Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penjelasan Umum Ms. Access Pertemuan Ke-10. Pendahuluan Pengertian paling sederhana dari Database adalah “Kumpulan dari tabel”. Satu tabel merepressentasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penjelasan Umum Ms. Access Pertemuan Ke-10. Pendahuluan Pengertian paling sederhana dari Database adalah “Kumpulan dari tabel”. Satu tabel merepressentasikan."— Transcript presentasi:

1 Penjelasan Umum Ms. Access Pertemuan Ke-10

2 Pendahuluan Pengertian paling sederhana dari Database adalah “Kumpulan dari tabel”. Satu tabel merepressentasikan suatu entitas tertentu. Suatu entitas terdiri dari beberapa atribut. Microsoft Access adalah salah satu contoh produk RDBMS (Relational Database Management System) yang sangat populer di lingkungan Windows.

3 Microsoft Access Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas yang memudahkan dalam mengelola database, melakukan query, membuat form, membuat laporan dan lain sebagainya. Pada Microsoft Access, istilah kolom yang biasa dipakai pada basis data relasional disebut field dan baris disebut record.

4 Mengaktifkan Ms. Access Klik tombol Start yang ada di taskbar Pilih dan klik menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Access 2010 Tunggu sampai jendela kerja Access ditampilkan.

5 Tipe Data dalam Microsoft Access Tipe DataKeteranganUkuran TeksTipe data ini digunakan untuk menyatakan teks atau data yang bisa mengandung huruf, angka, karakter-karakter yang lain seperti tanda * dan &. Contoh pemakaiannya antara lain untuk nama orang, alamat, bahkan untuk angka yang tidak dimaksudkan untuk dihitung (misalnya nomor telepon) Maksimum terdiri atas 255 karakter MemoMerupakan tipe data teks yang berukuran besar Dapat mencapai karakter NumberMerupakan tipe data untuk suatu nilai bilangan yang bisa dihitung. 1,2,4,8 atau 16 byte tergantung tipe detilnya

6 Tipe DataKeteranganUkuran Date/TimeNilai jam dan tanggal dimulai dari tahun 100 s/d byte CurrencyMerupakan tipe data untuk nilai uang. Keakuratan sampai 15 digit di sebelah kiri tanda pecahan dan 4 digit di sebelah kanan tanda pecahan 8 byte Auto NumberMenyatakan nilai yang urut. Nilai dibangkitkan oleh Microsoft Access dan tak dapat diubah oleh pemakai 4 byte Yes/NoMenyatakan data yang hanya memiliki dua kemungkinan nilai saja. Contoh benar atau salah, pria atau wanita 1 bit OLE ObjectMenyatakan data objek seperti lembar kerja Excel, dokumen word yang dihubungkan atau dilekatkan ke Microsoft Access Sampai 1 gigabyte

7 Tipe DataKeteranganUkuran HyperlinkMenyatakan data alamat hyperlink (misalnya digunakan sebagai alamat Web atau untuk melompat ke word) Sampai 2048 karakter Lookup WizardMemungkinkan berhubungan dengan nilai pada tabel lain melalui fasilitas kotak daftar (list box) atau kotak kombo (combo box)

8 Halaman Ms. Access

9 Membuat Database Isi File Name dengan nama Database Yang Diinginkan Pilih Lokasi Penyimpanan Klik Tombol “Create”

10 Halaman Utama Setelah Database Dibuat

11 Membuat Tabel Membuat tabel baru dapat dilakukan dengan cara: – Klik tab“Create” – Pilih “Table” – Klik icon “Save”, kemudian simpan tabel dengan nama yang diinginkan. – Tekan “OK”

12 Muncul Tampilan Seperti Berikut

13 Tabel tersebut muncul dalam bentuk datasheet view. Untuk mengubah view, lakukan cara: – Klik “View” pada tab “Home” – Pilih view yang diperlukan

14 Pilih bentu “Design view” untuk mengedit field-field pada tabel Isi “Field Name” dan “Data Type” sesuai kebutuhan

15

16 6.Untuk mengisi data Tabel tersebut, pilih “Datasheet View” 7.Setelah data diisi, simpan kembali.

17 Mengganti Urutan Field 1.Pastikan tabel dalam “Datasheet View” 2.Klik dan drag field ke lokasi yang diinginkan. 3.Lepaskan klik.

18 Menambah Data 1.Tampilkan isi tabel (Datasheet View) 2.Isikan data Menambah Field 1.Tampilkan tabel (Design View) 2.Isikan field, data type, dan description sesuai kebutuhan Mengubah Nama Field 1.Tampilkan tabel (Design View) 2.Klik field yang diinginkan, ubah namanya Menghapus Field 1.Tampilkan tabel (Design View) 2.Klik kanan pada field, klik “Delete Record”

19 Menghapus Suatu Record 1.Tabel dalam “Datasheet View” 2.Pilih record yang akan dihapus, klik kanan mouse, pilih delete rows.


Download ppt "Penjelasan Umum Ms. Access Pertemuan Ke-10. Pendahuluan Pengertian paling sederhana dari Database adalah “Kumpulan dari tabel”. Satu tabel merepressentasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google