Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dewi Octaviani. Instalasi Visual Basic 6 Langkah- langkah untuk menginstall VB6 adalah :  Masukan CD-ROM installer, buka isinya kemudian klik ganda pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dewi Octaviani. Instalasi Visual Basic 6 Langkah- langkah untuk menginstall VB6 adalah :  Masukan CD-ROM installer, buka isinya kemudian klik ganda pada."— Transcript presentasi:

1 Dewi Octaviani

2 Instalasi Visual Basic 6 Langkah- langkah untuk menginstall VB6 adalah :  Masukan CD-ROM installer, buka isinya kemudian klik ganda pada setup.exe sehingga akan muncul kotak dialog yang pertama kemudian klik next.  Kotak dialog yang kedua akan muncul, baca agreement jika setuju klik I accept the agreement dan klik next.  Kotak dialog yang ketiga akan muncul, isikan nomor produk yang tertera pada VB6 klik next.

3  Kotak dialog yang keempat akan muncul, klik install Visual Basic 6 klik next, program InstallShield akan bekerja dan muncul kotak dialog kelima yang isinya tentang aturan hukum pembajakan ada aturan main yang harus disepakati bersama yaitu EULA(End User Lisence Agreement) perjanjian antara Microsoft dengan user, klik continue.  Kotak dialog yang keenam akan muncul, secara default VB6 akan akan membuat folder yang terletak C:\Program files\DevStudio\VB. klik ok.  Kotak dialog yang ketujuh akan muncul, menyediakan pilihan setup Typical atau Custom lalu klik ok, nama program VB6 secara default adalah Microsoft Visual Basic 6 lalu klik continue proses penyalinan hardisk dimuali pada langkah ini.

4  Setelah proses mencapai 100% akan muncul tampilan yang memberi tahu bahwa proses instalasi akan komplet. Klik ok, VB6 akan meminta untuk merestart windows agar hasil proses instalasi sesuai dengan rencana.  Klik tombol restart windows, lengkaplah proses instalasi VB6. Untuk melihat hasilnya, dari menu Start arahkan pointer ke Microsoft Visual Basic 6, maka akan tampil kelompok dari program Visual Basic 6.

5 Kebutuhan Perangkat Komputer  Sistem Operasi 32 bit seperti Windows 95 dst, Windows NT 4.0 atau 3.51  IBM PC atau yang kompatibel dengan prosesor 486 keatas  RAM 16 MB keatas  VGA dengan resolusi yang cukup tinggi  Ruangan hardisk yang memadai untuk menyuimpan program VB6

6 Microsoft Visual Basic tersedia dalam 3 ( tiga ) edisi, yaitu :  Learning edition, merupakan edisi khusus yang perlengkapannya sangat minimal tapi sudah cukupbagi para pemula yang hanya menciptakan program-program sederhana.  Profesional edition, telah melengkapi semua peralatannya untuk membuat program.  Enterprise edition, merupakan edisi terlengkap, termasuk didalamnya untuk pembuatan aplikasi-aplikasi client server dalam jaringan dan MS-Source Safe.

7 Menjalankan VISUAL BASIC 6 Untuk menjalankan VB6 ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu :  Dari Menu Start pilih program – Microsoft Visual Studio 6 – lalu klik icon Visual basic 6  Klik ganda icon Visual Basic 6 pada Dekstop  Klik ganda ekstensi.MAK pada Window Eksplorer  Klik ganda file VB6.EXE pada Windows Eksplorer. File ini secara default terletak pada folder C:\Program files\Microsoft VisualStudio\VB98

8 Mengenal Interface dalam menu Visual Basic

9 1. Toolbar digunakan untuk mngakses menu yang ada dalam VB secara lebih cepat dan lebih mudah. 2. Toolbox berisi komponen-komponen yang bisa digunakan oleh suatu project aktif, artinya isi komponen dalam toolbox sangat tergantung pada jenis project yang dibangun.

10 3. Form adalah lembar desain tampilan atau kanvas dari program yang dibuat. Form ini adalah tempat diletakannya kontrol-kontrol VB. 4. Window Form Layout digunakan untuk mengatur tata letak form pada layar monitor. 5. Project Explorer Digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah objek yang berisi daftar form, modul class dan file resource yang digunakan sebuah proyek. 6. Window Properties merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek, dibagi dalam 2 bagian yaitu; Alphabetic dan Categorized

11 Membuat Project Baru  Untuk memulai pembuatan program aplikasi di dalam Visual Basic, yang dilakukan adalah membuat project baru. Project adalah sekumpulan form, modul, fungsi, data dan laporan yang digunakan dalam suatu aplikasi.  Membuat project baru dapat dilakukan dengan memilih menu [File] >> [New Project] atau dengan menekan icon [new project] pada Toolbar yang terletak di pojok kiri atas. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk jenis project dari program aplikasi yan akan dibuat seperti gambar berikut ini:

12

13  Selanjutnya pilih Standard EXE dan tekan [Ok]. Lalu muncul tampilan dari Standard Exe. Dengan demikian project sudah siap dibuat.  Dalam pembuatan project sebelumnya double click pada form yang terbuat maka ada terlihat jendela tersembunyi (hidden windows) yang berupa jendela untuk pembuatan program atau jendela kode (code windows).  Hal ini Dapat dilakukan dengan cara memilih ikon jendela form atau jendela kode yang ada di [Project Explorer]. Hal ini dapat dilihat pada gambar 1.1 dan gambar 1.2

14 Gambar 1.1. Jendela Form

15 Gambar 1.2. Jendela Kode

16  Pada jendela form, pengguna dalam membangun tampilan dari program aplikasi yang akan dibuat dengan mengatur komponen-komponen baik letak, properti dan eventnya.  Untuk mengambil suatu komponen dari [Toolbox] dapat dilakukan dengan click komponen tersebut, kemudian click atau tarik pada posisi yang benar pada form.  Langkah-langkah mengambil label dari toolbox untuk dipasangkan dalam form adalah sebagai berikut: (1) Click ikon [Label] pada [ToolBox] (2) Pindahkan ke posisi dimana label itu akan diletakkan (3) Clik dan tarik sampai ukurannya benar lalu lepaskan Catatan:  Jangan lupa untuk mengatur property name dari setiap komponen yang digunakan,karena name merupakan identitas obyek yang akan digunakan dalam menulis program.

17 Langkah berikutnya adalah memberikan teks pada label, misalkan “Hello world”,maka pilihan properti Caption, dan isi dengan Hello world. Hasil tampilan program adalah sebagai berikut:

18 Dan untuk menjalankan program click ikon Run pada toolbar atau pilih menu Run] >> [Start], atau dengan tekan tombol [F5]. Sehingga hasil program adalah


Download ppt "Dewi Octaviani. Instalasi Visual Basic 6 Langkah- langkah untuk menginstall VB6 adalah :  Masukan CD-ROM installer, buka isinya kemudian klik ganda pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google