Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISUAL BASIC.NET VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi. Bahasa Pemrograman Adalah Perintah-perintah yang dimengerti oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISUAL BASIC.NET VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi. Bahasa Pemrograman Adalah Perintah-perintah yang dimengerti oleh."— Transcript presentasi:

1 VISUAL BASIC.NET VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi. Bahasa Pemrograman Adalah Perintah-perintah yang dimengerti oleh computer untuk melakukan tugas-tugas tertentu Bahasa pemrograman VB.NET dikembangkan oleh Microsoft, Merupakan Salah Satu bahasa Pemrograman Yang Object Oriented Program(OOP) atau Pemrograman yang berorientasi Pada Object. Apa Itu VB.NET ?

2 Kata “ Visual ” menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat Graphical User Interface (GUI). Dengan Cara ini, kita tidak perlu lagi menuliskan instruksi pemrograman dalam kode-kode baris hanya untuk membuat sebuah Desaign Form/Aplikasi. Tetapi dengan sangat mudah yakni kita cukup melakukan Drag and drop object-object yang akan kita gunakan. VB.Net dapat kita jadikan alat Bantu untuk membuat berbagai macam program computer. Aplikasi VB.NET hanya dapat dijalankan pada system Operasi Windows.

3 Area Kerja VB.NET Untuk Memulai VB.NET pastikan Komputer Anda sudah terinstall Program yang bersangkutan yakni Microsoft Visual Studio Pertama Kali Muncul adalah seperti gambar dibawah ini : Start Up Page

4 Project Adalah Kumpulan dari Beberapa File (Form, Report, File, Module, dll) yang didalamnya mempunyai Aturan-aturan yang berlaku terhadap project tersebut. Untuk Membuat Project baru dapat dilakukan dengan cara : Membuat Project baru  Pilih Menu File  New  Project Pada Menu Bar  Klik Icon ( ) Yang terdapat tepat di bawah Menu File pada Menu Bar  Dengan menggunakan Kombinasi Tombol Yakni Tombol Ctrl + Shift + N Pada saat bersamaan.

5 Membuat Project baru Melalui Menu bar Membuat Project baru Melalui Toolbar Membuat Project baru

6 Setelah itu akan Muncul sebuah Jendela Dialog Seperti gambar dibawah ini : Jendela Pilihan Pembuatan Project Baru

7 Untuk Membuat Project yang tipenya adalah Windows Application maka Kita Pilih Windows Application. Lalu Tentukan Nama Solution (Dituliskan Di Kotak Name ), Lokasi Penyimpanan (Dituliskan di Location apabila Kita tidak Hafal Struktur Drivenya maka Sebaiknya Kita Klik Browse lalu tentukan Dimana Letak Penyimpanan Project Kita). Setelah Itu Tekan Tombol OK. Maka Secara Otomatis Tercipta Folder dan beberapa file pendukung dalam pembuatan Aplikasi di Alamat Penyimpanan Yang telah diinputkan tadi.

8 Folder Tempat Penyimpanan Solution

9 Lembar Kerja(Tempat Membuat Applikasi)

10  Menu Bar Berisi Menu-menu yang masing-masing menu memiliki fungsi tersendiri.  ToolBar Tombol-tombol Icon Yang berfungsi mewakili suatu perintah yang berada paa Menu bar.  ToolBox Jendela yang mengandung semua Object atau control yang dapat di tempelkan dan dibutukan untuk membentuk suatu program.  Project(Solution) Explorer Jendela yang mengandung semua File yang ada didalam aplikasi yang akan kita buat : Contoh Form,Module,Class,Report, dll.


Download ppt "VISUAL BASIC.NET VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi. Bahasa Pemrograman Adalah Perintah-perintah yang dimengerti oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google