Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

83web database1/38 HUBUNGAN WEB DATABASE Sesi 8. 83web database2/38 Hubungan Web database Walaupun komponen DB sudah diimplementasikan pada sistem web.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "83web database1/38 HUBUNGAN WEB DATABASE Sesi 8. 83web database2/38 Hubungan Web database Walaupun komponen DB sudah diimplementasikan pada sistem web."— Transcript presentasi:

1 83web database1/38 HUBUNGAN WEB DATABASE Sesi 8

2 83web database2/38 Hubungan Web database Walaupun komponen DB sudah diimplementasikan pada sistem web database, masih terdapat pilihan teknik yang dipilih berdasarkan hubungannya ke web page.  Meninjau kembali Arsitektur Web.  Aplikasi berbasis web harus dibangun dalam arsitektur client server.

3 83web database3/38 Hubungan Web database (Lanj)  Client system - menampilkan web pages yang memberikan user interface ke sistem web database. Ditampilkan dengan menggunakan browser.  Web server sistem - menyimpan dokumen, scripts dan program. Implementasi komponen DB mungkin sebagai sambungan ke server atau browser, atau mungkin sbg external ke web.

4 83web database4/38 Hubungan Web database (Lanj)  Aplikasi s/w dapat dibangun untuk mengeksekusi baik dalam sisi client yang berkaitan (sisi client) atau server yang berkaitan (sisi server).  S/w ini dapat bertindak sebagai ‘gateway’ ke sistem lain yang mempunyai/menyediakan layanan database.

5 83web database5/38 Hubungan Web database (Lanj)  Ada 2 client umum yang saling menghubungi.  Pendekatan dari sisi server dapat dengan script dalam sumber web page (HTML) atau membuat program lain yang akan dieksekusi bila diakses oleh client (CGI)  Sistem boleh menggunakan pendekatan baik dari sisi client dan sisi server, dengan mendistribusikan prosesnya antara clienf dan server.

6 83web database6/38 Hubungan Web database (Lanj)  Middleware - generic sistem yg. Menyediakan platform independence, dan mendukung std. Interface dan protokol dalam kaitannya dengan distribusi.  Pemilihan implementasi teknologi.  Pendekatan Client side  browser extention - browser diperluas untuk menambah fungsi

7 83web database7/38 Hubungan Web database (Lanj)  External aplikasi - serupa denan penggunaan server sebagai gateway untuk mengeksekusi sistem lain.  Pendekatan Server side  mengeksekusi proses aplikasi dalam server  Data harus diterima dari client ke server  data harus diproses dalam server  hasil harus dikirim dari server ke client

8 83web database8/38 Hubungan Web database (Lanj)  Pilihan implementasi - client atau server.  Aplikasi client - server dibagi antara 2 sistem komputer dimana client menyiapkan interface dan server sebagai layanan (service)  Sistem client server dapat dieksekusi pada komputer yang berbeda, mungkin dengan o/s yang berbeda, arsitektur yang berbeda..

9 83web database9/38 Hubungan Web database (Lanj) Walaupun demikian dapat dieksekusi pada mesin yang sama.  Normalnya dapat diasumsi mungkin elemen server pada sistem web database lebih mendasar sejak data base akan ditempatkan.  Secara umum client side scripting lebih cocok untuk mengimplementasilan fungsi skala kecil, seperti animasi web pages, validasi data atau perhitungan, dimana server side sebaiknya digunakan untuk proses lengkap dengan ukuran besar.

10 83web database10/38 Hubungan Web database (Lanj)  Keuntungan dari sisi client.  Proses distribusi - dengan menampilkan beberapa proses yang terkait dengan aplikas webbase, komunikasi antara client dan server dapat dikurangi.  Kecepatan umpan balik - proses di sisi client dapat menyediakan umpan balik langsung ke user, tanpa harus mempunyai persiapan memotong transmisi internet dari server  menambah fungsi web page - prosesing pada sisi server dapat digunakan untuk membuat web page interaktif dan form.  Keterbatasan program - tidak dapat mengakses sistem tertentu.

11 83web database11/38 Hubungan Web database (Lanj)  Kerugian dari sisi client.  Tergantung pada lingkungan - tergantung pada features platform dan browser dari clien dimana eksekusi dilakukan.  Keamanan - source code diberi dari server, tidak aman  menggunakan variabel global.waktu untuk down load - karena pages harus memasukkan code untuk dieksekusi client, maka ini menjadi besar dan butuh waktu.  Keterbatasan program - tidak dapat mengakses sistem tertentu.  Keuntungan dari sisi server  lingkungan - prosesing di server tidak bergantung pada browser yang akan digunakan. Juga web pages dpt dibuat untuk

12 83web database12/38 Hubungan Web database (Lanj) penggunaan browser yang berbeda, sebelum dikirim ke client.  Keamanan - source code aman  waktu down load - hanya halaman HTML, sehingga cepat  batasan program - dapat interface langsung ke database dan mempunyai akses langsung ke HTTP, dan dapat menggunakan variabel global  Kerugian dari sisi server.  Sulit - kurang debugging tools  tidak ada control langsung terhadap user interface


Download ppt "83web database1/38 HUBUNGAN WEB DATABASE Sesi 8. 83web database2/38 Hubungan Web database Walaupun komponen DB sudah diimplementasikan pada sistem web."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google