Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBUAT HALAMAN LOGIN dan PENGGUNAAN SESSION. MAKSUD DAN TUJUAN 1. Maksud ◦Membuat Validasi untuk administrator ◦Melakukan query untuk menghapus dan mengedit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBUAT HALAMAN LOGIN dan PENGGUNAAN SESSION. MAKSUD DAN TUJUAN 1. Maksud ◦Membuat Validasi untuk administrator ◦Melakukan query untuk menghapus dan mengedit."— Transcript presentasi:

1 MEMBUAT HALAMAN LOGIN dan PENGGUNAAN SESSION

2 MAKSUD DAN TUJUAN 1. Maksud ◦Membuat Validasi untuk administrator ◦Melakukan query untuk menghapus dan mengedit data 2. Tujuan ◦Mahasiswa dapat membuat halaman login untuk administrator sehingga tidak ◦semua user dapat mengakses halaman tersebut. ◦Mahasiswa mengerti penggunaan session ◦Mahasiswa dapat membuat script pemrograman untuk melakukan edit data melalui form dan untuk menghapus data

3 DASAR TEORI Untuk melakukan edit dan update data dihalaman web, biasanya harus dibuat halaman tersendiri untuk administrator, sehingga tidak semua user bisa masuk ke halaman ini. User hanya bisa mengisi form entry data, tetapi tidak berhak untuk melakukan edit dan update, serta menghapus data.

4 SESSION Session digunakan untuk menyimpan variable didalam server. Beberapa fungsi yang berhubungan dengan session antara lain:

5 LATIHAN Sebelum membuat script PHP untuk halaman administrator, terlebih dahulu harus membuat sebuah table dengan nama admin dalam database klub untuk menyimpan data login dan password administrator. Jalankan MySql (Ingat bagaimana cara menjalankan MySQL). Jika sudah berada dalam direktori mysql, ketikkan perintah use klub; karena tabel admin akan dibuat dalam database klub.

6 Setelah mengaktifkan database klub, ketikkan perintah untuk membuat tabel admin dengan field-field berikut : Tampilan di command Prompt seperti berikut jika table sukses dibuat :

7 Setelah itu isikan sebuah record berikut ini : Gunakan perintah insert untuk memasukkan data seperti berikut :

8 Sekarang buatlah script berikut yang nantinya sebagai halaman web untuk menampilkan form login bagi administrator. Simpan dengan nama admin.php.

9 Buatlah script untuk melakukan validasi. Simpan dengan nama valid.php

10 Sekarang ketikkan script untuk menampilkan semua data yang ada dalam tabel anggota. Simpan dengan nama tampil_data.php

11

12

13 Sebelum data diedit, maka diperlukan form untuk menampilkan data tersebut. Sehingga data dapat dirubah dengan mengganti isian melalui form tersebut. Ketikkan script beriku dan simpan dengan nama form_edit.php.

14

15 Sekarang jalankan web browser dan buka file admin.php. Isikan username dan password (user name = administrator dan password = jangan tanya), atau sesuaikan username dan password dengan yang anda isikan pada saat melakukan insert data dalam table admin. Jika username atau password yang dimasukkan salah, maka tidak bias mengakses halaman lainnya. Jika username dan password yang dimasukkan benar, maka akan masuk kedalam halaman tampil_data.php. Sekarang lakukanlah pengeditan data dengan meng-klik link edit disetiap data yang akan diedit. Form untuk melakukan edit data akan tampil, ubahlah data dan klik tombol edit. Perhatikan apakah data sudah berubah? Lakukan juga menghapus data dengan meng-klik link hapus.


Download ppt "MEMBUAT HALAMAN LOGIN dan PENGGUNAAN SESSION. MAKSUD DAN TUJUAN 1. Maksud ◦Membuat Validasi untuk administrator ◦Melakukan query untuk menghapus dan mengedit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google