Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Web server Willy Permana Putra. Web Server ? Sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pelayanan antara client dan server Pelayanan ini biasanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Web server Willy Permana Putra. Web Server ? Sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pelayanan antara client dan server Pelayanan ini biasanya."— Transcript presentasi:

1 Web server Willy Permana Putra

2 Web Server ? Sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pelayanan antara client dan server Pelayanan ini biasanya berupa http dan https dengan menggunakan port 80 Aplikasi yang biasa digunakan (Firefox, Internet Exp, dll)

3 Pemilihanan Web Server 1.Lisensi software yang digunakan (freeware, shareware atau komersial). 2.Kemudahan instalasi. 3.Kemudahan dalam mengatur konfigurasi. 4.Kemampuan atau kehandalan Software. 5.Kapasitas atau besar ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan file-file. 6.Fasilitas dukunganoleh software itu. 7.Dukungan teknis (mempunyai site-site atau milis untuk bertanya bila terjadi masalah). 8.Dukungan platform (jenis sistem operasi apa saja yang dapat menjalankan software tersebut).

4 Cara Kerja 1.Client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki browser dangan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet). 2.Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server, agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet).

5 4. Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan. 3. Pertama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protokol http, akan dicarilah komputer bernama Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nich, ada dimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.

6 Apache Bookmarking Tool Ab adalah Apache HTTP server benchmarking tool, yang intinya adalah untuk mengukur berapa kecepatan apache dalam menangani sejumlah request per unit waktu.

7 Alias pada apache Alias pada web server berfungsi jika kita ingin menampilkan web yang berada di luar directori default dari apache. Contoh/var/www//home/willy/public_html

8 phpmyadmin Phpmyadmin adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan manajemen MySQL. Dengan menggunakan phpmyadmin, kita dapat membuat database, membuat tabel, menginsert, menghapus dan mengupdate data. Tampilan berbentuk GUI agar terasa lebih mudah, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secara manual

9 Phpmyadmin -> MySQL Sebagai media perantara Memudahkan penggunaan Tampilan berbentu GUI (lebih mudah) dll


Download ppt "Web server Willy Permana Putra. Web Server ? Sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pelayanan antara client dan server Pelayanan ini biasanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google