Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemograman 1 Pertemuan 14. Pengolahan Data Dengan Crystal Report MEMBUAT MENU UNTUK INTEGRASI PROGRAM MS-Visual Basic 6.0 menyediakan fasilitas untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemograman 1 Pertemuan 14. Pengolahan Data Dengan Crystal Report MEMBUAT MENU UNTUK INTEGRASI PROGRAM MS-Visual Basic 6.0 menyediakan fasilitas untuk."— Transcript presentasi:

1 Pemograman 1 Pertemuan 14

2 Pengolahan Data Dengan Crystal Report MEMBUAT MENU UNTUK INTEGRASI PROGRAM MS-Visual Basic 6.0 menyediakan fasilitas untuk membuat menu program, yaitu Menu Editor. Dengan fasilitas ini, Anda dapat membuat menu program dengan cepat dan mudah

3 Sebagai contoh, kita akan membuat menu program seperti gambar 6.1. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut ini : 1.Buat form baru dengan menekan tombol Add Form lalu ubah properti Name-nya menjadi frmMenu dan properti Caption-nya menjadi Menu Database Mahasiswa STI&K. 2.Klik tombol Image pada Toolbox lalu buat areanya pada form. Klik tombol di properti Picture sehingga muncul jendela Load Picture. Pilih gambar yang akan kita sisipkan

4

5 3. Ubah properti Stretch menjadi True lalu atur besarnya gambar yang disisipkan sehingga sesuai dengan form 4. Klik icon Menu Editor yang terletak pada toolbar, sehingga akan muncul tampilan 5. Isilah isian Caption dengan tampilan menu, misalnya &Input. Nantinya pada saat dijalankan, yang akan muncul adalah tulisan Input. Jadi Anda dapat menambahkan tanda “&” pada isi Caption, yang akan menyebabkan karakter disebelah kanannya akan diberi garis bawah pada saat program dijalankan. Tanda garis bawah pada karakter tersebut menandakan bahwa Anda dapat mengunakan tombol Alt diikuti karakter yang digarisbawahi untuk memilih pilihan yang dimaksud.

6 6.Isilah isian Name dengan nama pengenal menu, misalnya Minput. Nama menu ini antara lain dipakai sebagai nama procedure atau objek jika Anda nanti membuat kode programnya. 7.Beri tanda pilih pada pilihan Enable agar menu ini bisa dipilih. Beri tanda pilih pada pilihan Visible agar menu ini ditampilkan dilayar. 8.Gunakan icon tanda panah jika Anda ingin mengubah letak atau level menu. Perlu diketahui bahwa urutan yang lebih atas akan ditampilkan lebih ke kiri, sedangkan menu dengan indentasi (menjorok) ke kanan akan diletakkan sebagai submenu dari menu di atasnya yang indentasinya lebih ke kiri. 9. Pilih Next untuk membuat pilihan (menu) berikutnya. Pilih Insert untuk menyisipkan pilihan baru pada posisi yang sekarang ditunjuk dan pilih Delete untuk menghapus menu yang ditunjuk.

7

8 10.Setelah selesai klik OK dan simpan form dan jalankan program dengan mengklik icon Start MENGAITKAN APLIKASI LAIN DALAM MENU


Download ppt "Pemograman 1 Pertemuan 14. Pengolahan Data Dengan Crystal Report MEMBUAT MENU UNTUK INTEGRASI PROGRAM MS-Visual Basic 6.0 menyediakan fasilitas untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google