Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Database dalam Ms.Access Riyani Purwita R, S.Pd

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Database dalam Ms.Access Riyani Purwita R, S.Pd"— Transcript presentasi:

1 Database dalam Ms.Access Riyani Purwita R, S.Pd

2 1. Quick Acces 2. Menu Bar 3. Toolbar 4. Navigation Pane 5. Lembar kerja

3 Tabel Tabel adalah obyek di mana data sesungguhnya disimpan. Tabel terdiri atas baris dan kolom. Setiap baris disebut record dan setiap kolom berisi elemen informasi yang berbeda, disebut field. Primary key untuk data yang bersifat unik.

4 Tabel FIELDS RECORDS

5

6 Jenis data Fields Text Jenis data ini digunakan untuk menyimpan data seperti nama, alamat, bilangan yang tidak membutuhkan kalkulasi/perhitungan seperti Nomor Induk Pegawai, Nomor Telepon, Kode Pos. Field text dapat menampung data sampai 255 karakter. Memo Jenis data Memo digunakan untuk menyimpan data teks yang panjangnya melebihi 255 karakter. Daya tampung field memo ini maksimum 64 kbyte.

7 Jenis data Fields Number Jenis data Number / bilangan digunakan untuk menyimpan nilai numerik untuk kalkulasi matematik, kecuali kalkulasi uang atau yang membutuhkan presisi tinggi. Date/Time Jenis data Date/Time digunakan untuk menampung data tanggal atau jam.

8 Jenis data Fields Currency Jenis data Currency digunakan untuk menampung data bilangan.Biasanya jenis data ini digunakan untuk bilangan uang. AutoNumber Jenis data AutoNumber digunakan untuk membuat field yang secara otomatis akan memasukkan bilangan pada saat menambahkan data baru/record. Bilangan yang dihasilkan field ini bersifat unik, tidak mungkin ada data yang sama.

9 Jenis data Fields Yes/No Jenis data Yes/No digunakan untuk menampung salah satu keadaan dari dua kemungkinan, yaitu Yes atau No, -1 atau 0 Hyperlink Jenis data Hyperlink digunakan untuk menampung data text atau gabungan text dan angka yang disimpan sebagai text dan digunakan sebagai alamat hyperlink. Biasanya alamat hyperlink ini digunakan pada internet.

10 Jenis data Fields Yes/No Jenis data Yes/No digunakan untuk menampung salah satu keadaan dari dua kemungkinan, yaitu Yes atau No, -1 atau 0 Hyperlink Jenis data Hyperlink digunakan untuk menampung data text atau gabungan text dan angka yang disimpan sebagai text dan digunakan sebagai alamat hyperlink. Biasanya alamat hyperlink ini digunakan pada internet.

11 Query Query adalah permintaan atau pemanggilan suatu data untuk diolah dari table menjadi satu informasi yang mudah dimengerti, Query juga bisa didasari dari satu table atau penggabungan beberapa table.

12 Query Apa manfaat Query dalam membuat database? 1. Dapat menampilkan data-data tertentu pada suatu table 2. Menampilkan data-dari dari dua tabel atau lebih 3. Dapat melakukan operasi perhitungan

13 Format Query Select.....From.....Where....; Contoh 1.Select kode_siswa From tabel anggota; Untuk menampilkan kode siswa dari tabel anggota 2. Select Kode_siswa From tabel_anggota Where jenis_kelamin=“perempuan”; Untuk menampilkan kode siswa dari tabel anggota yang berjenis kelamin perempuan

14 FORM Form adalah objek database yang digunakan untuk membuat kontrol-kontrol dalam proses memasukkan, memeriksa dan memperbaharui data.

15 Icon dalam pembuatan form 1.Text box digunakan untuk menerima inputan dengan kriteria yang ditentukan. 2.Label digunakan untuk membuat judul atau keterangan lainnya pada sebuah form. 3.Image digunakan untuk menambahkan objek gambar dalam form. 4.Icon lainnya silahkan explorasi fungsinya.

16 Command Button Command Button adalah tombol perintah yang dapat digunakan untuk mewakili suatu perintah tertentu. Klasifikasi: 1.Record Navigation : menampilkan perintah navigasi yaitu Find Record, First Record, Next, Last, Previous Record. 2.Record Operation : menampilkan perintah untuk penyuntingan data yaitu Delete, Save, Add New, Undo. 3.Form Operation : menampilkan perintah yang berhubungan dengan penyuntingan form yaitu close form, open, Refresh, Apply Form. 4.Report Operation : menampilkan perintah yang berhubungan dengan penyuntingan Report yaitu Mail Report, open, Preview, Print, send report. 5.Application : menampilkan perintah yang berhubungan dengan program diluar Ms. Access.

17 REPORT Report adalah objek database yang digunakan untuk menampilkan data yang telah di buat dalam database.


Download ppt "Database dalam Ms.Access Riyani Purwita R, S.Pd"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google