Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MARKETING ASPECS Konsep Dasar Pemasaran DR. YULIZAR KASIH, SE, M.Si PERTEMUAN 9.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MARKETING ASPECS Konsep Dasar Pemasaran DR. YULIZAR KASIH, SE, M.Si PERTEMUAN 9."— Transcript presentasi:

1 MARKETING ASPECS Konsep Dasar Pemasaran DR. YULIZAR KASIH, SE, M.Si PERTEMUAN 9

2 MARKETING? Secara singkat…. “ PROSES PEMBERIAN KEPUASAN KEPADA KONSUMEN UNTUK MENDAPATKAN LABA..”

3 MARKETING? Secara Lengkap….. “ PROSES SOSIAL DAN MANAJERIAL DIMANA INDIVIDU DAN KELOMPOK MEMPEROLEH APA YANG MEREKA BUTUHKAN DAN INGINKAN MELALUI PENCIPTAAN DAN PERTUKARAN PRODUK SERTA NILAI DENGAN PIHAK LAIN..”

4 KONSEP-KONSEP PEMASARAN INTI Kebutuhan, keinginan, Dan permintaan Produk dan Jasa Nilai, Kepuasan, Kualitas PASAR Pertukaran, Transaski, Dan Relasional

5 KEBUTUHAN, KEINGINAN, & PERMINTAAN KEBUTUHAN KEBUTUHAN Kebutuhan manusia adalah keadaan merasa kekurangan Kebutuhan manusia adalah keadaan merasa kekurangan Kebutuhan tdk diciptakan oleh pemasar, tetapi merupakan bagian dasar dari sifat kodrati manusia. Kebutuhan tdk diciptakan oleh pemasar, tetapi merupakan bagian dasar dari sifat kodrati manusia.

6 KEBUTUHAN, KEINGINAN, & PERMINTAAN Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Keinginan dibentuk oleh masyarakatnya dan dikemukakan sebagai obyek yang akan memuaskan kebutuhan tersebut. Keinginan dibentuk oleh masyarakatnya dan dikemukakan sebagai obyek yang akan memuaskan kebutuhan tersebut. Permintaan muncul apabila orang memiliki keinginan dan keinginan tsb didukung oleh daya beli. Permintaan muncul apabila orang memiliki keinginan dan keinginan tsb didukung oleh daya beli.

7 Produk dan Jasa Produk adalah segala yang bisa ditawarkan ke pasar Produk adalah segala yang bisa ditawarkan ke pasar Jasa adalah aktivitas atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual yang secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan atas apapun. Jasa adalah aktivitas atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual yang secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan atas apapun. Tergolong produk : pengalaman, orang, tempat, organisasi, informasi, dan ide-ide… Tergolong produk : pengalaman, orang, tempat, organisasi, informasi, dan ide-ide…

8 Nilai, Kepuasan, dan Kualitas Nilai bagi pelanggan (customer value) merupakan perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut. Nilai bagi pelanggan (customer value) merupakan perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.

9 Nilai, Kepuasan, dan Kualitas Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) tergantung pada anggapan kinerja produk dalam memberikan nilai dalam hitungan relatif terhadap harapan pembeli. Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) tergantung pada anggapan kinerja produk dalam memberikan nilai dalam hitungan relatif terhadap harapan pembeli. Bila kinerja sesuai dg harapan, pembelinya merasa puas. Bila kinerja sesuai dg harapan, pembelinya merasa puas. Kualitas merupakan sifat dan karakteristik total produk atau jasa yang berhubungan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan pelanggan Kualitas merupakan sifat dan karakteristik total produk atau jasa yang berhubungan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan pelanggan

