Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Agung Utama.  Pentingnya pemasaran  Ruang lingkup pemasaran:  Apa itu pemasaran  Apa yang dipasarkan  Siapa yang memasarkan  Konsep inti dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Agung Utama.  Pentingnya pemasaran  Ruang lingkup pemasaran:  Apa itu pemasaran  Apa yang dipasarkan  Siapa yang memasarkan  Konsep inti dalam."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Agung Utama

2  Pentingnya pemasaran  Ruang lingkup pemasaran:  Apa itu pemasaran  Apa yang dipasarkan  Siapa yang memasarkan  Konsep inti dalam pemasaran  Realitas pemasaran baru  Orientasi perusahaan terhadap pasar

3  Ketergantungan departemen fungsional lain (Operasi, SDM, Akuntansi) terhadap departemen pemasaran dikarenakan departemen-departemen tersebut tidak akan berarti bilamana tidak terdapat cukup permintaan produk dan jasa sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan.  Hasil survei tentang 10 tantangan terbesar yang dihadapi para CEO perusahaan –perusahaan berskala internasional menyatakan bahwa: “pertumbuhan pedapatan yang stabil dan berkelanjutan serta loyalitas pelanggan” menempati peringkat 5 besar dari 10 tantangan terbesar yng dihadapi para CEO tersebut.

4  Inti dari pemasaran : mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.  Definisi pemasaran :  Memenuhi kebutuhan dengan cara yangmenguntungkan.  Menciptakan penawaran dan penjualan (telling and selling).  Proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba.  Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan pihak lain.

5  Menangani proses pertukaran dalam pemasaran membutuhkan keterampilan, kerja, serta keterlibatan pihak lain sebagai respon pertukaran  Manajemen pemasaran: seni dan ilmu memilih dan meraih pasar sasaran, mempertahankan serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan.

6  10 Tipe Entitas yang Dipasarkan 1.Barang 2.Jasa 3.Acara 4.Pengalaman 5.Orang 6.Tempat 7.Properti 8.Organisasi 9.Informasi 10.Ide

7  Pelaku dalam Pemasaran:  Pemasar : pencari respons (perhatian, pembelian, dukungan, serta sumbangan dari pihak lain/prospek).  Prospek : pemberi respons  Pasar  Definisi tradisional : tempat pembeli dan penjual berkumpul  Definisi moderen: Sekumpulan pembeli dan penjual yang bertransaksi atas suatu produk atau kelas produk tertentu (pasar perumahan, pasar uang, pasar tembakau).

8 Pasar sumberdaya Pasar pemerintah pasar perantara Pasar konsumen Pasar produsen

9  Pemasar sering menggunakan istilah pasar (market) untuk menyebut berbagai kelompok pelanggan.  Mereka (pemasar) memandang penjual sebagai industri serta pembeli/kelompok pelanggan sebagai pasar.  Dalam konteks demikian terdapat berbagai istilah pasar:  Pasar kebutuhan (diet-seeking market)  Pasar produk (pasar sepatu)  Pasar demografis (anak muda)  Pasar geografis (pasar perancis)  Pasar tenaga kerja, dll.

10  Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan  Produk dan jasa  Nilai, Kepuasan dan Kualitas  Pertukaran, Transaksi dan Relasional  Pasar

11  Kebutuhan: keadaan merasa kekurangan, meliputi:  -kebutuhan dasar (makanan, pakaian, dlll), -kebutuhan sosial (perhatian, kebersamaan), -kebutuhan individu (pengetahuan dan ekspresi diri).  Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian. Misalnya: orang Jogja, butuh makanan, tetapi ingin nasi, tiwul dan segelas teh panas.  Permintaan : keinginan yang didukung oleh daya beli.

12  Produk: segala hal yang bisa ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang bisa memuaskan kebutuhan atau keinginan. Mencakup obyek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, ide.  Jasa: segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu pihak yang secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan atas apapun. Misalnya jasa perbankan, airline, rumah sakit, dll.

13  Nilai : perbedaan antara manfaat yang dinikmati pelanggan karena memiliki dan menggunakan suatu produk dengan biaya untuk memiliki produk tersebut.  Kepuasan : tingkatan persepsi pengguna terhadap kesesuaian antara kinerja produk dengan harapannya.  Kualitas : sifat dan karakteristik total produk atau jasa dengan kemampuannya memuaskan pelanggannya. (ASFQM)

14  Pertukaran: tindakan memperoleh obyek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya.  Transaksi : perdagangan diantara dua pihak yang mencakup dua barang yang bernilai, persyaratan yang disetujui, waktu persetujuan dan tempat persetujuan.  Pemasaran Relasional : proses penciptaan, pemeliharaan, dan penguatan hubungan yang kuat dan penuh nilai dengan pelanggan dan pihak lainnya.

