Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMASARAN UNTUK MEMULAI BISNIS.  Pemasaran berasal dari suku kata “pasar”  Pengertian pasar merujuk kepada suatu tempat dan atau kondisi dimana terjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMASARAN UNTUK MEMULAI BISNIS.  Pemasaran berasal dari suku kata “pasar”  Pengertian pasar merujuk kepada suatu tempat dan atau kondisi dimana terjadi."— Transcript presentasi:

1 PEMASARAN UNTUK MEMULAI BISNIS

2  Pemasaran berasal dari suku kata “pasar”  Pengertian pasar merujuk kepada suatu tempat dan atau kondisi dimana terjadi interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga menimbulkan transaksi.  Pemasaran : Penjualan, Distribusi, Perdagangan

3  Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untu merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.  Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).  Kata kunci dari Pemasaran : - Pemasaran sebagai suatu sistem - Pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial - Adanya komoditas yang dipasarkan : barang dan atau jasa - Pemenuhan kebutuhan konsumen - Proses Pertukaran

4 Konsep inti pemasaran itu sendiri terdiri dari 6 poin yaitu: 1. Need atau Kebutuhan, Want atau Keinginan dan Demand atau Permintaan 2. Product yang berupa Barang, Jasa dan Gagasan 3. Nilai, Biaya dan Kepuasan 4. Transaksi dan Pertukaran 5. Hubungan dan Jaringan 6. Pasar, Pemasar dan Prospek

5 1) Need atau Kebutuhan  Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani.  Pengertian kebutuhan yang lainnya adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi guna menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemakmuran atau kesejahteraan sehingga tercapai kepuasan

6 2) Want atau Keinginan  Keinginan adalah suatu ketegangan menuju pertimbangan akhir yang dilakukan oleh seseorang demi mencapai kepuasan.  Pengertian Keinginan yang lainnya adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. 3) Demand atau Permintaan Permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

7 4) Product atau Produk Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk ini dapat berupa barang, jasa maupun gagasan. 5) Value atau Nilai Nilai adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. 6) Cost atau Biaya Biaya pemasaran menurut Hansen dan Mowen adalah biaya - biaya yang diperlukan untuk memasarkan produk atau jasa, meliputi biaya gaji dan komisi tenaga jual, biaya iklan, biaya pergudangan dan biaya pelayanan pelanggan.

8 7) Kepuasan atau Satisfaction Kepuasan menurut Oliver adalah sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. 8) Transaksi Transaksi adalah pertemuan antara dua belah pihak ( penjual dan Pembeli) yang saling menguntungkan dengan adanya data/bukti/ dokumen pendukung yang dimasukkan kedalam jurnal setelah melalui pencatatan. 9) Pertukaran atau Exchange Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.

9 10) Hubungan Adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. 11) Jaringan Adalah pengembangan asset unik perusahaan yang terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan

10 12) Pasar Pasar adalah semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. 13) Pengertian Pemasar Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai. 14) Pengertian Prospek Prospek menurut Siswanto Sutejo adalah suatu gambaran keseluruhan, baik ancaman ataupun peluang dari kegiatan pemasaran yang akan datang yang berhubungan dengan ketidak pastian dari aktifitas pemasaran atau penjualan

11 Ada empat filosofi persaingan yang secara kuat mempengaruhi suatu aktivitas pemasaran organisasi yang umumnya mengacu pada: 1) Produksi 2) Penjualan 3) Pasar dan 4) Orientasi sosial

12  Suatu filosofi yang berfokus pada kemampuan internal perusahaan yang melebihi dari keinginan dan kebutuhan pasar.  Orientasi produksi maksudnya di mana manajemen menilai sumber dayanya dan bertanya: - Hal terbaik apa yang dapat kita lakukan? - Apa yang dapat didesain oleh para insinyur kita? - Apa yang mudah diproduksi dengan peralatan yang kita miliki? Dalam kasus perusahaan jasa, manajer bertanya: Jasa apa yang paling menyenangkan untuk ditawarkan bagi perusahaan? dan Bagaimana yang tidak bisa dikerjakan?

