Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Segmentasi Pasar. Pendahuluan Perusahaan-perusahaan tdk mungkin menarik semua konsumen di pasar, atau setidaknya mereka tdk dapat menarik semua konsumen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Segmentasi Pasar. Pendahuluan Perusahaan-perusahaan tdk mungkin menarik semua konsumen di pasar, atau setidaknya mereka tdk dapat menarik semua konsumen."— Transcript presentasi:

1 Segmentasi Pasar

2 Pendahuluan Perusahaan-perusahaan tdk mungkin menarik semua konsumen di pasar, atau setidaknya mereka tdk dapat menarik semua konsumen dengan cara yang sama. Perusahaan-perusahaan tdk mungkin menarik semua konsumen di pasar, atau setidaknya mereka tdk dapat menarik semua konsumen dengan cara yang sama.

3 PEMASARAN MASSAL PEMASARAN SEGMEN PEMASARAN SEGMEN PEMASARAN SEGMEN PEMASARAN SEGMEN

4 Daripada berusaha bersaing dalam pasar secara keseluruhan, bahkan kadangkala harus bersaing dg pesaing yang sangat kuat, tiap-tiap perusahaan harus dapat mengidentifikasi bagian pasar (segmen) yang sanggup dilayaninya dengan baik dan yang paling menguntungkan baginya. Daripada berusaha bersaing dalam pasar secara keseluruhan, bahkan kadangkala harus bersaing dg pesaing yang sangat kuat, tiap-tiap perusahaan harus dapat mengidentifikasi bagian pasar (segmen) yang sanggup dilayaninya dengan baik dan yang paling menguntungkan baginya.

5 3 LANGKAH PEMASARAN BERSASARAN Segmentasi Pasar 1. Mengidentifikasi dasar dasar yg digunakan utk Mengsegmentasi pasar 2. Menyusun profil-profil segmen Pembidikan Pasar 3. Mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen 4. Memilih segmen sasaran Positioning di Pasar 5. Menyusun positioning segmen-segmen yang dibidik 6. Menyusun bauran pemasaran tiap-tiap segmen

6 Tingkatan Segmentasi Pasar Pemasaran Massal Pemasaran Massal Memproduksi secara massal, mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal produk yang nyaris sama dengan cara yang nyaris sama kepada semua konsumen. Pemasaran Segmen Pemasaran Segmen Memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen. Pemasaran Relung (Niche Market) Pemasaran Relung (Niche Market) Memfokuskan diri pada sub-segmen atau relung pasar yg memiliki sejumlah ciri bawaan yg khas yg mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yg khusus.

7 Tingkatan Segmentasi Pasar Pemasaran Mikro Pemasaran Mikro Praktek perancangan produk dan program pemasaran supaya benar dg selera individu dan lokasi yang spesifik, yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual. Pemasaran Lokal adalah perancangan merek dan promosi supaya sesuai benar dg kebutuhan dan keinginan kelompok2 pelanggan lokal (kota-kota, pemukiman, atau toko yang spesifik) Pemasaran Lokal adalah perancangan merek dan promosi supaya sesuai benar dg kebutuhan dan keinginan kelompok2 pelanggan lokal (kota-kota, pemukiman, atau toko yang spesifik) Pemasaran Individual adalah perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dg kebutuhan dan preferensi pelanggan secara individual (customized marketing) Pemasaran Individual adalah perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai benar dg kebutuhan dan preferensi pelanggan secara individual (customized marketing)

8 Mensegmentasi Pasar Konsumen Segmentasi Geografis Segmentasi Geografis Membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, wilayah, negara bagian, kabupaten, kota, atau pemukiman. Segmentasi Demografis Segmentasi Demografis Membagi pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia, jender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan.

9 Mensegmentasi Pasar Konsumen Segmentasi Psikografis Segmentasi Psikografis Membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau karakteristik kepribadian. Segmentasi Perilaku Segmentasi Perilaku Membagi suatu pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan terhadap suatu produk.

