good Information management Profit

8 Komponen Sistem Informasi pemasaran (1) Komponen Input Pemasaran Komponen Input Pemasaran  Sistem informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.  Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan perusahaan.  Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem peneliti pemasaran menlakukan penelitian khusus peneliti pemasaran menlakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran. mengenai operasi pemasaran.

9 Komponen Model Pemasaran Komponen Model Pemasaran  Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya.  Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. menjadi output.  Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit. efektif dan untuk persetujuan kredit. Komponen Sistem Informasi pemasaran (2)

10 Komponen Basis Data Pemasaran Komponen Basis Data Pemasaran Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain. Komponen Sistem Informasi pemasaran (3)

11 Jenis Informasi Pemasaran Marketing Intelligence (intelijen pemasaran) Marketing Intelligence (intelijen pemasaran) Internal marketing information (informasi pemasaran internal) Internal marketing information (informasi pemasaran internal) Marketing communication (komunikasi pemasaran) Marketing communication (komunikasi pemasaran)

12 Aspek lain dalam sistem informasi pemasaran Sistem informasi akuntansi Sistem informasi akuntansi Ex: produk yang terjual, pelanggan pembeli produk, sales produktif.  strategi penjualan lebih berhasil. Subsistem penelitian pemasaran Subsistem penelitian pemasaran Ex: aktivitas yang ditunjukkan oleh pelanggan & calon pelanggan. Subsistem intelijen pemasaran Subsistem intelijen pemasaran Ex: mengumpulkan data pesaing Subsistem produk Subsistem produk Ex: melakukan seleksi untuk produk baru Subsistem tempat Subsistem tempat Ex: saluran distribusi yang digunakan Subsistem promosi Subsistem promosi Ex: menggunakan komunikasi flexible Subsistem harga Subsistem harga Ex: menentukan harga berdasarkan data SIA Subsistem bauran terintegrasi Subsistem bauran terintegrasi Ex: menggunakan seluruh aspek dalam Sistem Informasi pemasaran


Download ppt "KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN. Sistem informasi merupakan kebutuhan organisasi modern. Bagian yang membutuhkan sistem organisasi bahkan termasuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google