Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenal DBMS (Database Management System). Pengertian DBMS DBMS = 1. Merupakan basis data dan set perangkat lunak (software) untuk pengelolaan basis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenal DBMS (Database Management System). Pengertian DBMS DBMS = 1. Merupakan basis data dan set perangkat lunak (software) untuk pengelolaan basis."— Transcript presentasi:

1 Mengenal DBMS (Database Management System)

2 Pengertian DBMS DBMS = 1. Merupakan basis data dan set perangkat lunak (software) untuk pengelolaan basis data. 2. Suatu program komputer yang digunakan untuk memasukkan, mengubah, menghapus, memanipulasi dan memperoleh data informasi dengan praktis dan efisien.

3 Keunggulan DBMS (4) Kepraktisan, penggunaan media penyimpan yang berukuran kecil namun padat informasi; Kecepatan, mesin dapat mengambil atau mengubah data jauh lebih cepat daripada manusia; Mengurangi Kejemuan, pekerjaan yang berulang-ulang dan monoton  membosankan; Kekinian, informasi yang tersedia pada DBMS akan bersifat mutakhir dan akurat setiap saat. Kebanyakan DBMS menyediakan mahasiswa pengaturan sekuritas terhadap basis data berdasarkan wewenang pengguna. Beberapa DBMS memiliki fasilitas query yang memudahkan pengguna dalam mengakses dan mendapatkan informasi.

4 Komponen utama DBMS Perangkat keras (PC) = Tipe prosesor, kapasitas memory, kapasitas media penyimpanan data. Data : Terpadu = data saling terkait (dependensi data) Berbagi data = dipakai sejumlah pengguna dalam waktu yang bersamaan (sistem multiuser) Perangkat lunak = DBMS

5 Komponen utama DBMS, lanjutan Pengguna Kategori pengguna 1. Pengguna akhir (End User) 2. Pemrogram aplikasi (Application Programmer) 3. Administrator Database (Database Administrator)

6

7 Contoh DBMS DB2, dari IBM MySQL Microsoft SQL Server Microsoft Visual Foxpro Oracle PostgreSQL MS Access dll

8 Perintah-perintah DBMS DDL (Data Definition Language) DML (Data Manipulation Language)

9 DDL (Data Definition Language) Merupakan perintah-perintah yang biasa digunakan oleh administrator basis data (DBA) untuk mendefinisikan skema ke DBMS Contoh DDL : Create table, create database Alter table Dropping table, dropping database

10 DML (Data Manipulation Language) perintah-perintah yang digunakan untuk mengubah, me-manipulasi dan mengambil data pada basis data. Contoh DML : Insert data Update data Delete data Select table


Download ppt "Mengenal DBMS (Database Management System). Pengertian DBMS DBMS = 1. Merupakan basis data dan set perangkat lunak (software) untuk pengelolaan basis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google