Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR PEMOGRAMAN WEB MENGGUNAKAN PHP Oleh: Andy Dhamalau, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR PEMOGRAMAN WEB MENGGUNAKAN PHP Oleh: Andy Dhamalau, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 DASAR PEMOGRAMAN WEB MENGGUNAKAN PHP Oleh: Andy Dhamalau, S.Kom

2 Pendahuluan PHP adalah salah satu bahasa Server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web. PHP dapat disisipkan diantara bahasa HTML dan karena bahasa Server side, maka bahasa PHP akan dieksekusi di server, sehingga yang dikirimkan ke browser adalah “hasil jadi” dalam bentuk HTML, dan kode PHP anda tidak akan terlihat.

3 PHP dibuat pertama kali oleh satu orang yaitu Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya pada tahun Skrip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut “Personal Home Page”. Paket inilah yang menjadi cikal bakal PHP.

4 Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/F1 versi 2. Pada versi inilah pemrogram dapat menempelkan kode terstruktur ke dalam tag HTML. Yang menarik, kode PHP juga bisa berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks sambil jalan.

5 Trend Pengguna PHP Sumber:

6 Apa yang Bisa Dilakukan dengan PHP? Mengurangi waktu untuk membuat web berskala besar Mampu menciptakan web interaktif Menciptakan berbagai tool untuk keperluan online (http://www.hotscripts.http://www.hotscripts com/PHP/Scripts_and_Programs/) Mendukung e-commerce(shopping carts)

7 Konsep Kerja PHP Model kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser. Berdasarkan URL (Uniform Resource Locator) atau dikenal dengan sebutan alamat internet, browser mendapatkan alamat dari web server, mengindentifikasi halaman yang dikehendaki, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server. Selanjutnya, web server akan mencarikan berkas yang diminta dan memberikan isinya ke browser. Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses penerjemahan kode HTML dan menampilkannya ke layar pemakai

8 Konsep Kerja PHP

9 Aplikasi Yang Diperlukan Untuk dapat bekerja dengan PHP, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang diperlukan: Web server (Apache, IIS, Personal Web Server/PWS) XAMPP, WAMP. PHP server (dapat didownload di PHP.net) Database server (MySQL, Interbase, MS SQL, dll) Web Editor (Dreamweaver, Frontpage, dll)

10 Anda dapat pula menggunakan tool aplikasi yang di dalamnya sudah terdapat web server (Apache), PHP server, dan MySQL yang terintegrasi menjadi satu. Tool tersebut dapat Diinstal di PC sebagai sarana belajar PHP. Beberapa contoh tool tersebut diantaranya adalah Easyphp (Easyphp.org), PHPTriad, AppServe, dll.

11 Menyimpan File PHP Apabila Anda memiliki kode PHP yang disisipkan dalam HTML dalam suatu file dan menginginkan web server dapat menjalankannya, maka file tersebut harus disimpan dalam ekstensi.php. Apabila Anda menyimpannya dengan ekstensi.html atau.htm, maka kode PHP tersebut tidak akan diproses dan akan ditampilkan dalam web browser seperti apa adanya

12 Skrip PHP dan HTML Penulisan skrip PHP diapit oleh tanda : Contoh 1 : Skrip Pertamaku

13 Contoh PHP Script: Halaman PHP pertamaku

14 Install XAMPP

15 Latihan Pertama Halaman PHP pertamaku

16 Latihan Pertama Halaman PHP pertamaku

17 selamat.php Halaman PHP pertamaku Selamat belajar PHP

18 PHP - Variabel Misalkan dalam PHP kita akan menyimpan suatu nilai berupa angka atau string dalam suatu variabel, caranya adalah membuat nama variabel terlebih dahulu kemudian diberikan suatu assignment pada nilai yang diinginkan. Perhatikan sintaks berikut ini

19 $nama_variabel = nilai; Note: jangan lupa tanda dollar ($) Contoh:

20 Aturan Penamaan Variabel Berikut ini adalah beberapa aturan penulisan nama variabel: Nama variabel harus diawali dengan huruf atau underscore (_) Nama variabel hanya boleh dituliskan dengan alpha numeric a-z, A-Z, 0-9 dan underscore Nama variabel yang terdiri lebih dari satu kata, dapat dipisahkan dengan underscore

21 Latvar.php Latihan Variabel Selamat belajar PHP

22 Latihandua.php Latihan kedua Contoh PHP kedua

23 Latihan3.php Latihan kedua Contoh PHP kedua

24 Latihan 1 Buatlah tulisan: PT. Jakasetia Motor Jl. Melawai raya 378 Jakarta


Download ppt "DASAR PEMOGRAMAN WEB MENGGUNAKAN PHP Oleh: Andy Dhamalau, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google