10 Mensegmentasi Pasar Internasional Geografis Geografis Faktor ekonomi (Tingkat Pendapatan) Faktor ekonomi (Tingkat Pendapatan) Faktor Politik dan Hukum (stabilitas pemerintahan, penerimaan thd perusahaan asing, kebijakan moneter, dan banyaknya birokrasi) Faktor Politik dan Hukum (stabilitas pemerintahan, penerimaan thd perusahaan asing, kebijakan moneter, dan banyaknya birokrasi) Faktor budaya (bahasa, agama, nilai2, sikap, kebiasaan, pola perilaku) Faktor budaya (bahasa, agama, nilai2, sikap, kebiasaan, pola perilaku)

11 Pembidikan Pasar Mengevaluasi Segmen Pasar Mengevaluasi Segmen Pasar Dalam mengevaluasi segmen pasar yg berbeda-beda, perusahaan harus mempertimbangkan tiga faktor : ukuran dan pertumbuhan pasar, daya tarik struktur segmen, tujuan dan sumber daya perusahaan. Memilih segmen Pasar Memilih segmen Pasar Adalah melakukan pemilihan pasar sasaran. Pasar Sasaran adalah seperangkat pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang diputuskan untuk dilayani.

12 Tiga Strategi Peliputan Pasar Yang Dapat Dipilih (Pembidikan Pasar) Pemasaran Tanpa Diferensiasi Pemasaran Tanpa Diferensiasi Strategi peliputan pasar dimana perusahaan mungkin memutuskan untuk mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada pada tiap-tiap segmen pasar, dan masuk ke pasar secara keseluruhan dg satu atawaran. Pemasaran Yang Terdiferensiasi Pemasaran Yang Terdiferensiasi Strategi peliputan pasar dimana perusahaan memutuskan untuk membidik beberapa segmen pasar atau relung pasar dan mendesain tawaran yang terpisah bagi masing2 segmen. Pemasaran Terkonsentrasi Pemasaran Terkonsentrasi Strategi peliputan pasar dimana perusahaan memilih untuk meraih pangsa pasar yang besar pada satu atau beberapa segmen

13 Bauran Pemasaran Perusahaan Pasar Bauran pemasaran perusahaan 1 Segmen 2 Segmen 1 Bauran pemasaran perusahaan 2 Bauran pemasaran perusahaan 3 Segmen 3 Bauran Pemasaran Perusahaan Segmen 3 Segmen 2 Segmen 1 Pemasaran tanpa diferensiasi Pemasaran Terdiferensiasi Pemasaran Terkonsentrasi

14 Tiga Langkah Memilih Strategi Positioning Mengidentifikasi sejumlah keunggulan bersaing yg dapat dijadikan sebagai dasar utk membangun posisi. Mengidentifikasi sejumlah keunggulan bersaing yg dapat dijadikan sebagai dasar utk membangun posisi. Memilih keunggulan bersaing yang tepat Memilih keunggulan bersaing yang tepat Memilih strategi positioning produk secara menyeluruh. Memilih strategi positioning produk secara menyeluruh. Strategi ini hrs dikomunikasikan dan disampaikan kepada pasar. Keunggulan Bersaing adalah keunggulan terhadap pesaing yg diperoleh karena menawarkan kepada konsumen nilai nilai yg lebih besar, baik melalui harga yang lebih murah atau dg memberikan sejumlah manfaat yang lebih banyak yg dpt dijadikan alasan untuk menetapkan harga yg lebih tinggi. Keunggulan Bersaing adalah keunggulan terhadap pesaing yg diperoleh karena menawarkan kepada konsumen nilai nilai yg lebih besar, baik melalui harga yang lebih murah atau dg memberikan sejumlah manfaat yang lebih banyak yg dpt dijadikan alasan untuk menetapkan harga yg lebih tinggi.


Download ppt "Segmentasi Pasar. Pendahuluan Perusahaan-perusahaan tdk mungkin menarik semua konsumen di pasar, atau setidaknya mereka tdk dapat menarik semua konsumen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google