Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TITLE BAR MENU BARCONTROL WINDOWS TOOLBAR RULLER SCROLLBAR HORIZONTAL STATUS BAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TITLE BAR MENU BARCONTROL WINDOWS TOOLBAR RULLER SCROLLBAR HORIZONTAL STATUS BAR."— Transcript presentasi:

1

2 TITLE BAR MENU BARCONTROL WINDOWS TOOLBAR RULLER SCROLLBAR HORIZONTAL STATUS BAR

3 Title bar adalah komponen Word yang terletak di bagian paling atas jendela Word, berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif. Nama dokumen tersebut sesuai dengan nama file dari dokumen ketika kita menyimpannya, jika dokumen yang ditampilkan belum pernah disimpan, nama dokumen yang ditampilkan adalah Document1, Document2, Document3 dan seterusnya. Kontrol jendela terdiri dari tiga buah tombol. Tombol pertama dengan tanda minus (-) berfungsi untuk meminimize jendela. Tombol kedua dengan tanda kotak (  ) berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil jendela. Sedangkan tombol ketiga dengan tanda silang (X) berfungsi untuk menutup jendela. Toolbar adalah komponen jendela yang memuat tombol-tombol perintah. Jika tombol-tombol perintah yang terdapat di toolbar di klik maka akan dijalankan sebuah perintah. Perintah-perintah yang ada di toolbar sama dengan perintah-perintah yang ada di menu bar.

4 Menu bar merupakan tempat menu-menu yang memuat daftar perintah-perintah Word. Word mempunyai 9 buah menu, yaitu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help. Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penanganan file-file dokumen Word, seperti perintah untuk membuat file dokumen baru (New), Membuka file (Open), Menutup File (Close), mencetak file (Print), mengatur halaman dokumen (PageSetup), Menutup Word (Exit)) dan lain sebagainya. Menu Edit memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengeditan dokumen, antara lai Copy, Paste, Cut, Delete, Undo, Redo, dan lain sebagainya. Menu View memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan jendela word, dan bagaimana dokumen Word ditampilkan. Menu Format memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan format sebuah dokumen, seperti pengaturan format huruf (Font), paragraph, dan sebagainya. Menu Tools memuat perintah-perintah tool yang dimiliki oleh Word, antara lain pengecekan spelling and grammar, translator, pembuatan makro dan lain sebagainya. Menu Table memuat perintah-perintah yang digunakan pada saat kita bekerja dengan tabel di halaman dokumen, yakni menyisipkan tabel, menghapus bagian-bagian tabel, mengurutkan data, mengatur properti tabel dan sebagainya. Menu Window memuat perintah untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Word, seperti New Window, Arrange All, dan Split, juga memuat daftar file apa saja yang sedang dibuka di Microsoft Word. Menu Help memuat perintah-perintah untuk menampilkan bantuan apabila kita membutuhkan bantuan pada saat bekerja di dokumen word Perintah-perintah yang terdapat dalam salah satu menu Word akan ditampilkan apabila menu tersebut di klik, dan sebuah perintah akan dijalankan apabila perintah tersebut diklik

5 Kursor adalah garis tegak yang berkedip dan terletak di halaman dokumen. Pada saat jendela word ditampilkan, kursor akan ditampilkan di halaman dokumenbagian paling atas. Kursor menunjukkan bagian halaman dokumen yang sedang aktif. Huruf yang kita ketikkan di keyboard akan ditambahkan di halaman dokumen tepat di mana kursor berada. Kursor dapat dipindahkan dari satu bagian halaman dokumen ke bagian lain dengan cara menekan tombol arah (kiri (  ), kanan (  ), atas (  ), atau bawah (  ) pada keyboard. Kita juga dapat memindahkan kursor dengan cara mengklik mouse di halaman dokumen dimana kita ingin menempatkan kursor

6 vertikal horizontal Jika halaman dokumen yang kita kerjakan di jendela word bertambah banyak, tidak semua halaman dokumen dapat ditampilkan oleh jendela word. Oleh karena itu untuk berpindah dari satu bagian ke bagian lain, atau satu halaman dokumen ke halaman lain yang tidak ditampilkan, word menyediakan komponen yang disebut scroll bar. Scroll bar berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Scroll bar vertikal digunakan untuk menggeser halaman ke atas atau ke bawah. Sedangkan scroll bar horizontal digunakan utuk menggeser halaman ke kiri atau ke kanan.

7 1.Sebutkan fungsi dari title bar! 2.Jika dokumen yang dikerjakan belum pernah disimpan, maka nama dokumen yang ditampilkan adalah… 3.Apa yang kamu ketahui tentang toolbar! 4.Sebutkan menu pada Microsoft Office Word 2003! 5.Sebutkan fungsi scrollbar vertikal! 6.Bagaimana cara untuk memindahkan kursor!


Download ppt "TITLE BAR MENU BARCONTROL WINDOWS TOOLBAR RULLER SCROLLBAR HORIZONTAL STATUS BAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google