Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menu & Toolbar Presented by : Herianto. Menu Editor Sebuah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic yang digunakan untuk membuat menu yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menu & Toolbar Presented by : Herianto. Menu Editor Sebuah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic yang digunakan untuk membuat menu yang."— Transcript presentasi:

1 Menu & Toolbar Presented by : Herianto

2 Menu Editor Sebuah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic yang digunakan untuk membuat menu yang bermodel dropdown. Menu dapat dibuat di form MDI (Multiple Document Interface) maupun SDI (Single Document Interface).

3 Menu Editor

4 Fitur Menu Editor Caption Nilai Text yang akan tampil pada menu. Name Nama dari object menu yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. Index Nilai index dari menu jika menu dibuat dalam bentuk array (mempunyai nama yang sama, namun berbeda indexnya). Shortcut Daftar kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk mengeksekusi perintah didalam menu.

5 Fitur Menu Editor HelpContextID Keterangan kode dari file help jika terdapat file help. Negotiate Position Menentukan posisi awal dari menu. Checked Menentukan apakah menu menampilkan tanda checkbox dibagian kiri dari menu. Enabled Mengatur menu apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. Visible Menentukan menu apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan.

6 Fitur Menu Editor Left Button Membuat menu child naik 1 level menjadi parent. Right Button Membuat menu parent turun 1 level menjadi child. Up Button Digunakan untuk membuat menu parent ataupun child naik satu bagian atas. Down Button Digunakan untuk membuat menu parent ataupun child turun satu bagian atas.

7 Fitur Menu Editor Next Untuk berpindah ke bagian berikutnya dari menu parent ataupun child. Insert Untuk menyelipkan atau menambah sebuah menu parent atau child pada menu. Delete Untuk menghapus sebuah menu.

8 Toolbar Suatu baris yang berisi tombol-tombol yang digunakan untuk membuat shortcut / jalan pintas mengeksekusi perintah tertentu. Untuk membuat control toolbar diperlukan komponen tambahan Microsoft Windows Common Control 6.0 (MSCOMCTL.OCX).

9 Menambahkan Komponen Toolbar Cara menambahkan komponen : Tekan Ctrl + T, atau klik menu Project, Components, atau klik kanan pada toolbar lalu pilih components. Pilih nama komponen, lalu klik tanda check pada Microsoft Windows Common Control 6.0, lalu klik tombol OK.

10 Toolbar Properties Name Nama dari object toolbar yang akan digunakan sebagai identitas object didalam suatu program. Align Menentukan posisi toolbar apakah di bagian atas, bawah, kiri atau kanan form. Appearance Menentukan bentuk tampilan toolbar apakah berbentuk flat atau 3D. BorderStyle Menentukan toolbar apakah memiliki garis bingkai atau tidak. ButtonHeight Menentukan tinggi button toolbar. ButtonWidth Menentukan lebar button toolbar.

11 Toolbar Properties Enabled Mengatur toolbar apakah dapat digunakan atau tidak pada saat program dijalankan. Height Mengatur tinggi dari sebuah toolbar. Index Menentukan angka index (array) dari toolbar. Left Menentukan posisi toolbar secara horizontal pada sebuah form. MousePointer Mengubah pointer mouse ketika pointer mouse diarahkan diatas toolbar.

12 Toolbar Properties Style Menentukan bentuk tombol apakah berbentuk flat atau 3D. TabIndex Nomor urutan index perpindahan cursor ketika tombol TAB ditekan. TextAlignment Menentukan posisi text apakah disebelah kanan atau bawah tombol. ToolTipText Pesan yang akan ditampilkan berbentuk balon ketika pointer mouse berada diatas toolbar. Top Menentukan posisi toolbar secara vertikal di dalam sebuah form.

13 Toolbar Properties Visible Menentukan toolbar apakah tampil atau tidak pada saat program dijalankan. Width Mengatur lebar dari sebuah toolbar. Wrappable Menentukan posisi tombol toolbar apakah pindah ke bagian bawah atau tidak ketika lebar form tidak mencukupi untuk menampilkan tombol toolbar.

14 ImageList Sebuah objek yang digunakan untuk menampung file-file gambar, dimana setiap file memiliki indentitas berupa index.

15 Menambah File Gambar Pada ImageList Klik kanan pada objek imagelist, lalu klik properties. Pada tab images klik tombol Insert Picture, pilih gambar, lalu klik tombol open. Nb. Index gambar dapat diketahui dengan mengklik gambar.


Download ppt "Menu & Toolbar Presented by : Herianto. Menu Editor Sebuah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic yang digunakan untuk membuat menu yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google