10 Pertukaran, Transaksi, dan Relasional Pertukaran (exchange) adalah tindakan memperoleh obyek yg didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuau sebagai penggantinya. Pertukaran (exchange) adalah tindakan memperoleh obyek yg didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuau sebagai penggantinya. Transaksi terdiri dari perdagangan nilai-nilai diantara dua pihak; pihak yang satu memberikan X kepada pihak lain dan memperoleh Y sebagai penggantinya. Transaksi terdiri dari perdagangan nilai-nilai diantara dua pihak; pihak yang satu memberikan X kepada pihak lain dan memperoleh Y sebagai penggantinya. Dalam transaski pemasar perlu membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan pemasok yang bernilai tinggi Dalam transaski pemasar perlu membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan pemasok yang bernilai tinggi Pemasaran relasional adalah suatu proses penciptaan, pemeliharaan, dan penguatan hubungan yang kuat dan penuh nilai dengan pelanggan dan pemercaya (stakeholders) lainnya. Pemasaran relasional adalah suatu proses penciptaan, pemeliharaan, dan penguatan hubungan yang kuat dan penuh nilai dengan pelanggan dan pemercaya (stakeholders) lainnya.

11 Pasar Pasar adalah kumpulan pembeli yang aktual dan potensial dari sebuah produk. Pasar adalah kumpulan pembeli yang aktual dan potensial dari sebuah produk. Ukuran pasar tergantung pada jumlah orang yang menunjukkan kebutuhan, mempunyai sumber daya untuk melakukan pertukaran, dan bersedia menawarkan sumber daya dalam pertukaran itu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ukuran pasar tergantung pada jumlah orang yang menunjukkan kebutuhan, mempunyai sumber daya untuk melakukan pertukaran, dan bersedia menawarkan sumber daya dalam pertukaran itu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

12 FILOSOFI MANAJEMEN PEMASARAN Ada 5 Konsep… Ada 5 Konsep… 1. Konsep Produksi Filosofi yang menyatakan bahwa pelanggan akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau dan karena itu manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusinya.

13 FILOSOFI MANAJEMEN PEMASARAN 2. Konsep Produk Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk yang memiliki mutu terbaik, kinerja terbaik, dan sifat paling inovatif sehingga organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.

14 FILOSOFI MANAJEMEN PEMASARAN 3. Konsep Penjualan Gagasan yang menyatakan bahwa konsumen tidak membeli produk suatu organisasi dalam jumlah cukup kecuali jika organisasi itu melakukan usaha penjualan dan promosi berskala besar.

15 FILOSOFI MANAJEMEN PEMASARAN 4. Konsep Pemasaran Filosofi manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing.

16 FILOSOFI MANAJEMEN PEMASARAN 5. Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial Gagasan yang menyaakan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing melalui cara-cara yang bersifat memelihara dan memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

17 KONSEP PENJUALAN vs KONSEP PEMASARAN KONSEPTITIK AWAL FOKUSSARANASASARAN AKHIR PENJUALANPabrikProduk yang ada Penjualan dan Promosi Laba melalui volume penjualan PEMASARANPasarKebutuhan pelanggan Pemasaran Terpadu Laba melalui kepuasan pelanggan

18 BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) Bauran Pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Bauran Pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.

19 MARKETING MIX PRODUCTPRICE PROMOTION PLACE - Keragaman produk -Kualitas -Design -Ciri -Nama Merk -Kemasan -Ukuran -Pelayanan -Garansi -Imbalan -Daftar harga -Rabat/diskon -Potongan harga khusus -Periode pembayaran -Syarat kredit -Promosi penjualan -Periklanan -Tenaga penjualan -Kehumasan/PR -Pemasaran Langsung -Saluran pemasaran -Cakupan pasar -Pengelompokan -Lokasi -Persediaan -Transportasi

20 STRATEGI BAURAN PEMASARAN Strategi bauran pemasaran menunjukkan perusahaan yang mempersiapkan suatu bauran tawaran yang terdiri dari produk, jawa, dan harga, dan memanfaatkan sebuah bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, surat langsung, pemasaran jarak jauh, dan internet untuk mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran. Strategi bauran pemasaran menunjukkan perusahaan yang mempersiapkan suatu bauran tawaran yang terdiri dari produk, jawa, dan harga, dan memanfaatkan sebuah bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, surat langsung, pemasaran jarak jauh, dan internet untuk mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran.

