Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan."— Transcript presentasi:

1

2 Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep pemrograman web dengan teknologi bahasa ASP Referensi: Dasar pemrograman database web dengan ASP, Abdul Kadir, Bab 1

3 Minggu …1… Page 2 Agenda Sekilas mengenai web Aplikasi web Istilah-istilah web Teknologi web ASP, ODBC dan ADO Sekilas Tentang ASP.NET

4 Minggu …1… Page 3 Sekilas Mengenai Web World Wide WEB (WWW) –Didistribusikan melalui pendekatan Hyperlink, yang memungkinkan suatu teks, gambar, ataupun objek yang lain menjadi acuan untuk membuka halaman-halaman web yang lain. Artikel Hyperlink Hyperlink Hyperlink Hyperlink

5 Minggu …1… Page 4 Aplikasi Web Pertama kali dikembangkan hanya dengan menggunakan bahasa HTML (HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Kemudian perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Contoh: PHP dan ASP, sedangkan contoh yang berupa objek adalah applet(java).

6 Minggu …1… Page 5 Aplikasi Web (lanjt …) Web Statis –Dikembangkan hanya dengan bahasa HTML. –Kelemahan aplikasi ini terletak pada keharusan pemeliharaan program secara terus-menerus untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. –Tanggung jawab berada pada pemrogram atau Webmaster Web Dinamis (Web Database) –Dengan memperluas kemampuan HTML dengan tambahan perangkat lunak maka perubahan informasi dalam halaman-halaman web dapat ditangani melalui perubahan data bukan melalui perubahan program. –Tanggung jawab berada pada operator atau yang bertanggung jawab pada kemutakhiran data.

7 Minggu …1… Page 6 Istilah-istilah Web Beberapa istilah penting dalam situs web –Situs web menyatakan lokasi pada web yang berisi sekumpulan halaman web yang saling terkait. –Halaman web menyatakan sebuah halaman pada web. –Homepage adalah halaman utama pada sebuah situs web. –URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu teks yang menyatakan alamat internet. Sebagai contoh:

8 Minggu …1… Page 7 Teknologi Web Teknologi Web pada sisi klien. –Teknologi Web pada sisi klien diimplementasikan dengan mengirimkan kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke klien. Klienlah yang bertanggung jawab dalam melakukan proses terhadap seluruh kode yang diterima. –Kelemahan pada teknologi ini adalah terdapat kemungkinan bahwa browser pada klien tidak mendukung fitur perluasan HTML –Kelebihan pada teknologi ini memungkinkan penampilan yang bersifat dinamis, misalnya menampilkan jam yang terus-menerus berubah ataupun untuk membuat animasi gambar yang mengikuti penunjuk mouse.

9 Minggu …1… Page 8 Teknologi Web (lanjt …) –Beberapa yang termasuk dalam teknologi sisi klien adalah: VBScript. Kontrol ActiveX. Java Applet. Skrip sisi-klien (misalnya JavaScript dan CSS). Teknologi Web pada sisi server. –Teknologi Web pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode di dalam server sehingga kode yang sampai pada pemakai berbeda dengan kode asli pada server.

10 Minggu …1… Page 9 Teknologi Web (lanjt …) –Beberapa keuntungan pada teknologi Web pada sisi server: Mengurangi lalu lintas jaringan dengan cara menghindari percakapan bolak-balik antara klien dan server. Mengurangi waktu pemuatan kode, mengingat klien hanya mengambil kode HTML saja. Mencegah masalah browser yang tidak kompatibel. Klien dapat berinteraksi dengan data yang ada pada server. Mencegah klien mengetahui rahasia kode. –Kelemahan teknologi ini beban server menjadi bertambah. –Beberapa contoh teknologi ini adalah: Active Server Pages (ASP). Server-Side JavaScript, Java Server Pages (JSP). PHP

11 Minggu …1… Page 10 ASP, ODBC, Dan ADO ASP –Active Server Pages merupakan salah satu implementasi middleware, walaupun dalam prakteknya merupakan bagian dari web server seperti PWS (Personal Web Server) atau IIS (Internet Information Service). –Tugas dari web server menterjemahkan skrip yang tersimpan dalam berkas dengan ekstensi.asp. Skrip-skrip inilah yang memperluas kemampuan HTML. –Berikan contoh mekanisme pemrosesan skrip ASP

12 Minggu …1… Page 11 ASP, ODBC, Dan ADO (lanjt …) ODBC –Untuk dapat berkomunikasi dengan database, skrip ASP memerlukan ODBC (Open Database Connectivity) dan ADO (ActiveX Data Objects). –Berikan contoh mekanisme pengaksesan database pada skrip ASP ADO –ADO dikembangkan oleh microsoft. –ADO berisi sekumpulan objek yang dapat dipakai oleh aplikasi untuk berkomunikasi dengan ODBC. –Tidak hanya script ASP yang bisa menggunakan ADO tetapi aplikasi lain juga bisa menggunakannya Contoh: Borland Delphi.

13 Minggu …1… Page 12 Sekilas Tentang ASP.NET ASP.NET –ASP.NET merupakan teknologi baru pemrograman internet dari microsoft yang lebih efisien dan menggunakan object- oriented dalam pengembangan aplikasi web secara dinamis. –ASP.NET pengembangannya didasarkan pada platform baru microsoft yaitu.NET atau sering dikenal dengan.NET Framework Apa yang baru pada ASP.NET ? – Web Forms Pada Web Form anda dapat menarik kontrol ke dalam halaman kemudian menuliskan kode untuk menyediakan interaksinya, memanggil obyek bisnis, dan sebagainya.

14 Minggu …1… Page 13 Sekilas Tentang ASP.NET (lanjt …) –Kontrol Server Kontrol server menyediakan kemampuan memrogram server-side yang handal. Kontrol server dijalankan pada server dan bisa membuat output HTML yang dirancang untuk browser tingkat tinggi, seperti Internet Explorer 5.x atau yang lebih baru. –Layanan Web Ini adalah kunci ASP.NET yang memungkinkan pengembang membuat layanan program yang bisa dipakai pengembang lain melalui internet. –Caching Memungkinkan pengembang meningkatkan kinerja aplikasi mereka dengan mengurangi beban pemrosesan server Web dan server database.

15 Minggu …1… Page 14 Sekilas Tentang ASP.NET (lanjt …) –Perbaikan Konfigurasi ASP.NET menggunakan metode baru penyimpanan informasi konfigurasi untuk aplikasi Web. Informasinya disimpan dalam file konfigurasi berbasis XML yang bisa dibaca oleh mesin maupun oleh kita sendiri. –Perbaikan Pengelolaan Status ASP.NET menyediakan dukungan pendistribusian status sesi dalam server Web, menaruh informasi status dalam database SQL Server, serta menyediakan pengelolaan status tanpa menggunakan cookies. –Pengamanan Model pengamanan ASP.NET telah mengalami perbaikan besar, termasuk metode otentikasi yang baru dan lebih baik, pengamanan akses kode, serta otorisasi berdasarkan peran.

16 Minggu …1… Page 15 Sekilas Tentang ASP.NET (lanjt …) –Perbaikan Kehandalan ASP.NET berisi fitur baru ini untuk meningkatkan kehandalan aplikasi Web, termasuk restart aplikasi yang proaktif serta proses otomatis daur ulang untuk mengatasi kondisi deadlock dan kebocoran memori.

17 Minggu …1… Page 16 Questions & Answers

18 Minggu …1… Page 17 Thank You


Download ppt "Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google