Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Suparno Blog : Pengertian dan Definisi Terminologi dalam Basis Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Suparno Blog : Pengertian dan Definisi Terminologi dalam Basis Data."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Suparno Blog : Pengertian dan Definisi Terminologi dalam Basis Data

2 Data dan Informasi Data => nilai (value) yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event). Informasi => hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya, menggambarkan suatu kejadian nyata (fact), digunakan untuk pengambilan keputusan.

3 Data dan Informasi Data lebih bersifat historis. Informasi mempunyai tingkatan yang lebih tinggi, lebih dinamis, serta mempunyai nilai yang sangat penting.

4 Sistem Informasi Merupakan kombinasi dari orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian internal dan eksternal yang penting serta menyediakan informasi dasar untuk pengambilan keputusan

5 Sistem Informasi Manajemen Sekumpulan elemen yang saling berhubungan, berinteraksi dan bekerjasama antara berbagai bagian dengan cara tertentu untuk melakukan pengolahan dan pemasukan data, menghasil- kan keluaran berupa informasi yang berguna dan mempunyai nilai nyata, sebagai dasar pe- ngambilan keputusan, mendukung kegiatan manajemen dan operasional dengan meman- faatkan berbagai sumberdaya yang ada bagi proses tersebut guna mencapai tujuan organi- sasi.

6 Komponen Sistem Informasi Hardware : CPU, Disk, Terminal, Printer Software : Sistem Operasi, Sistem Basis Data, Program Aplikasi Personil : Operator Sistem, Penyedia Masukan, Pengguna Keluaran Data : data yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu Prosedur : instruksi dan kebijaksanaan untuk mengoperasikan sistem

7 Basis Data Suatu kumpulan data terhubung yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, diorganisasikan berdasar- kan sebuah skema atau struktur tertentu, dan memerlukan bantuan software dalam melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

8 Sistem Manajemen Basis Data Database Management System (DBMS) Merupakan perangkat lunak yang didesain untuk melakukan penyimpan- an dan pengaturan basis data. DBMS juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data bersama (share), pemaksaan keakuratan data, dan lainnya.

9 Pentingnya DBMS 1.Independensi data dan akses yang efisien. 2.Mereduksi waktu pengembangan aplikasi. 3.Integritas dan keamanan data. 4.Administrasi keseragaman data. 5.Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crash.

10 Peranan Basis Data SIM berperan sebagai sistem karena mempunyai ruang lingkup yang relatif lebih luas dan lebih kompleks. Sistem basis data merupakan subsistem karena menjadi bagian dan berada di dalam SIM (infrastruktur SIM).

11 Peranan Basis Data Sistem basis data adalah sistem informasi yg mengintegrasikan kumpulan dari data yg saling berhubungan satu dgn yg lain dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam- macam di dalam suatu organisasi. Keberadaan sistem basis data di dalam SIM adalah Mutlak. SIM tidak akan terwujud tanpa melibatkan basis data

12 Peranan Basis Data DBS DBMS DSS MIS TPS Database System Database Management System Transaction Processing System Management Information System Decisson Support System

13 Selesai Ada Pertanyaan ? Slide Materi Download di


Download ppt "Oleh : Suparno Blog : Pengertian dan Definisi Terminologi dalam Basis Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google