13  Didasarkan pada pendapat bahwa orang akan membeli barang dan jasa yang lebih baik jika menggunakan teknik penjualan yang agresif dan penjualan yang tinggi tersebut akan mendatangkan keuntungan yang tinggi juga.  Masalah fudamental pada orientasi ini adalah kurangnya pemahaman atas keinginan ( needs) dan kebutuhan (want)

14  Orientasi ini tidak bisa memisahkan diri dari konsep pemasaran alasannya karena keberadaan sosial dan ekonomi bagi suatu organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut sesuai dengan sasaran perusahaan.  Orientasi ini mempunyai filosofi yang menganggap bahwa suatu penjualan tidak tergantung pada sebuah penjualan yang agresif tetapi lebih pada keputusan konsumen untuk membeli produk.

15 Suatu organisasi ada, tidak hanya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen saja serta memenuhi tujuan organisasi tetapi juga untuk melindungi atau untuk mempertinggi kepentingan yang terbaik atas individu dan masyarakatnya dalam jangka panjang.

16  Bauran Pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.  Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran yang dikenal dengan istilah 4P. Mulai dari pemenuhan produk ( product ), penetapan harga ( price ), pengiriman barang ( place ), dan mempromosikan barang ( promotion ).

17 a) Produk (product) Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. b) Harga (price) Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya.

18 c) Tempat (place) Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan. d) Promosi (promotion) Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan

19 Karakteristik Jasa : Tidak berwujud ( intangibility), Tidak dapat dipisahkan ( inspirability), Berubah-ubah ( variability), Mudah lenyap ( perishability ).

20 4P tersebut merupakan konsep bauran pemasaran tradisional ( traditional marketing mix) Untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas ( expanded marketing for services) dengan penambahan unsur non-traditional marketing mix, yaitu people (orang), process (proses) dan physical evidence (bukti fisik), sehingga menjadi tujuh unsur (7P). Masing-masing dari tujuh unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan mempunyai suatu bauran yang optimal sesuai dengan karakteristik segmennya.

21 Perluasan bauran pemasaran untuk jasa : a) People (Orang) Adalah semua pelaku yang memainkan sebagai penyajian jasa dan karenanya mempengaruhi persepsi pembeli. Yang termasuk dalam elemen ini adalah personel perusahaan dan konsumen lain dalam lingkungan jasa. b) Process (Proses) Meliputi prosedur, tugas-tugas, jadwal-jadwal, mekanisme, kegiatan dan rutinitas dimana suatu produk atau jasa disampaikan kepada pelanggan. c) Physical Evidence (Bukti Fisik) Merupakan lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan jasa dan konsumennya berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud memfasilitasi penampilan atau komunikasi jasa tersebut.

22 Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Swasta, 1996). Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok- kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.. Ada beberapa pola berbeda yang akan muncul dalam melakukan segmenatasi pasar ini, yaitu : preferesi homogen, preferensi yang tersebar dan preferensi terkelompok (Kotler, 1997)

23 1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen a) Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim. b) Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll c) Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. d) Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

24 2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri a) Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan. b) Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

25 Syarat segmentasi Pasar a) Dapat diukur b) Dapat dicapai c) Cukup besar atau cukup menguntungkan d) Dapat dibedakan e) Dapat dilaksanakan

26 Tingkat Segmentasi Pasar a) Pemasaran massal : berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen. b) Pemasaran segmen : menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. c) Pemasaran ceruk (marketing niche) : berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit. d) Pemasaran mikro : Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

27 Manfaat Segmentasi Pasar a) Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran. b) Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen. c) Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

28 Menentukan Pasar Sasaran Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu : 1. Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada 2. Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.


Download ppt "PEMASARAN UNTUK MEMULAI BISNIS.  Pemasaran berasal dari suku kata “pasar”  Pengertian pasar merujuk kepada suatu tempat dan atau kondisi dimana terjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google