Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L O G O One_HSPK Wanhendra.M,S.kom. One_HSPK Apakah SPK 1960-1970 1 Efektivitas dan Produktifitas 2 Sistem Interaktif 3 Decision Marker 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L O G O One_HSPK Wanhendra.M,S.kom. One_HSPK Apakah SPK 1960-1970 1 Efektivitas dan Produktifitas 2 Sistem Interaktif 3 Decision Marker 4."— Transcript presentasi:

1 L O G O One_HSPK Wanhendra.M,S.kom

2 One_HSPK Apakah SPK Efektivitas dan Produktifitas 2 Sistem Interaktif 3 Decision Marker 4

3 One_HSPK Alasan memerlukan SPK  SPK sering dianggap sebagai keberhasilan dari suatu organisasi.  Manajemen mengamanatkan perlunya SPK dalam organisasi.  Informasi yang dibutuhkan tergantung pada waktu (sesuai situasi dan kondisi).  Perlunya penghematan biaya operasional.  Membutuhkan informasi yang akurat dan baru secara cepat.

4 One_HSPK Tujuan SPK  Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur  Mendukung penilaian atau keputusan manajer bukan menggantikannya.  Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensinya.

5 One_HSPK Subsistem Pembentukan SPK 1. Data Management terdiri dari elemen:  DSS Database  Database Management System  Data Directory  Query Directory 2. Model Management  Model Base Management System  Model base Management System  Model Directory  Modeling Language

6 One_HSPK TUGAS BESAR 1.Buat Makalah SPK, Bebas Tentang apa saja. 2.Aplikasikan pada sebuah Program apa saja yang bisa! 3.Sesudah Uts Dipresentasikan! 4.Untuk Aplikasi Program Dikumpulkan paling lambat waktu UAS! 5.Satu kelompok 3 Orang!...

7 One_HSPK ____________________

8 One_HSPK TINGKATAN MANAJEMEN

9 One_HSPK KOMPONEN-KOMPONEN SPK

10 One_HSPK SPK Memiliki 3 Subsistem utama 1.Subsistem manajemen basis data 2.Subsistem manajemen basis model 3.Subsistem perangkat lunak penyelenggara dialog

11 One_HSPK Kemampuan manajemen basis data  Kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai variasi dan melalui pengambilan dan ektraksi data.  Untuk menambah sumber data secara cepat dan mudah.  Menggambar struktur data logika sesuai dengan pengertian pemakai  Mengelola berbagai variasi data.  Menangani data secara personil

12 One_HSPK Kemampuan manajemen basis model  Dapat menciptakan model-model baru secara cepat dan mudah.  Dapat mengakses dan mengintegrasikan model-model keputusan.  Dapat mengelola basis model dengan fungsi manajemen yang analog dan manajemen data base.

13 One_HSPK Kemampuan Dialog  Kemampuan untuk menangani berbagai pariasi gaya dialog  Kemampuan mengakomondasi tindakan pemakai dengan berbagai peralatan masukan.  Kemampuan untuk menampilkan data dengan berbagai variasi format dan peralatan keluaran.  Kemampuan untuk memberikan dukungan yang fleksibel untuk mengetahui basis pengetahuan pemakai.

14 One_HSPK Pendekatan pengembangan SPK  Tingkat teknologi SPK  Pihak-pihak yang berperan dalam pengambangan SPK  Pengembangan SPK  Arsitektur SPK

15 One_HSPK Tingkat Teknologi SPK 1.SPK Khusus (Spesifi DSS) > Redy, perangkat h/s yang memungkinkan pembuat keputusan menyelesaikan sekumpulan masalah yang saling berhubungan. Ex: Sistem interaktif grafik dalam evaluasi penjadwalan produksi 2.Pembangkit SPK (DSS Generator) > Peragkat h/s yang mempunyai kemampuan untuk mengambangkan SPK khusus secara cepat dan mudah. Ex: Penyiapan laporan, Bahasa simulasi, tampilan grafik 3.Peralatan SPK (DSS Tools) > Elemen-elemen perangkat h/s yang digunakan untuk mengembangkan SPK spesifik maupun pembangkit SPK Ex: Basic, Fortran, C, Pascal

16 One_HSPK Pihak-pihak yang berperan dalam pengambangan SPK Terdapat 5 pihak yang berperan dalam pengembangan SPK: 1.Manajer/Pemakai yaitu pihak yang terlibat langsung dengan proses pengambilan keputusan. 2.Penghubung yaitu pihak yang membantu pemakai mungkin seorang asisten yang bertugas menjalankan terminal 3.Pembangun SPK yaitu pihak yang mengembangkan SPK khusus dari pembangkit SPK. 4.Pendukung teknik yaitu pihak yang mengembangkan tambahan kemampuan atau komponen SI yang dibutuhkan dalam pengembangan pembangkit SPK. 5.Pengembang peralatan yaitu pihak yang mengembangkan teknologi baru (baik h/s) dan yang meningkatkan efisiensi hubungan antar subsistem dalam SPK.

17 One_HSPK Pengembagan SPK ROMC ( Representations, operations,memory Aids, Control mechanism ) Komponen ROMC 1.Representasi : aktivasi dalam proses pengambilan keputusan terjadi dalam konteks konseptualisasi informasi yang digunakan dalam aktifasi tersebut, Konseptualisasi ini berupa peta, gambar, grafik dll. 2.Operasi: operasi dalam pengambilan keputusan dalam SPK guna melakukan analisis dan manipulasi terhadap representasi 3.Bantuan memori: untuk mendukung penggunaan representasi dan operasi (database, tempat kerja) 4.Mekanisme kontrol: untuk mendukung berbagai variasi proses pengambilan keputusan dan variasi dan jenis- jenis keputusan.

18 L O G O One_HSPK


Download ppt "L O G O One_HSPK Wanhendra.M,S.kom. One_HSPK Apakah SPK 1960-1970 1 Efektivitas dan Produktifitas 2 Sistem Interaktif 3 Decision Marker 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google