Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi E-Busines Dr. Lana Sularto. ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION Enterprise Application Integration (EAI) atau dikenal dengan integrasi aplikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi E-Busines Dr. Lana Sularto. ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION Enterprise Application Integration (EAI) atau dikenal dengan integrasi aplikasi."— Transcript presentasi:

1 Teknologi E-Busines Dr. Lana Sularto

2 ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION Enterprise Application Integration (EAI) atau dikenal dengan integrasi aplikasi perusahaan digunakan oleh banyak perusahaan untuk menghubungkan aplikasi e-business seperti ERP dan CRM.

3 Enterprise Resource Planning (ERP) Enterprise Resource Planning (ERP) atau Perencanaan sumber daya Perusahaan : Sistem perusahaan yang bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan fungsi sumber daya manusia

4 Enterprise Resource Planning (ERP) ERP  syarat penting : Integrasi. Integrasi : menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen sharing informasi atau berbagi informasi dan berkomunikasi dengan departemen lainnya

5 Enterprise Resource Planning (ERP) Peran ERP dalam suatu organisasi : 1.Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis 2.Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise 3.Menghasilkan informasi yang real-time 4.Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan

6 Konsep Dasar ERP

7 Evolusi Sistem ERP

8 Costumer Relationship Managenet (CRM) CRM adalah sebuah istilah industry TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan. Produk CRM yang ternama : SAP CRM, yang merupakan salah satu dari lima aplikasi enterprise di dalam Business Suite SAP. Contoh vendor lainnya adalah Salesforce.com, aplikasi CRM dari Oracle, Siebel Systems, PeopleSoft, Juga tersedia CRM open source seperti SugarCRM

9 Mengapa perlu CRM? Karena tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar. Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada. Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita. Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual.

10 Enterprise Application Integration

11 TRANSACTION PROCESSING SYSTEM Transaksi merupakan berbagai kegiatan yang terjadi sebagai bagian dari aktivitas bisnis, seperti penjualan, pembelian, penyimpanan, penarikan, pengembalian dan pembayaran.

12 ENTERPRISE COLLABORATION SYSTEM Merupakan sistem informasi lintas fungsi untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama diantara para anggota tim bisnis dan kelompok kerja. Tujuan dari sistem kerjasama perusahaan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama yang lebih mudah, efektif dan efisien dalam berbagai hal, misalnya: a)berkomunikasi; b) berkoordinasi dan c) bekerjasama.

13 ENTERPRISE COLLABORATION SYSTEM

14 Cross Functional Enterprise Application

15 Enterprise Application Architecture

16 Pada gambar terlihat penggunaan ERP, CRM, SCM, PRM dan KM dalam penerapa e-business. SCM (Supply Chain Management) fokus pada pengembangan proses produk dan jasa yang efektif dan efisien yang dibutuhkan oleh bisnis. ERP (Enterprise Resource Planning) fokus pada produksi intern perusahaan.

17 Enterprise Application Architecture PRM (Partner Relationship Management) untuk mendapatkan dan mempertahankan partner bisnis yang mampu untuk meningkatkan penjualan dan distribusi dari produk dan jasa perusahaan. KM (Knowledge Management) fokus pada penyediaan alat bagi pegawai perusahaan untuk mendukung proses pengambilan keputusan. CRM (Customer Relationship Management) fokus pada mendapakan dan mempertahankan pelanggan yang potensial, melalui marketing, penjualan, dan proses layanan.

18 Supply Chain Management (SCM) Salah satu usaha meningkatkan daya saing adalah menciptakan rantai pasokan yang teritegrasi secara penuh. Dimana setiap pemain dalam rantai pasokan saling berkerjasama dan menciptakan kesatuan yang saling mendukung satu sama lain. Dibagi 2 : –upstream supply chain activities (buy-side) –downstream supply chain activities (sell-side)

19

20

21 Supply Chain Management (SCM) “Supply Chain terbentuk dari sebuah perhubungan organisasi, sumber dan proses yang menciptakan serta mengirimkan produk dan jasa kepada pemakai akhir. Sebuah rantai pasokan mencakup semua fasilitas, fungsi dan aktifitas yang terlibat dalam produksi dan pengiriman sebuah produk atau jasa dari para supplier (dan suppliers mereka) ke konsumen (konsumen mereka).” Russel dan Taylor (2000:373)

22 Supply Chain Management (SCM)

23 Push & Pull Supply Chain Models

24 (SCM)

25

26

27 E-Business Infrastructure E-business infrastructure : Kombinasi hardware (servers & client) pada organisasi, Jaringan yang digunakan untuk menghubungkan hardware & software aplikasi yang digunakan untuk menyediakan layanan kepada karyawan e-business, mitra dan konsumen. Arsitektur jaringan, hardware & software Metode untuk mempublikasikan data dan dokumen yang diakses melalui aplikasi e-business

28 Komponen Infrastruktur E-Business

29 Physical and network infrastructure components of the Internet (Levels IV and III in Figure 3.1)

30 Firewall positions within the e-business infrastructure of the B2B company

31 Differing use of applications at levels of management within companies

32 Elements of e-business infrastructure that require management


Download ppt "Teknologi E-Busines Dr. Lana Sularto. ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION Enterprise Application Integration (EAI) atau dikenal dengan integrasi aplikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google