Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI (Aplikasi Jaringan) Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI (Aplikasi Jaringan) Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI (Aplikasi Jaringan) Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum

2 Cakupan Teknologi Informasi Teleko munikasi Teknologi Informasi Komputer Jaringan digital Audio,video Komunikasi optik

3 Fungsi Ti – Mengatur informasi-informasi yang ada di dalam suatu lembaga informasi, serta mengusahakannya agar mudah untuk proses temu balik. – Meng-akses pangkalan data luar (Ekstern), yaitu pangkalan data dari lembaga-lembaga lain, maupun belahan dunia lain.

4 Fungsi Ti – Meringankan beban kerja – Efisien: menghemat waktu dan tenaga staf – Meningkatkan jasa perpusdokinfo – Membangun jaringan kerja dan kerjasama.

5 Ruang Lingkup TI TI Produk (teori) Aplikasi Produk (Praktis) Pengembangan sistem, konsep Bidang industri, keuangan, militer, perpustakaan, dll

6 Pengembangan sistem dan konsep -Pengembangan teori -Penemuan baru -Perpaduan konsep Aplikasi produk -Penerapan TI dilapangan kerja

7 Apllikasi teknologi informasi dan komunikasi Video confrence  berkomunikasi dengan suara dan video secara realtime computing  proses data dengan banyak komputer menggunakan 1 data storage.

8 Apllikasi teknologi informasi dan komunikasi Virtual Office  representasi suatu kantor, bekerja tidak perlu pergi ke kantor. (kerja tanpa kantor) Smart television  sistem pemancar TV melalui singal digital sehingga dapat ditayangkan melalui sistem komputer

9 Cara melakukan komunikasi Simplex communication, yaitu komunikasi satu arah Half-duplex communication, yaitu komunikasi 2 arah, tetapi bergantian. Ex: Handy Talky (HT). Full-duplex communication, yaitu komunikasi 2 arah secara langsung ex: telephone

10 Jaringan komputer Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang bersifat mandiri (autonomous) yang saling terhubung dan dapat saling bertukar informasi atau berkomunikasi. Di awali dari model komputer tunggal ---- > Model kelompok komputer yang saling berhubungan dalam melakukan tugas.

11 Manfaat jaringan komputer Jaringan komputer untuk perusahaan, Di gunakan oleh perusahaan memiliki cabang di beberapa lokasi yang saling berjauhan, menghubungkan sistem yang saling terkait pada setiap cabang perusahaan tersebut. Jaringan komputer untuk umum, merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk dapat saling bertukar informasi dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh.

12 Topologi jaringan Bus memiliki sebuah saluran kabel panjang dimana tiap komputer disambungkan ke salah satu tempat dari saluran tersebut. Kelemahan dari topologi ini adalah jika komputer di tengah mati, maka antara komputer yang paling ujung dengan ujung yang lain menjadi terputus koneksinya.

13 Topologi jaringan Star atau bintang, memiliki bentuk seperti bintang dimana terdapat sebuah perangkat di pusat yang dapat menghubungkan semua kabel yang terhubung ke setiap komputer. Keunggulan dari topologi ini adalah jika ada komputer yang tidak aktif, maka tidak akan mempengaruhi yang lain.

14 Topologi jaringan Ring atau cincin, memiliki bentuk melingkar pada kabel yang menghubungkan setiap komputer.

15 Perangkat jaringan komputer Bagian utama dari jaringan komputer adalah sistem koneksi antar komputer. Sistem sambungan yang dipakai untuk menghubungkan setiap komputer adalah: Kabel, merupakan media yang menghubungkan setiap komputer secara fisik. Beberapa jenis kabel yang digunakan pada jaringan komputer adalah twisted pair, koaksial, serat optik, kabel telepon, kabel serial, dll.

16 Perangkat jaringan komputer Wireless, merupakan media yang menghubungkan setiap komputer tanpa menggunakan kabel. Sistem ini menggunakan teknologi gelombang elektromagnetik untuk mentransmisikan informasi antar satu komputer dengan komputer lain.

17 Perangkat jaringan komputer Satelit komunikasi, merupakan alat yang beroperasi dengan cara mengorbit pada permukaan bumi. Beberapa jenis satelit komunikasi adalah Geostationary Earth Orbit (GEO), Medium Earth Orbit (MEO), dan Low Earth Orbit (LEO).

18 Jenis teknologi transmisi Sistem broadcast. Sistem broadcast memungkinkan pengalamatan ke semua tujuan dengan menggunakan pengkodean khusus pada alamat. Sistem seperti ini biasanya disebut sebagai broadcasting. Hal ini memang tergantung dari kesepakatan yang harus didefinisikan pada setiap komputer yang ada pada jaringan komputer. contoh: siaran televisi, siaran radio

19 Jenis teknologi transmisi * Sistem point to point. Sistem point-to-point jaringan komputer yang terdiri atas koneksi pasangan-pasangan dari komputer-komputer yang ada. Jika sebuah paket dikirimkan dengan sistem ini, maka mesin yang tidak dituju tidak akan menerima paket tersebut. Biasanya sistem ini dipakai pada jaringan skala besar.

20 Jenis jaringan Local Area Network (LAN) Local Area Network merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau instansi yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer- komputer pribadi dan workstation dalam kantor sebuah instansi. Tujuan dari membentuk jaringan ini adalah untuk dapat memakai sumber daya maupun peralatan lain (seperti printer, scanner, dll) secara bersama- sama dan untuk saling bertukar informasi.

21 Jenis jaringan Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN biasanya dipakai pada instansi yang memiliki beberapa kantor yang terpisah atau sebuah kota yang saling terhubung, baik untuk kepentingan pribadi maupun umum. dengan kata lain, MAN merupakan penggabungan dari dua atau lebih LAN.

22 Jenis jaringan Wide Area Network (WAN) Wide Area Network memiliki cakupan daerah geografis yang cukup luas, bahkan sampai mencakup negara dan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi pemakai). Mesin-mesin tersebut dinamakan sebagai host. Setiap host dihubungkan oleh sebuah jaringan yang membentuk sebuah subnet.

23 Analog VS Digital Analog -Teknologi lama -Dirancang untuk voice -Tidak efisien untuk data -Banyak noisy dan rentan error -Kecepatan rendah Digital -Teknologi Baru -Dirancang untuk voice dan data -Lebih sedikit noisy -Kecepatan tinggi -Signal digital bisa dikonversi ke analog


Download ppt "FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI (Aplikasi Jaringan) Oleh: Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI, M.Hum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google