Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PEMASARAN Disusun oleh: M. Saifuddin, S.Pd., M.SM. POLITEKNIK NSC Surabaya2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PEMASARAN Disusun oleh: M. Saifuddin, S.Pd., M.SM. POLITEKNIK NSC Surabaya2013."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN PEMASARAN Disusun oleh: M. Saifuddin, S.Pd., M.SM. POLITEKNIK NSC Surabaya2013

2 BAGIAN I MEMAHAMI MANAJEMEN PEMASARAN

3 BAB I PEMASARAN & MANAJEMEN PEMASARAN A. Pengertian Pemasaran A. Pengertian Pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial dimana adalah sebuah proses sosial dan manajerial dimana individu-individu dan kelompok-kelompok individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk dan jasa serta nilai satu mempertukarkan produk dan jasa serta nilai satu sama lain. sama lain.

4 B. Konsep Pemasaran Inti B. Konsep Pemasaran Inti Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide. Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.

5 Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per- janjian dan tempat perjanjian. Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per- janjian dan tempat perjanjian. Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia

6 KONSEP PEMASARAN INTI Needs, wants, and demands Products and services Value, satisfaction, and quality Exchange, transactions, and relationships Markets

7 C. Manajemen Pemasaran C. Manajemen Pemasaran adalah analisis perencanaan, implementasi dan adalah analisis perencanaan, implementasi dan pengendalian atas program-program yang dirancang pengendalian atas program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan menjaga untuk menciptakan, membangun dan menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional. sasaran untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional.

8 D Falsafah Manajemen Pemasaran Ada 5 (lima) konsep pemasaran yang dilakukan organisasi untuk Ada 5 (lima) konsep pemasaran yang dilakukan organisasi untuk menjalankan pemasaran mereka : menjalankan pemasaran mereka : 1. Konsep Produksi: 1. Konsep Produksi: Falsafah yang menyatakan bahwa konsumen akan menyukai Falsafah yang menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan, produk-produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan, dan manajemen sebaiknya memusatkan perhatian pada dan manajemen sebaiknya memusatkan perhatian pada peningkatan efisiensi produksi dan distribusi. peningkatan efisiensi produksi dan distribusi. 2. Konsep Produk: 2. Konsep Produk: Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan mutu, kinerja dan penampilan terbaik dan bahwa menawarkan mutu, kinerja dan penampilan terbaik dan bahwa suatu organisasi sebaiknya mencurahkan tenaganya untuk suatu organisasi sebaiknya mencurahkan tenaganya untuk melakukan perbaikan produk secara berkesinambungan. melakukan perbaikan produk secara berkesinambungan.

9 3. Konsep Penjualan: 3. Konsep Penjualan: Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya-upaya penjualan dan promosi yang gencar. Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya-upaya penjualan dan promosi yang gencar. 4. Konsep Pemasaran Falsafah manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan dengan pesaing. Falsafah manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan dengan pesaing.

10 Perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran:

11 5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan. 5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan. Gagasan bahwa organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan Gagasan bahwa organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dari kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dari pada pesaing sedemikian rupa sehingga mampu memelihara atau pada pesaing sedemikian rupa sehingga mampu memelihara atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

12 PASAR SASARAN DAN SEGMENTASI PASAR SASARAN DAN SEGMENTASI Dalam memasarkan produk-produknya produsen selalu akan Dalam memasarkan produk-produknya produsen selalu akan menentukan pasar sasarannya agar produk yang dijual dapat menentukan pasar sasarannya agar produk yang dijual dapat terserap pasar. terserap pasar. Untuk hal tersebut maka perlu ditentukan terlebih dahulu segmennya. Untuk hal tersebut maka perlu ditentukan terlebih dahulu segmennya. Mereka mengidentifikasi dan membedakan kelompok-kelompok Mereka mengidentifikasi dan membedakan kelompok-kelompok pembeli yang mungkin lebih menyukai atau memerlukan berbagai pembeli yang mungkin lebih menyukai atau memerlukan berbagai produk dan bauran pasar. produk dan bauran pasar. Segmen pasar dapat diindentifikasikan dengan memeriksa Segmen pasar dapat diindentifikasikan dengan memeriksa perbedaan-perbedaan: perbedaan-perbedaan: - Demografis - Demografis - Psikografis - Psikografis - Perilaku dikalangan pembeli - Perilaku dikalangan pembeli

13 BAURAN PEMASARAN BAURAN PEMASARAN Bauran pemasaran : Bauran pemasaran : adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. McCharty mengklasifikasikan bauran pemasaran menjadi 4 Kelompok: McCharty mengklasifikasikan bauran pemasaran menjadi 4 Kelompok: - Product (produk) - Product (produk) - Price (harga) - Price (harga) - Place (tempat) - Place (tempat) - Promotion (promosi) - Promotion (promosi)

14 Bagan Bauran Pemasaran Bagan Bauran Pemasaran


Download ppt "MANAJEMEN PEMASARAN Disusun oleh: M. Saifuddin, S.Pd., M.SM. POLITEKNIK NSC Surabaya2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google