Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System) Tujuan : memahami prinsip dasar Sistem Penunjang Keputusan serta konsep dan rancang bangun sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System) Tujuan : memahami prinsip dasar Sistem Penunjang Keputusan serta konsep dan rancang bangun sistem."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System) Tujuan : memahami prinsip dasar Sistem Penunjang Keputusan serta konsep dan rancang bangun sistem penunjang keputusan

2 What are we will discuss about ?  Definisi SPK  Komponen Utama SPK  Arsitektur SPK  Contoh implementasi SPK

3 Keputusan ? Keputusan bukan suatu tujuan yang ingin diperoleh, melainkan hanya sarana atau alat untuk mencapai tujuan. Model Rasional dalam pengambilan keputusan :

4 Sistem Berbasis Komputer Electronic Data Processing (EDP) : sistem yang digunakan untuk tingkat operasional yang memfokuskan pada penanganan data. Management Information System (MIS) : sistem yang dapat menghasilkan informasi untuk digunakan oleh manajemen tingkat menengah untuk fungsi pengendalian. Expert System (ES) : sistem yang memberikan satu keputusan yang sangat spesifik untuk manajemen tingkat atas. Decision Support System (DSS) ???

5 Decision Support System Muncul pertama kali 1970-an oleh Scott- Morton. DSS didefinisikan sebagai suatu sistem interaksi berbasis komputer yang dapat membantu para pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk memecahkan persoalan yang bersifat tidak terstruktur.

6 ES vs DSS ES memiliki komponen inferensi yang berbeda dengan DSS, karena adanya perbedaan output yang dihasilkan. DSS menghasilkan keputusan yang masih perlu mendapatkan pertimbangan keahlian dari pengguna, sementara ES bertujuan untuk membuat keputusan tanpa ada pertimbangan keahlian dari pengguna. Pada tahap desain, DSS dan ES berfokus pada diagram pengambilan keputusan dengan berbagai peluang dan ketidakpastian.

7

8 Empat Karakteristik Utama dari DSS 1.DSS menggabungkan data dan model menjadi satu bagian. 2.DSS dirancang untuk membantu para manajer (pengambil keputusan) dalam proses pengambilan keputusan dari masalah yang bersifat semi struktural (atau tidak terstruktur). 3.DSS lebih cenderung dipandang sebagai penunjang penilaian manajer dan sama sekali bukan untuk menggantikannya. 4.Teknik DSS dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas dari pengambil keputusan.

9 Karakteristik pokok yang melandasi SPK 1.Interaksi langsung antara komputer dengan pengambil keputusan. 2.Dukungan menyeluruh dari keputusan bertahap ganda 3.Suatu sintesa dari konsep yang diambil dari berbagai bidang, antara lain ilmu komputer, psikologi, intelegensia buatan, ilmu sistem dan ilmu manajemen. 4.Mempunyai kemampuan adaptif terhadap perubahan kondisi dan kemampuan berevolusi menuju sistem yang lebih bermanfaat.

10 Tiga komponen DSS 1.Manajemen Data Termasuk didalamnya adalah database yang berisi data yang berhubungan dengan sistem yang diolah menggunakan perangkat lunak yang disebut manajemen basis data. 2. Manajemen Model Yaitu paket perangkat lunak yang terdiri dari model finansial, statistikal, ilmu manajemen atau model kuantitatif lain yang menyediakan kemampuan sistem analisis 3. Subsistem Dialog Sub sustem yang menghubungkan pengguna dengan perintah-perintah DSS

11 Struktur DSS Landasan utama dalam pengembangan DSS untuk model manajeman adalah konsepsi model. Konsepsi model ini diperlukan untuk menggambarkan secara abstrak tiga komponen utama sistem penunjang keputusan, yaitu : –Pengambil keputusan –Model –Data Struktur DSS terdiri dari data yang tersusun dalam Sistem Manajemen Basis Data (SMBD), kumpulan model yang tersusun dalam Sistem Manajemen Basis Model (SMBM), sistem pengolahan problematik, sistem manajemen dialog dan pengguna.

12 Struktur Dasar SPK DataModel Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) Sistem Manajemen Basis Model (SMBM) Sistem Pengolahan Problematik Sistem Pengolahan Dialog Pengguna

13 M o d e l Model merupakan inti dari rancang bangun DSS karena model harus dapat menghasilkan keputusan yang efektif bagi pengguna. Semakin cangggih model yang direkayasa semakin kecil bias keputusan yang dihasilkan. Model memperlihatkan hubungan-hubungan langsinmg maupun tidak langsung serta kaitan timbal balik dalam istilah sebab akibat.

14 Struktur Pendekatan Sistem pada Proses Pengambilan keputusan Direktif Strategis Taktis Operasional fbiffi

15 Proses Perancangan 1.Menentukan domain persoalan (yang akan dipecahkan). 2.Mendefinisikan persoalan. 3.Menentukan perangkat lunak dan perangkat keras. 4.Menguji dan mengevaluasi model 5.Menggunakan model 6.Memelihara sistem

16 Bagan Alir Pengembangan Aplikasi DSS (1) Analis SistemPengguna Langkah 1 Menentukan domain persoalan Mendefinisikan persoalan Menentukan perangkat lunak dan perangkat keras Membangun prototipe sistem Langkah 2 Langkah 3 Langkah 4 A Perlu dirancang ulang Perlu dirancang ulang B

17 Bagan Alir Pengembangan Aplikasi DSS (2) AB Menguji dan Mengevaluasi Model Menggunakan Model Memelihara Sistem Langkah 7 Langkah 6 Langkah 5 Analis SistemPengguna

18 Contoh : KONFIGURASI DSS


Download ppt "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System) Tujuan : memahami prinsip dasar Sistem Penunjang Keputusan serta konsep dan rancang bangun sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google