Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA 9.1. Pembuatan Record 9.2. Pembuatan Indeks 9.3. Menambah, Menghapus, dan Mengubah Data 9.4. Pengolah Data untuk Sistem Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA 9.1. Pembuatan Record 9.2. Pembuatan Indeks 9.3. Menambah, Menghapus, dan Mengubah Data 9.4. Pengolah Data untuk Sistem Informasi."— Transcript presentasi:

1 BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA 9.1. Pembuatan Record 9.2. Pembuatan Indeks 9.3. Menambah, Menghapus, dan Mengubah Data 9.4. Pengolah Data untuk Sistem Informasi

2 Pengertian Basis Data  Manajemen data yang meliputi fungsi-fungsi pengaksesan dan manipulasi data seperti : - Menampilkan - Mengurutkan - Menambah - Menghapus  Kumpulan data yang saling terkait. Data ini disimpan dalam satu atau beberapa field tertentu, rangkaian field akan membentuk record, kumpulan record membentuk database.  C++Builder menyediakan software Borland Database Engine (BDE). Basis data BDE User Interface

3 Basis Data Pada C++Builder 1. Database Explorer Fitur ini berupa software yang berguna untuk melihat isi basis data, mengatur alias BDE, dan membuat kamus data (data dictionary). 2. Database Desktop Fitur ini juga berupa software yang berguna untuk mela-kukan pembuatan dan perubahan terhadap isi basis data. 3. Data Modul Fitur ini berupa unit yang berguna untuk menempat- kan komponen-komponen basis data seperti Ttable, Tquery, dan TStoreProc. 4. Quick Report Fitur ini berupa komponen-komponen yang terdapat pada Component Pallete pada IDE. Fitur ini berfungsi untuk membuat laporan-laporan basis data pada aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna (user).

4 LANGKAH-LANGKAH 1. Buat Nama Alias 2. Buat Tabel 3. Isi Tabel 4. Buat Form Wizard 5. Jalankan Program Aplikasi 6. Lengkapi Form (Memo)

5 1. BUAT NAMA ALIAS a.Buat Folder Baru Khusus Basisdata b.Memulai Database Desktop (Dua Cara) - Start | Programs | Borland C++Builder | Database Desktop | Database Desktop - Pada IDE C++Builder Pilih Menu : Tools | Database Desktop | Database Desktop c. Pada IDE Database Desktop Pilih menu Tools| Alias Manager. Pada jendela Alias Manager klik tombol New, isi Database Alias dengan nama MHS, Driver Type : STANDARD, dan pilih folder BASIS DATA sebagai tempat menyimpanan dengan mengklik tombol Browse. Setelah pengisiannya dipastikan sudah tepat, kliklah tombol OK.

6 2. BUAT TABEL Langkah-Langkah a. Pada IDE Database Desktop Klik Menu File | New | Tabel, akan muncul jendela Create Table berikut b. Pilih Table Type dengan Paradox 7 klik OK, akan muncul jendela berikut : c. …….

7 c. Isilah field-field, tipe data serta size yang dibu-tuhkan. Simpanlah tabel dengan mengklik Save As, simpan pada folder BASIS DATA dengan nama Alias MHS dan nama file Mahasiswa.db

8 3. ISI TABEL Langkah-Langkah a. Pada IDE Database Desktop klik menu File | Open | Tabel, pada jendela yang muncul bukalah tabel dengan nama Mahasiswa.db. b. Mulailah mengisi tabel dengan terlebih dahulu mengklik icon Edit Data pada Tools Panels. c. Setelah selesai mengisi tabel, keluarlah dari IDE Database Desktop dengan mengklik menu File | Exit.

9 4. BUAT FORM WIZARD a. Pada IDE C++Builder, buatlah aplikasi baru dengan mengklik File | New Application. b. Klik menu Database | Form Wizard maka ditampilkan jendela berikut : c. ….

10 c. Pastikan Radiobutton Create a simple form dan Create a form using TTable objects telah dipilih. Kemudian klik tombol Next, akan tampil jendela berikut : d. …….

11 d. Isilah Table Name dengan nama Mahasiswa.db, kemudian klik tombol Next, akan tampil jendela berikut : e. …….

12 e. Pilih field yang akan ditampilkan pada form dengan cara mengklik > untuk memilih satu demi satu atau klik >> untuk memilih semua field sekaligus. Kemudian klik tombol Next, akan tampil jendela berikut : f. ……

13 f. Pilih Radiobutton Vertical untuk memilih su-sunan field-field pada Form. Kemudian klik tombol Next, akan tampil jendela berikut : g. ……..

14 g. Pilih Radiobutton Left untuk menentukan posisi label pada Form. Kemudian klik tombol Next, akan tampil jendela berikut : h. …..

15 h. Pilih CheckBox Generate a main form dan Radiobutton Form Only untuk membuat form secara otomatis. Kemudian klik tombol Finish, akan tampil bentuk form program aplikasi basis data berikut :

16 5. JALANKAN PROGRAM APLIKASI Cara menjalankan Program Aplikasi Basis Data sama dengan cara menjalankan program biasa. Jalankanlah program aplikasi basis data dengan menekan tombol F9 atau mengklik Menu Run | Run, maka akan ditampilkan field-field yang sudah terisi kecuali Foto dan Memo masih kosong.

17 6. LENGKAPI FORM a.Pengisian Foto dan Memo dilakukan ketika program sedang dijalankan. b.Mengisi Memo dilakukan dengan mengetik langsung pada bagian memo. Pengisian memo dilakukan pada setiap record. c.Pengisian foto dilakukan dengan terlebih mengcopy (Ctrl+C) foto pada software pengolah gambar (misalnya Paint). Kemudian dipaste (Ctrl+V) pada tempat foto. Pengisian foto dilakukan pada setiap record. d. ………

18 d. Setelah semua memo dan foto setiap record terisi, keluarlah terlebih dahulu dari program dan jalankan kembali program tersebut. Maka tampilan program aplikasi akan disaji-kan secara lengkap seperti gambar berikut :

19 e. Periksa kembali kelengkapan field setiap record terutama untuk field memo dan foto dengan menggunakan komponen yang terdapat pada TDBNavigator. f. Setelah dipastikan terisi lengkap, keluarlah dari program dan simpan kembali file tersebut. Record Pertama Record Sebelumnya Record Selanjutnya Record Terakhir Memasukkan Record Menghapus Record Mengubah Record Mengirimkan Record Membatalkan Edit Refresh Record


Download ppt "BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA 9.1. Pembuatan Record 9.2. Pembuatan Indeks 9.3. Menambah, Menghapus, dan Mengubah Data 9.4. Pengolah Data untuk Sistem Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google