21 STRATEGI BAURAN PEMASARAN Perusahaan Produk Pelayanan Harga Promosi Penjualan Surat langsung, Telemarket ing, Internet Public Relation Tenaga Penjualan Periklanan Saluran Distribusi Pelanggan Sasaran

22 4 P PENJUAL VS 4 C PELANGGAN EMPAT PEMPAT C Product (Produk)Customer Solution (Solusi Pelanggan) Price (Harga)Customer Cost (Biaya Pelanggan) Place (Tempat)Convinience (Kenyamanan) Promotion (Promosi)Communication (Komunikasi)

23 Bauran Pemasaran Jasa PRODUK (PRODUCT) PRODUK (PRODUCT) HARGA (PRICE) HARGA (PRICE) PROMOSI (PROMOTION) PROMOSI (PROMOTION) TEMPAT (PLACE) TEMPAT (PLACE) PERSONAL (PEOPLE) PERSONAL (PEOPLE) BUKTI FISIK (PHYSICAL EVIDENCE) BUKTI FISIK (PHYSICAL EVIDENCE) PROSES (PROCESS) PROSES (PROCESS)

24 PERSONAL Seluruh aktor manusia yang mengambil bagian dalam delivery jasa dan turut mempengaruhi persepsi pembeli; yaitu, personel perusahaan, pelanggan dan pelanggan lain dalam lingkungan jasa. Seluruh aktor manusia yang mengambil bagian dalam delivery jasa dan turut mempengaruhi persepsi pembeli; yaitu, personel perusahaan, pelanggan dan pelanggan lain dalam lingkungan jasa. Bagaimana cara mereka berpakaian, penampilan pribadi, sikap dan perilaku mereka akan mempengaruhi persepsi pelanggan. Peran penyedia jasa atau contact person menjadi sangat penting. Bahkan, untuk beberapa produk jasa tertentu, seperti konsultasi, konseling, pengajaran dan jasa profesional berbasis relasi lain, penyedia jasa kerap dianggap sebagai jasa itu sendiri. Bagaimana cara mereka berpakaian, penampilan pribadi, sikap dan perilaku mereka akan mempengaruhi persepsi pelanggan. Peran penyedia jasa atau contact person menjadi sangat penting. Bahkan, untuk beberapa produk jasa tertentu, seperti konsultasi, konseling, pengajaran dan jasa profesional berbasis relasi lain, penyedia jasa kerap dianggap sebagai jasa itu sendiri.

25 BUKTI FISIK Lingkungan tempat jasa di-deliver dan tempat perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, beserta semua komponen tangible yang memfasilitasi kinerja dan komunikasi jasa. Lingkungan tempat jasa di-deliver dan tempat perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, beserta semua komponen tangible yang memfasilitasi kinerja dan komunikasi jasa. Bukti fisik jasa mencakup seluruh representasi jasa yang bersifat tangible, misalnya brosur, kop surat, kartu nama, format laporan, signage dan peralatan pendukung. Kadangkala, hal tersebut mencakup pula fasilitas fisik di mana jasa ditawarkan, misalnya fasilitas kamar hotel. Bukti fisik jasa mencakup seluruh representasi jasa yang bersifat tangible, misalnya brosur, kop surat, kartu nama, format laporan, signage dan peralatan pendukung. Kadangkala, hal tersebut mencakup pula fasilitas fisik di mana jasa ditawarkan, misalnya fasilitas kamar hotel.

26 PROSES Prosedur, mekanisme dan arus aktivitas aktual saat jasa dideliver: delivery dan sistem operasi jasa. Prosedur, mekanisme dan arus aktivitas aktual saat jasa dideliver: delivery dan sistem operasi jasa.


Download ppt "MARKETING ASPECS Konsep Dasar Pemasaran DR. YULIZAR KASIH, SE, M.Si PERTEMUAN 9."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google