Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux. Selama ini sering dibicarakan kemampuan Linux sebagai server dalam jaringan, antara lain sebagai web server, file.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux. Selama ini sering dibicarakan kemampuan Linux sebagai server dalam jaringan, antara lain sebagai web server, file."— Transcript presentasi:

1 Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux

2 Selama ini sering dibicarakan kemampuan Linux sebagai server dalam jaringan, antara lain sebagai web server, file server, firewall, DNS, maupun proxy. Selama ini sering dibicarakan kemampuan Linux sebagai server dalam jaringan, antara lain sebagai web server, file server, firewall, DNS, maupun proxy. Namun bagaimana dengan kebutuhan aplikasi bisnis skala besar untuk membantu operasional perusahaan ? Misalnya untuk proses penjualan, inventory, pengiriman ke pelanggan, sampai dengan pencatatan dan laporan akuntansi. Namun bagaimana dengan kebutuhan aplikasi bisnis skala besar untuk membantu operasional perusahaan ? Misalnya untuk proses penjualan, inventory, pengiriman ke pelanggan, sampai dengan pencatatan dan laporan akuntansi.

3 Aplikasi terintegrasi untuk kebutuhan tersebut dikenal sebagai Enterprise Resources Planning (ERP). Aplikasi terintegrasi untuk kebutuhan tersebut dikenal sebagai Enterprise Resources Planning (ERP). Solusi Compiere ERP merupakan salah satu aplikasi bisnis yang siap dipakai di lingkungan Linux. Solusi Compiere ERP merupakan salah satu aplikasi bisnis yang siap dipakai di lingkungan Linux. Solusi ini bersifat open source dan gratis, Solusi ini bersifat open source dan gratis, Compiere dapat diperoleh di secara gratis bebas menginstall serta mencobanya sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya. Compiere dapat diperoleh di secara gratis bebas menginstall serta mencobanya sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya. Modul-modul yang tersedia di Compiere pun cukup lengkap dan sudah mencukupi untuk kebutuhan bisnis. Modul-modul yang tersedia di Compiere pun cukup lengkap dan sudah mencukupi untuk kebutuhan bisnis.

4

5 Modul-modul yang tersedia antara lain : Quote to Cash Quote to Cash Adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran. Anda dapat membuat invoice dan menerima pembayaran dari pelanggan. Requisition to Pay Requisition to Pay Bagian ini berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok. Supply Chain Management Supply Chain Management Adalah modul untuk mengendalikan stok barang sehingga kondisi stok yang tersedia dapat selalu dipantau. Selain itu juga memonitor status barang-barang yang dibeli dari pemasok maupun yang akan dikirim ke pelanggan

6

7 Customer Relatinship Management (CRM) Customer Relatinship Management (CRM) Berfungsi untuk mengelola data pelanggan dan partner bisnis. Anda dapat mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan, surat-menyurat, pengiriman brosur, dan lain-lain. Performance Analisys Performance Analisys Bagian ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Anda dapat melihat posisi keuangan dan laba rugi perusahaan.

8 Aspek Teknologi Compiere Aspek Teknologi Compiere Bagaimana arsitektur teknologi yang digunakan? Secara garis besar aplikasi ini menggunakan arsitektur Java sehingga bersifat multi platform. Anda dapat menginstallnya di lingkungan Linux, Windows, maupun Unix. Bagaimana arsitektur teknologi yang digunakan? Secara garis besar aplikasi ini menggunakan arsitektur Java sehingga bersifat multi platform. Anda dapat menginstallnya di lingkungan Linux, Windows, maupun Unix.

9 Arsitektur Compiere terdiri dari 3 layer yaitu : Server Database Server Database Menggunakan database Oracle versi 9, sehingga secara legal anda tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun aplikasi Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat ini tim pengembang Compiere sedang menuju database independence sehingga dapat mendukung berbagai database yang ada di pasaran seperti PostgreSQL dan SQL Server. Application Server Application Server Teknologi yang digunakan adalah JBoss yan juga bersifat open source dan gratis. JBoss merupakan application server terkemuka untuk mendukung platform Java Enterprise (J2EE). Client Client Di sisi klien terdapat 2 pilihan, yaitu Java Client yang menggunakan antar muka Windows dan HTML. Client yang menggunakan browser. Java Client lebih kaya fungsi dan user friendly, sehingga sangat memudahkan proses transaksi. Sedangkan HTML Client memiliki kelebihan dalam hal kemudahan instalasi karena hanya memerlukan web browser di sisi klien. Interface web ini dibangun berdasarkan teknologi Java Server Pages (JSP)

10 Kelebihan Compiere Implementasi Cepat Implementasi Cepat Dengan asumsi tanpa memerlukan proses pengambilan keputusan yang panjang, yang umumnya terjadi karena masalah perhitungan biaya dan investasi (serta kerugiannya apabila sistem ternyata gagal). Resiko kerugian sangat kecil Resiko kerugian sangat kecil misalnya apabila menghentikan proyek implementasi karena suatu alasan Compiere tidak mengenal kata gagal Compiere tidak mengenal kata gagal karena apabila sistem yang ada pada Compiere tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan secara maksimal, maka masih dapat dikembangkan sendiri dari source code yang tersedia.

11 Benar benar Terintegras Benar benar Terintegras Semua data (ERP, CRM dan Akunting) di picu dari transaksi yang sama. Tidak diperlukan migrasi, penggabungan atau trasformasi data. User yang memasukkan data tidak perlu takut tentang informasi yang perlu di masukkan untuk CRM, karena informasi informasi tersebut secara otomatis akan terintegrasi Rich and Reach Rich and Reach Rich (kaya) mengacu pada system Clien/Server interface yang memiliki semua fitur yang diperlukan. Reach (terjangkau) mengacu kepada web interface dimana dapat diakses tanpa harus memerlukan program khusus dari sisi klien.

12 Global Market, Global Market, Cukup mudah membangun multi fungsi di Compiere dimana mengijinkan anda untuk berbuat di pasar global dengan bahasa yang berbeda, mata uang, dan metode akuntansi. Smart User Interface Smart User Interface Hampir semua tampilan windows dikembangkan pada aturan dasar. Hal ini mengijinkan untuk akses yang sangat personal dan memberikan user apa yang diperlukan. Compiere benar benar memperhitungkan fakta bahwa beda orang akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula.


Download ppt "Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux. Selama ini sering dibicarakan kemampuan Linux sebagai server dalam jaringan, antara lain sebagai web server, file."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google