Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi Penunjang Manajer Puncak 1. Sistem Informasi Pemasaran 2. Sistem Informasi Manajemen 3. Decision Support System (DSS)/Sistem Pendukung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi Penunjang Manajer Puncak 1. Sistem Informasi Pemasaran 2. Sistem Informasi Manajemen 3. Decision Support System (DSS)/Sistem Pendukung."— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi Penunjang Manajer Puncak 1. Sistem Informasi Pemasaran 2. Sistem Informasi Manajemen 3. Decision Support System (DSS)/Sistem Pendukung Keputusan 4. Executive Support System (ESS)/Sistem Pendukung Eksekutif Puncak, sering juga disebut Sistem Informasi Eksekutif

2 Sistem Informasi Pemasaran (SIP) Definisi: suatu sistem informasi yang dibangun dengan maksud untuk membantu manajer perusahaan menangani proses pemasaran dan penjualan produk atau jasa perusahaan. a. Sistem Informasi Pemasaran: membantu untuk mengidentifikasi pelanggan dari jasa atau produk perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka, mempromosikan produk dan jasa); dan b. Sistem Informasi Penjualan: menunjang proses penjualan produk dan jasa serta menerima pesanan, menghubungi pelanggan, dan menyediakan sistem pendukungan pelanggan.

3 Sistem Informasi Manajemen (SIM) Definisi: suatu sistem hubungan manusia dan mesin (komputer) yang berfungsi untuk mengum-pulkan dan mengolah data menjadi informasi yang akan dipakai manajemen membuat keputusan. a. Sistem informasi manajemen (SIM) melayani kepentingan manajer madia melalui penyediaan informasi kinerja historis dan yang sekarang untuk menopang perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan di tingkatan manajemen. b. SIM secara khas memanfaatkan data SIA untuk menyajikan laporan reguler pada operasi dasar perusahaan

4 Pengertian Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.

5 Tujuan Umum  Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.  Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.  Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

6 Akses Informasi Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).

7 Proses Manajemen Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas- aktivitas:  Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.

8 Proses Manajemen (Continued) Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas- aktivitas:  Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.

9 Proses Manajemen (Continued) Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas- aktivitas:  Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.alternative

10 SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:  Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan. Sistem informasi akuntansi  Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.

11 SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi: (Continued)  Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).  Sistem informasi personalia (personnel information systems).  Sistem informasi distribusi (distribution information systems).  Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).

12 D S S Sistem Pendukung Keputusan (DSS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk membantu para manajer untuk membuat keputusan non-routine yang unik pada level manajer madia. 1. DSS berfokus pada hal yang unik dan cepat berubah, dan tidak mudah menetapkan proses penetapannya lebih dahulu. 2. DSS lebih analitis dibanding dengan SIM, menggunakan berbagai model untuk meneliti data internal dan eksternal atau menyaring sejumlah data berukuran besar untuk dianalisis.

13 E S S/Sistem Pakar Sistem Pendukung Eksekutip (ESS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang menyediakan suatu lingkungan komunikasi dan komputasi untuk membantu para manajer senior membuat keputusan strategis yang tidak rutin. ESS ini menyediakan perhitungan secara umum yang mengidentifikasi kecenderungan jangka panjang dari perusahaan dan lingkungannya. ESS menangani keputusan nonroutine yang menuntut pertimbangan, evaluasi, dan pengertian yang mendalam sebab tidak ada prosedur yang telah disetujui untuk solusi masalah yang demikian (tidak rutin). ESS menyajikan data dan grafik dari sumber internal dan eksternal yang banyak melalui alat penghubung antar- muka yang mudah dipakai oleh para manajer senior. Sering informasi dikirimkan ke para eksekutip senior melalui suatu pintu gerbang (portal), yang menggunakan hubungan antar-muka Web untuk menyajikan informasi bisnis terintegrasi secara personalisasi.

14 Model TPS (SIA)

15 Integrasi TPS (SIA) & MIS


Download ppt "Sistem Informasi Penunjang Manajer Puncak 1. Sistem Informasi Pemasaran 2. Sistem Informasi Manajemen 3. Decision Support System (DSS)/Sistem Pendukung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google