Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 10 KONEKSI DATABASE MYSQL. Mengelola Database Menggunakan Phpmyadmin PHPMyAdmin dibuat khusus untuk mengelola database MySQL, Aplikasi ini free.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 10 KONEKSI DATABASE MYSQL. Mengelola Database Menggunakan Phpmyadmin PHPMyAdmin dibuat khusus untuk mengelola database MySQL, Aplikasi ini free."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 10 KONEKSI DATABASE MYSQL

2 Mengelola Database Menggunakan Phpmyadmin PHPMyAdmin dibuat khusus untuk mengelola database MySQL, Aplikasi ini free dan dapat di- download di mysql.com, sourceforge.net dan situs web lain yang berhubungan dengan PHP dan MySQL. Bahkan, dengan menginstal Xampp, maka secara otomatis Apache, MySQL, PHP akan terinstal, Untuk membuka aplikasi PHPMyAdmin, harus menjalankan terlebih dahulu server web Apache, dan server database MySQL, yaitu melalui Xampp control panel, seperti pada gambar dibawah ini

3 Tampilan XAMPP Control Panel

4 Membuat Database Akademik Ada beberapa langkah yang perlu disiapkan untuk membangun database Akademik : Di halaman awal PHPMyAdmin, masukkan nama database, misalnya db_Akademik pada isian Create new database

5 Klik tombol Create, Jika berhasil, akan terdapat keterangan sebagai berikut: Database db_Akademik has been created. No tables found in database.

6 Membuat Tabel Mahasiswa Langkah-langkah untuk pembuatan table table mahasiswa adalah: Aktifkan database yang akan ditambahkan tabel di dalamnya. Misalkan nama database adalah db_Akademik. Pada bagian Create new table on database db_Akedemik, masukkan nama tabel, misalnya Mahasiswa dan jumlah fieldnya adalah 5. Klik Go.

7 Tentukan nama kelima field berikut tipe datanya

8 Klik Save. Jika pembuatan tabel berhasil, maka akan muncul pesan seperti berikut ini:

9 Memasukkan / insert data ke dalam Tabel Mahasiswa Langkah-langkah untuk Memasukkan / insert data ke dalam Tabel Mahasiswa adalah : Aktifkan database db_Akademik dan tabel- tabel di dalamnya. Klik tabel Mahasiswa yang akan dimasukkan datanya. Terdapat link Browse, Select, Insert, Empty, Drop. Untuk memasukkan data, klik link Insert. Pada halaman entri data, masukkan data yang diinginkan pada kolom kanan.

10 Di bawah form isian, terdapat dua buah radio button. Pilihan “Go back to previous page” artinya kembali ke halaman tabel dan pengisian selesai). Sedangkan pilihan “Insert another new row” artinya memasukkan record baru berikutnya. Misalnya yang dipilih adalah Go back to previous page. Klik Go.

11 Mengedit (meng-update) dan menghapus (delete) data pada Tabel Mahasiswa Langkah-langkah untuk Mengedit (meng-update) dan menghapus (delete) data pada Tabel Mahasiswa adalah : Klik link Browse pada tabel yang akan diubah atau dihapus datanya

12 Data ditampilkan dalam bentuk tabel dan pada sisi kirinya terdapat link Edit dan Delete Untuk menghapus data, klik cek box sebelah kiri, kemudian klik salah satu link delete (gambar silang) dan jawab OK sebagai konfirmasi Untuk meng-update data, klik cek box sebelah kiri, klik tombol Edit. Pada form isian (seperti pada penambahan) betulkan data yang perlu diupdate. Akhiri dengan klik Go

13 Merubah Struktur Tabel Mahasiswa Langkah-langkah untuk Merubah Struktur Tabel Mahasiswa adalah : Aktifkan database db_Akademik dan table mahasiswa, klik tombol structure, cek table mahasiswa, kemudian klik icon structure

14 Setelah klik icon structure, maka cek salah satu field yang akan di ubah structure, misalnya cek alamat, kemudian klik icon change. Setelah itu ketikkan pada field alamat, misalnya akan mengubah alamat menjadi alamat_rumah, setelah itu klik save.

15 Koneksi Database akademik Dengan Php Setelah membuat database db_Akademik dengan tabel mahasiswa, maka anda dapat membuat coding PHPnya. Yang dapat dilakukan pertama kali adalah Membuat file db.php yang isinya merupakan share function yang digunakan untuk koneksi ke database. File ini akan terus di pakai untuk kebutuhan pembuatan-pembuatan aplikasi-aplikasi web berikutnya. Skrip dari file tersebut adalah sebagai berikut :

16 File db.php

17 File : Mahasiswasaving.php

18 File : mahasiswasaving.php output :

19 File : mahasiswatampil.php Output :


Download ppt "PERTEMUAN 10 KONEKSI DATABASE MYSQL. Mengelola Database Menggunakan Phpmyadmin PHPMyAdmin dibuat khusus untuk mengelola database MySQL, Aplikasi ini free."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google