Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGGUNAKAN MASK EDIT, KOMPONEN TIMER. MASKEDIT Berada di dalam tab additional pada component palette, digunakan untuk memasukkan dan menyunting data,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGGUNAKAN MASK EDIT, KOMPONEN TIMER. MASKEDIT Berada di dalam tab additional pada component palette, digunakan untuk memasukkan dan menyunting data,"— Transcript presentasi:

1 MENGGUNAKAN MASK EDIT, KOMPONEN TIMER

2 MASKEDIT Berada di dalam tab additional pada component palette, digunakan untuk memasukkan dan menyunting data, mempunyai kesamaan dengan komponen edit. Kelebihannya adalah menyediakan suatu format khusus untuk data input yang akan digunakan. Kode format berfungsi untuk membatasi teks yang dapat diinputkan oleh pemakai, dengan kata lain digunakan untuk mengontrol validasi data yang dimasukkan pemakai.

3 Untuk memulai penggunaan maskedit dengan cara klik kanan pada objek maskedit, akan muncul kotak dialog input mask editor. Penjelasan kotak dialog input mask editor : 1.input mask, digunakan untuk mendefinisikan kode format (mask) untuk kotak edit. Penulisan mask terbagi dalam tiga bagian field yang dipisahkan oleh karakter titik koma, yaitu : a.field pertama adalah mask, dapat dipilih pada kotak sample masks atau membuatnya sendiri. b.Field kedua adalah karakter yang menyatakan apakah karakter literal (karakter lain) pada mask akan disimpan dalam data.

4 c.Field ketiga adalah karakter yang menyatakan spasi atau ruang kosong di dalam mask. 2.character for blanks menyatakan karakter yang dipakai sebagai pengisi spasi atau ruang kosong di dalam mask. 3.save literal characters adalah kotak cek yang digunakan untuk mengindikasikan apakah karakter literal dari mask akan disimpan di dalam data.

5 4.test input digunakan untuk menguji mask yang telah dibentuk pada bagian input mask. Kotak teks ini menampilkan mask seperti tampilan pada form. 5.sample masks adalah bagian yang menampilkan pilihan mask ynag disediakan Delphi. 6.masks digunakan untuk menampilkan pilihan bentuk penulisan mask dari suatu negara tertentu.

6 Contoh penggunaan MaskEdit, adalah sebagai berikut : 1.Buat Sebuah Aplikasi baru 2.Letakkan empat komponen 5 MaskEdit, 5 label, pada Form.

7 4.Ubah Properti untuk Komponen Label dengan Nama, Alamat, Kode Pos, telepon, Tanggal lahir 5.Buat kode format (mask) komponen MaskEdit dengan mengklik kanan komponen MaskEdit dan pilih perintah Input Mask Edit dari Pop Up yang ditampilkan.

8

9  MaskEdit1 Untuk menerima Data Nama. Nama terdiri dari karakter alphabetis dengan panjang 20 karakter : llllllllllllllllllll;1;_  Data Alamat berisi karakter Alphanumerik dan diawali dengan ’JL.’ : \J\L\.aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa;0;_

10  Kode Pos berisi 5 angka : 00000;1;_  Telepon didahului dengan kode area, bisa berupa 3 angka atau 4 angka. Panjang maksimum 7 angka : !\(9999\) ;1;_  Tanggal lahir Berupa data tanggal. Angka bulan, dan tanggal dapat berupa 1 digit atau 2 gitit tetapi tahun bisa 2 angka atau 4 angka : !99/99/0000;1;_

11 Berikut ini adalah tabel kode format (mask) yang dapat digunakan : KodeArti >Menyatakan bahwa semua karakter yang mengikutinya akan diubah menjadi huruf besar sampai ditemukan karakter <. . <>Menyatakan bahwa tidak ada pemeriksaan huruf besar dan kecil dan data diformat sesuai dengan data saat diinputkan.

12 \Menyatakan bahwa karakter yang mengikuti adalah karakter literal. LMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini hanya menerima data karakter, yaitu A-Z atau a-z. lMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini hanya menerima data karakter, tetapi tidak harus ada atau boleh dikosongkan. AMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini dapat menerima data karakter dan angka, yaitu A-Z atau a-z dan 0-9.

13 aMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini dapat menerima data karakter dan angka, yaitu A-Z atau a-z dan 0-9 tetapi tidak harus ada atau boleh dikosongkan. CMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini dapat menerima sembarang karakter. cMenyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini dapat menerima sembarang karakter, tetapi tidak harus ada atau boleh dikosongkan. 0Menyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini hanya menerima data angka, yaitu 0-9.

14 9Menyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini hanya menerima data angka, yaitu 0-9, tetapi tidak harus ada atau boleh dikosongkan. #Menyatakan bahwa posisi yang diwakili oleh penulisan kode ini dapat menerima data angka dari 0-9,tanda minus dan plus, tetapi tidak harus ada atau boleh dikosongkan. :Kode yang digunakan untuk memisahkan penulisan data waktu, yaitu jam, menit, dan detik

15 /Kode yang digunakan untuk memisahkan penulisan data tanggal, yaitu bulan, tanggal, dan tahun. ;Kode yang digunakan untuk memisahkan penulisan tiga bagian field dalam kotak teks input mask. -Kode yang digunakan untuk menyisipkan spasi dalam teks secara otomatis.


Download ppt "MENGGUNAKAN MASK EDIT, KOMPONEN TIMER. MASKEDIT Berada di dalam tab additional pada component palette, digunakan untuk memasukkan dan menyunting data,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google