Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK. Mengenal Komponen Borland Delphi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK. Mengenal Komponen Borland Delphi."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK

2 Mengenal Komponen Borland Delphi

3  Tab Standard KomponenFungsi Pointer Pointer adalah komponen khusus dan terdapat disetiap tab dalam Component Palette. Komponen pointer adalah komponen select yang digunakan untuk memilih komponen-komponen dalam form designer Frame Sebuah container yang digunakan untuk menampung komponen. Frame dapat diletakkan dalam form atau frame- frame yang lain Main Menu Komponen yang digunakan untuk membuat menu bar dan menu drop down. Komponen ini bersifat invisible PopUpMenuKomponen yang digunakan untuk membuat menu Pop-up yang akan muncul jika pemakai melakukan proses klik kanan. Komponen ini bersifat invisible

4 LabelKomponen ini hanya digunakan untuk menambahkan teks didalam form Edit Komponen yang digunakan untuk menerima satu baris teks yang merupakan data input pemakai. Komponen ini juga dapat digunakan untuk menampilkan teks. Memo Komponen Memo dipakai untuk memasukkan atau menampilkan beberapa baris teks didalam form. Button Komponen yang dipakai untuk membuat button yang akan dipakai untuk memilih pilihan didalam aplikasi. Jika Anda mengklik komponen button tersebut maka suatu perintah atau kejadian akan dijalankan. CheckBox Komponen yang digunakan untuk memilih atau membatalkan suatu pilihan, yaitu dengan cara mengklik komponen RadioButton Komponen yang digunakan untuk memberikan sekelompok option, dimana hanya ada satu option yang dapat dipilih. Anda dapat memilih salah satu option dengan cara mengklik tombol option yang diinginkan.

5 ListBoxKomponen yang digunakan untuk membuat sebuah daftar option, dimana hanya ada satu option yang dapat dipilih. Anda dapat menggunakan batang penggulung untuk mencari dan kemudian memilih salah satu option yang terdapat di dalam daftar ComboBoxKomponen yang digunakan untuk membuat daftar option, dimana hanya ada satu option yang dapat dipilih. Anda dapat mengklik tombol drop down untuk mencari dan kemudian memilih salah satu option yang terdapat didalm daftar ScrollBarKomponen ini mempunyai fungsi sama seperti batang penggulung yang terdapat dalam program-program berbasis windows pada umumnya. GroupBoxSebuah container yang dapat digunakan untuk mengelompokkan komponen- komponen lain seperti Radio Button, checkbox dan komponen container yang lain RadioGroupKomponen ini merupakan komponen kombinasi dari GroupBox dan didesain untuk membuat sekelompok RadioButton.

6 PanelSebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat status bar, toolbar dan tool palette ActionListKomponen yang berisi daftar action yang digunakan bersama-sama dengan komponen dan control seperti item menu dan button

7 Aplikasi Console Dalam Object Pascal Sebelum mempelajari Delphi kita perlu mempelajari bahasa pascal. Kita dapat mengetikkan program aplikasi console dengan cara : Masuk Ke program Delphi Jika belum ada project baru, pilih File | New Project dari menu. Pilih Project | Option | Linker dan klik Generate Console Apllication (mengaktifkan tanda cek/centang) lalu klik Ok. Hal ini menyatakan pada Delphi bahwa aplikasi yang dibuPilih Project | View Source. Program sumber dari project akan ditampilkan di jendela penyunting at bukan aplikasi windows, tetapi aplikasi Dos.

8 Contoh : Program CobaAplikasiConsole; Uses Forms; {$Apptype Console} Begin Writeln (‘Selamat datang di Pemrograman Delphi’); Writeln (‘program Console Application’); End. Simpan program dengan menu File | Save Project As untuk program console, dengan ekstensi.PAS.


Download ppt "PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK. Mengenal Komponen Borland Delphi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google