Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Web/TI/ AK 045216/2 sks Basis Data Web Server Basis Data dan Instalasi Koneksi ke Basis Data MySQL Konsep Basis Data di Web Pertemuan ke 10.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Web/TI/ AK 045216/2 sks Basis Data Web Server Basis Data dan Instalasi Koneksi ke Basis Data MySQL Konsep Basis Data di Web Pertemuan ke 10."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks Basis Data Web Server Basis Data dan Instalasi Koneksi ke Basis Data MySQL Konsep Basis Data di Web Pertemuan ke 10

2 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks Basis Data Web Basis Data (Database) di aplikasi Web sama seperti pada pemakaian basis data tersebut di aplikasi desktop. Basis data yang banyak dipakai di aplikasi web adalah model client/server.

3 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks Server Basis Data Server Basis Data (Database) yang didukung oleh PHP antara lain : Informix DB2 MySQL Oracle PostgreSQL Sybase Untuk proses instalasinya, sama seperti instalasi basis data tsb pada aplikasi desktop. Pada umumnya sudah ada file instalasinya, seperti setup.exe, yang kemudian diikuti beberapa pertanyaan.

4 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks Basis Data Web Diagram Posisi Basis Data Web MySQL (Database) Web Browser Web Server Interpreter PHP File PHP Page yg diinginkan Web dinamisManipulasi data

5 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL MySQL adalah database yang sangat popular digunakan bersama PHP. PHP dengan MySQL adalah kombinasi yang baik untuk menampilkan kekuatan sesungguhnya dari Server-Side scripting. Dengan MySQL, pengguna dapat membuat table, dimana data dapat disimpan lebih efisien dibandingkan menyimpan data dalam array. Untuk menggunakan MySQL ataupun database lain secara efektif, diperlukan pemahaman Structured Query Language (SQL).Structured Query Language

6 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Langkah-langkah Penggunaannya : a. Koneksi ke Server MySQL PHP mempunyai fungsi mysql_connect untuk koneksi ke server MySQL. Diperlukan 3 argumen; Pertama : nama dari server MySQL, Kedua : nama pengguna (username) MySQL dan Ketiga : sebuah password MySQL. Pada contoh ini, diasumsikan nama servernya adalah localhost.

7 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Jika menjalankan web server pada satu system dan MySQL pada system lain, gantilah localhost dengan IP address dari sistem yang ada MySQL. mysql_connect mengembalikan sebuah link_identifier yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan database. link ini disimpan dalam sebuah variable yang disebut $link.

8 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL b. Memilih sebuah Database Selanjutnya adalah memilih database yang akan dipakai. PHP mempunyai fungsi mysql_select_db yang dipergunakan untuk memilih database yang akan dipakai. Argumen pertama adalah nama database (wajib ada). Argumen kedua disebut dengan link_identifier, yang bersifat optional dan dihasilkan dari perintah mysql_connect. Jika tidak dinyatakan, PHP akan menggunakan link terakhir yang dibuka oleh mysql_connect.

9 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL c. Menjalankan sebuah Query Sekarang sudah siap untuk menjalankan sebuah SQL query ke database tersebut untuk memilih informasi (select), melakukan penambahan data (insert), mengubah (update) atau menghapus (delete). Gunakan mysql_query. Diperlukan 2 argumen: pertama: sebuah SQL query string (yang wajib ada) dan kedua adalah link_identifier (opsional). Seperti mysql_select_db, jika link_identifier tidak disebutkan, maka akan digunakan link terbuka terakhir.

10 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL mysql_query akan menghasilkan sebuah resource atau nilai false jika query nya gagal, pada penggunaan statement select. Sedangkan pada penggunaan delete, insert atau update, akan dihasilkan nilai true (jika query nya sukses) atau false (jika query nya gagal) Untuk menjalankan sebuah query digunakan fungsi PHP mysql_query(query, [database]), dimana query adalah query MySQL sedangkan database (bersifat opsional) adalah sebuah koneksi database, yang nilai defaultnya adalah koneksi terbuka terakhir (disini, koneksi tersebut diwakili $link). Contoh, untuk melakukan query "SELECT * FROM mahasiswa ORDER BY npm ASC", :

11 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Metode langsung ini kurang fleksibel. Pada umumnya digunakan metode 2 langkah, yakni memakai variable untuk statement query nya (missal $query" atau $sql_query), kemudian penulisan programnya menjadi mysql_query($sql_query). $sql_query = "SELECT * FROM mahasiswa ORDER BY npm ASC"; Yang kedua, digunakan variable untuk menampung hasil query. Contoh :. $result = mysql_query ($sql_query, $link);

12 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Untuk menangkap kesalahan, yakni untuk keperluan debug, dapat ditulis sebagai berikut: Jika fungsi mysql_query menghasilakn false, PHP akan menghentikan script tersebut dan mencetak sebuah pesan error dari MySQL (seperti "you have an error in your SQL syntax") and the query.

13 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Jadi akhirnya penulisan kode untuk menjalankan querynya menjadi (diasumsikan koneksi databasenya adalah $link):

14 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Menggunakan semuanya secara bersamaan Dalam bagian terdahulu, terdapat 3 perintah yang belum digabungkan. Sekarang perintah2 tersebut akan digabungkan, dimana table yang akan digunakan adalah table Mahasiswa, yang disimpan dalam database Gunadarma.

15 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL

16 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL Mendapatkan informasi Select Query Query select berarti memilih informasi dari sebuah database yang dikenal sebagai resource, yang ditampung dalam variable $result, sebagai resource identifier. Gunakan fungsi mysql_fetch_array untuk menampilkan informasi. Diperlukan satu parameter, yakni resource identifier (misalnya : $result), dan dihasilkan sebuah array. Berikut adalah contoh program untuk menampilkan informasi dari database :

17 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL

18 Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks MySQL //iterasi through result while($row = mysql_fetch_array($result)) { //Menampilkan informasi dari baris tersebut print_r($row); echo $row['foo']; //Menampilkan hanya kolom foo. } // Mengosongkan resultset (opsional) mysql_free_result($result); // Menutup Koneksi Database mysql_close($link); ?>


Download ppt "Pemrograman Web/TI/ AK 045216/2 sks Basis Data Web Server Basis Data dan Instalasi Koneksi ke Basis Data MySQL Konsep Basis Data di Web Pertemuan ke 10."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google