Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Microsoft Access 2007 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Microsoft Access 2007 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang."— Transcript presentasi:

1

2

3 Pengenalan Microsoft Access 2007 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan menggunakan tampilan grafis yang intuitif. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks maupun sederhana.

4 Tipe – tipe data yang terdapat di Microsoft Access 2007 : 1. Text Text digunakan untuk field alfanumeric (misal : nama, alamat, kode pos, telp) sekitar 255 karakter tiap fieldnya. 2. Memo Memo dapat menampung karakter untuk tiap fieldnya, tapi tidak bisa diurutkan/diindeks. 3. Number Number digunakan untuk menyimpan data numeric yang akan digunakan untuk proses perhitungan matematis. 4. Date/Time 5. Currency 6. Auto Number 7. Yes/No 8. OLE Object OLE Object digunakan untuk eksternal objek, seperti bitmap atau file suara. 9. Hyperlink 10. Lookup Wizard Jika menggunakan tipe data ini untuk sebuah field, maka bisa memilih sebuah nilai dari tabel lain atau dari sebuah daftar nilai yang ditampilkan dalam combo box.

5 PERKEMBANGAN Microsoft Access 2007 TahunNama VersiNoVersiSistem Operasi yang DidukungVersi Microsoft Office 1992Microsoft Access 1.11Microsoft WindowsT / A 1993Microsoft Access 2.02Microsoft Windows Microsoft Office 4.3 Profesional 1995Microsoft Access for Windows 957 Microsoft Windows 95 dan Windows NT 3.51 Microsoft Office 95 Profesional 1997Microsoft Access 978 Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT 3.51/ 4.0 Microsoft Office 97 Profesional 1999Microsoft Access Microsoft Windows 98/Me dan Windows NT 4.0/2000 Microsoft Office 2000 Premium dan Office 2000 Profesional 2001Microsoft Access Microsoft Windows 98/Me dan Windows NT/ 2000/XP Microsoft XP Profesional 2003Microsoft Access Microsoft Windows 2000 (Service Pack 3 ke atas)/XP (Service Pack 1 ke atas)/Server 2003Windows 2000 (Service Pack 3 ke atas)XP (Service Pack 1 ke atas)Server 2003 Microsoft Office System Microsoft Access Microsoft Windows XP (Service Pack 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas)Windows XP (Service Pack 2)Server 2003VistaServer 2008 (Beta 2 ke atas) Microsoft Office System 2007

6 Feature – feature Microsoft Access Table Table adalah objek utama dalam database yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data sejenis dalam sebuah objek.Table terdiri atas : a. Field Name : atribut dari sebuah table yang menempati bagian kolom. b. Record : Isi dari field atau atribut yang saling berhubungan yang menempati baris. 2. Query ( SQL / Structured Query Language ) Query adalah bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database. Digunakan untuk menampilkan, mengubah, dan menganalisa sekumpulan data Query dibedakan menjadi 2, yaitu : DDL ( Data Definition Language ) digunakan untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasi antar tabel dan sebagainya. DML ( Data Manipulation Language ) digunakan untuk manipulasi database, seperti : menambah, mengubah atau menghapus data serta mengambil informasi yang diperlukan dari database.

7 3. Form Form digunakan untuk mengontrol proses masukan data (input), menampilkan data (output), memeriksa dan memperbaharui data. 4. Table Relationship Table Relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel. 5. Report Dalam pembuatan laporan ( Report ) dapat digunakan fasilitas Report Wizard yang mampu untuk merancang beberapa bentuk laporan dan dapat memodifikasi bentuk laporan sesuai dengan pola yang diharapkan. 6.Pages Pages berfungsi untuk menyediakan database yang dibuat dengan access sehingga dapat juga diakses dalam internet. 7.Macros Macros merupakan rangkaian instruksi yang dapat dikenakan pada object yang ada pada form. Sebuah Macro dapat disimpan dan dijalankan ulang secara otomatis.

8 Penggunaan Ms. Access 2007

9 Cara membuat tabel yaitu : 1. Click tab Create pada jendela 2. Click Table Design pada ribbon Tables 3. Masukkan nama field beserta tipe datanya, kemudian simpan tabel (Ctrl+S) 4. Kemudian click ribbon View pada tab Home, lalu pilih Datasheet View untuk masukkan data ke dalam tabel

10

11

12

13

14 Microsoft Access tidak berkembang. Ini keluhan dari pengembang profesional Microsoft Access yang ditemukan di blog MSDN. Namun sayangnya karena tidak memberikan keterangan Microsoft Access yang mana maka keluhan ini bisa mengarah pada hal yang tidak tepat. Lampiran Database Specifications dari dokumentasi Help Microsoft Access 2007 yang memang tidak banyak perubahan. Banyak keluhan bersumber karena lemahnya pada desain database sehingga memerlukan banyak sekali tabel untuk aplikasinya yang semestinya bisa berkurang lebih dari 50 persen dari yang seharusnya. Microsoft Access tidak berkembang. Ini keluhan dari pengembang profesional Microsoft Access yang ditemukan di blog MSDN. Namun sayangnya karena tidak memberikan keterangan Microsoft Access yang mana maka keluhan ini bisa mengarah pada hal yang tidak tepat. Lampiran Database Specifications dari dokumentasi Help Microsoft Access 2007 yang memang tidak banyak perubahan. Banyak keluhan bersumber karena lemahnya pada desain database sehingga memerlukan banyak sekali tabel untuk aplikasinya yang semestinya bisa berkurang lebih dari 50 persen dari yang seharusnya.

15 Microsoft Access tidak bisa membuat komponen komponen. Jika yang dimaksud dengan membuat DLL (Dynamic Linking Library) maka ada benarnya pendapat tersebut tetapi kita bisa membuat sub sistem-sub sistem dari aplikasi dengan memecahnya menurut fungsi-fungsinya. Kesimpulan : Dari beberapa ulasan diatas kami hanya ingin menyampaikan ini sebagai informasi saja, bukan untuk membandingkan Ms.Access secara sepihak. Oleh karena itu kami mendapat kesimpulan bahwa Microsoft Access adalah alat favorit penulis namun bukan alat pengembangan yang ideal.

16 G. Istilah Dalam Microsoft Access 2007 Istilah dalam Ms. Access 2007, antara lain : a)Database b)DBMS c)RDBMS

17 a)Database Merupakan kumpulan data yang dipakai / ada dalam suatu lingkup tertentu, misalkan instansi, perusahaan dan lain-lain atau kasus tertentu.

18 DBMS Merupakan kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk menangani semua pengaksesan ke database. Mempunyai fasilitas membuat, mengakses, memanipulasi, dan memelihara database. Bertujuan untuk efisien dan kenyamanan dalam memperoleh dan menyimpan informasi dalam database. Fungsi-fungsi DBMS : 1. Data Definition 2. Data Manipulation 3. Data Security dan Integrity 4. Data Recovery dan Concurrency 5. Data Dictionary 6. Performance

19 c)RDBMS Merupakan sekumpulan yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambil informasinya bagi pengguna, dan data tersebut saling berhubungan. RDBMS merupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untuk memanipulasi database. Prinsip - prinsip dalam RDBMS : Data Definition Mendefinisikan jenis data yang akan dibuat ( dapat berupa angka / huruf ), cara relasi data, validasi dat dan lainnya. Data Manipulation Data yang telah dibuat dan didefinisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan, seperti menyaring data, dan melakukan proses Query.

20


Download ppt "Pengenalan Microsoft Access 2007 Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google