15  Kumpulan pembeli yang aktual dan potensial dari sebuah produk.  Hubungan antara penjual dan pembeli digambarkan sbb: Pasar (kumpulan pembeli) Industri (kumpulan penjual) komuniksi Produk-jasa uang informasi

16 pemasok perusahaan pesaing Perantara pemasaran Pengguna akhir lingkungan

17 “Pasar sudah tidak seperti dulu lagi” - Kekuatan Masyarakat Utama - Lahirnya perilaku, peluang dan tantangan baru karena pasar telah berbeda secara radikal yang dipengaruhi oleh: teknologi informasi jaringan, globalisasi, deregulasi, privatisasi, persaingan yang meningkat, konvergensi industri, resistensi konsumen. - Kemampuan Baru Konsumen - Perubahan loyalitas serta kepekaan konsumen karena memiliki kemampuan baru mencakup: peningkatan daya beli, ragam barang dan jasa yang lebih banyak, ketersediaan informasi secara luas, kemudahan melakukan dan menerima pesanan, dll.

18 - Kemampuan Baru Perusahaan Perpaduan kekuatan baru yang menghasilkan serangkaian kemampuan baru perusahaan melalui penggunaan internet dalam memperluas jaringan distriusi serta promosi produk, kemampuan melakukan riset pasar secara lebih baik, komunkasi dengan pelanggan secara lebih cepat dan intensif, kemampuan melayani pelanggan dan menjangkau pelanggan yang sedang bepergian melalui “mobile marketing” serta kemampuan perusahaan untuk memproduksikan produk yang didesain secara pribadi berkat kemajuan dalam teknologi pabrik, internet, komputer.

19  Konsep Produksi: pelanggan menyukai produk yang tersedia dalam jumlah banyak dan harganya terjangkau (murah), sehingga manajemen harus berfokus pada efisiensi produksi yang tinggi, biaya rendah, serta distribusi masal. Contoh: operasi produksi “lenovo” di china.  Konsep Produk : Konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas, kinerja, dan inovasi terbaik. Manager berkonsentrasi untuk membuat produk yang unggul dan senantiasa memutakhirkannya.

20  Konsep Penjualan : konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah banyak kecuali organisasi melakukan promosi dan usaha penjualan dalam secara agresip. Konsep ini dipraktikkan secara agresip untuk barang-barang yang tidak dicari (unsought goods) seperti: asuransi.  Konsep Pemasaran : pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampain kepuasan yang diinginkan secara lebih efektip dan efisien dibandingkan pesaing.

21  Menurut levitt terdapat perbedaan antara konsep penjualan dan konsep pemasan. Konsep PenjualanKonsep Pemasaran 1.Fokus: 2.Dasar: Kebutuhan penjual Kebutuhan penjual untuk mengubah produknya menjadi uang 1.Fokus: 2.Dasar: Kebutuhan pembeli Kepentingan memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk.

22  Organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan dan minat pasar sasaran serta harus memberikan nilai yang unggul kepada pelanggan dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.  Menurut konsep ini, konsep pemasaran murni mengabaikan kemungkinan konflik antara keinginan jangka pendek kosumen dan kesejahteraan jangka panjang konsumen.  Konsep pemasaran berwawasan sosial menuntut pemasar untuk mempertimbangkan perannya dalam konteks etika, lingkungan, hukum dan sosial dalam praktik pemasarannya.  Misalnya: Perusahaan printer HP telah memperkenalkan produk printer yang bisa di daur ulang.

23  Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran  Menangkap pemahaman pemasaran  Berhubungan dengan pelanggan  Membangun merek yang kuat  Membentuk penawaran pasar  Menghantarkan nilai  Mengkomunikasikan nilai  Menciptakan pertumbuhan jangka panjang


Download ppt "Oleh: Agung Utama.  Pentingnya pemasaran  Ruang lingkup pemasaran:  Apa itu pemasaran  Apa yang dipasarkan  Siapa yang memasarkan  Konsep inti dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google