Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007."— Transcript presentasi:

1 panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007

2 Pertemuan 1 Tujuan : Mengetahui petunjuk penggunaan Visual Basic 6.0

3 Visual Basic 6.0 Visual Basic merupakan bahasa pemrograman tercepat dan termudah untuk membuat suatu aplikasi dalam Micosoft Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer.

4 Menjalankan Visual Basic Klik menu Start 2. Klik menu Program 3. Klik Microsoft Visual Basic Klik Microsoft Visual Basic Pilih Standard EXE 6. Klik Open Catatan : Seperti aplikasi Windows umumnya, anda dapat juga mengaktifkan IDE Visual Basic dengan melakukan open terhadap file yang berkaitan dengan Visual Basic, misalnya file *.vbp yang merupakan file project dari Visual Basic.

5 First Application  Projek baru (New)

6 First Application  Projek yg telah dibangunkan (Existing)

7 First Application  Projek yg telah ada (Recent)

8 Jendela Visual Basic

9 Bagian-bagian dari Jendela  Baris Menu, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll Baris Menu, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll  Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat. Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat.  Jendela Project, jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut. Jendela Project, jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut.

10  Form, jendela ini merupakan tempat Anda untuk merancang user interface dari aplikasi Anda. Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis. Form, jendela ini merupakan tempat Anda untuk merancang user interface dari aplikasi Anda. Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis.  Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen- komponen yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan user interface. Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen- komponen yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan user interface.  Jendela Kode, merupakan tempat bagi anda untuk menulis koding. Anda dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7. Jendela Kode, merupakan tempat bagi anda untuk menulis koding. Anda dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7.

11  Jendela Properties, merupakan daftar properti- properti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya anda dapat mengubah warna tulisan (foreColor) dll. Anda dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti. Jendela Properties, merupakan daftar properti- properti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya anda dapat mengubah warna tulisan (foreColor) dll. Anda dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti.  Jendela Form Layout, akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime. Jendela Form Layout, akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime. Jika jendela-jendela tersebut tidak ada, anda dapat memunculkannya dengan Menu View dan pilih : –Project Explorer (Ctrl+R) –Properties Windows (F4) –Form Layout Windows –Property Pages (Shift+F4) –Toolbox –Toolbars

12 Toolbox Jendela Toolbox merupakan jendela yang sangat penting bagi anda. Pada jendela ini terdapat kontrol-kontrol yang dipakai dalam pembuatan program aplikasi yang akan ditanamkan pada form untuk membentuk user interface.

13 Fungsi Kontrol Standard  Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form. Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.  PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPG. PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPG.  Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai. Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.

14  TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.  Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.  CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya. CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.

15  CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false. CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.  OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu. OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.  ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect). ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).

16  ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan. ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.  HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri. HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.  Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual. Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu.

17  DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file. DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.  Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval. Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.  Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox  Data digunakan untuk data binding Data digunakan untuk data binding  OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll. OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.

18 Label

19 Klik, dan ganti dengan Programku yang pertama

20 Klik Ok

21 Klik di sini untuk menjalankan program, dan perhatikan hasilnya

22 Sama seperti contoh di atas, buat program untuk menampilkan nama, nim, kelas, tanggal lahir dan alamat

23 Materi ini dapat di download dari cari dibagian paling bawah dengan judul Pertemuan 1 Untuk mendukung perkuliahan diharapkan bergabung dengan e-learning amikmbp (www.erlajar.amikmbp.ac.id) dan ikuti petunjuk untuk mendaftarkannyawww.erlajar.amikmbp.ac.id Usahakan bergabung dengan forum – forum nasional yang membahas tentang Visual basic


Download ppt "Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google